Mewujudkan Merdeka Belajar di SMP Labschool Jakarta

Mewujudkan Merdeka Belajar di SMP Labschool Jakarta

Siswa SMP Labschool Jakarta mengikuti kegiatan MOS/dokpri

Pendahuluan

Tak terasa sudah 30 tahun lebih penulis menjadi guru di SMP Labschool Jakarta. Banyak perubahan yang terjadi. Terutama perubahan kurikulum. Sekarang sekolah kami di SMP Labschool Jakarta sudah menjadi salah satu sekolah penggerak dan menjadi sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka. Semua guru terlibat dan diikutkan untuk implementasi kurikulum merdeka (IKM) dan menggunakan aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Banyak hal baru penulis dapatkan dan lebih seru lagi ketika penulis lolos untuk ikut program pendidikan guru penggerak kemdikbudristek selama 6 bulan. Semua guru mulai mempelajari pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka. Bagaimana mewujudkan merdeka belajar di SMP Labschool Jakarta?

Cara Labschool Mewujudkan Merdeka Belajar.

Untuk mewujudkan merdeka belajar, banyak kegiatan kesiswaan ditampilkan. Salah satu kegiatan siswa yang sangat berkesan bagi penulis adalah ketika dilibatkan dalam kepanitiaan Labs Teater. Penulis bukan orang teater, dan belum pernah main teater. Penulis hanyalah seorang guru Informatika. Ketika diminta untuk menjadi salah satu panitia oleh Pak Adi Guru Bahasa Indonesia.

Kami pentas di Taman Ismail Marzuki Jakarta, dan alhamdulillah sukses acaranya. Banyak prestasi diperoleh Labs Theater dan membuat kami bangga dengan siswa SMP Labschool Jakarta. Semesta yang tersisa adalah sebuah pentas drama yang di dalamnya ada penguatan Profil Pelajar Pancasila (Propela).

Selama 30 tahun menjadi guru di SMP Labschool Jakarta, penulis belum pernah melihat siswa SMP Labschool Jakarta terlibat tawuran pelajar. Hal ini disebabkan semua siswa sudah disalurkan minat dan bakatnya sesuai dengan kebutuhan siswa. Lebih dari 30 ekstrakurikuler ditawarkan kepada siswa. Mereka mengikutinya dengan sukacita dan boleh memilih lebih dari satu macam ekskul asalkan tidak bentrok waktunya. Itulah cara kami dalam menyalurkan potensi siswa sesuai dengan pembelajaran berdiferensiasi yang kami pelajari dalam kurikulum merdeka.

Apa saja yang sudah kami lakukan di SMP Labschool Jakarta? Banyak sekali yang sudah kami lakukan di SMP Labschool Jakarta sehingga banyak melahirkan prestasi siswa yang luar biasa. Lagu Halo-halo Labschoolku selalu bergema dimana-mana menambah semangat kami dalam belajar dan menggapai cita-cita. Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila kami lakukan dengan penuh kegembiraan dan membuat siswa senang melaksanakan kegiatannya.

Mulai siswa baru kelas 7 datang mengikuti acara Masa Orietasi Siswa (MOS) sampai meninggalkan sekolah di kelas 9 dengan kegiatan AMT (Achievement Motivation Training) sudah kami susun sedemikian rupa sehingga Labschool menjadi rumah kedua bagi siswa. Mewujudkan merdeka belajar di SMP Labschool Jakarta kami lakukan dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan. Saat tulisan ini dibuat, siswa kelas 8 sedang membuat karya tulis dan akan mereka presentasikan di bulan April 2023.

Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan di SMP Labschool Jakarta? Semua guru dan karyawan SMP Labschool Jakarta terlibat dalam semua kegiatan siswa. Dukungan dari orang tua siswa yang tergabung dalam Persatuan Orang tua Murid dan Guru (POMG) sangat berkontribusi dalam mewujudkan semua kegiatan berjalan lancar dan sukses. Alhamdulillah, SMP Labschool Jakarta dapat menggerakkan komunitas belajar yang terdiri dari guru, orang tua, dan para pemerhati pendidikan.

Dukungan manajemen yang profesional dan juga dukungan dari dinas pendidikan DKI Jakarta, membuat sekolah kami diminati masyarakat berpengetahuan. Banyak orang tua siswa yang menyekolahkan anaknya di sekolah kami. Banyak guru dari sekolah lainnya melakukan studi tiru atau studi banding ke sekolah kami untuk belajar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kapan sekolah SMP Labschool Jakarta berdiri? Sekolah SMP Labschool Jakarta berdiri mulai tahun 1968 dan seiring dengan perjalanan waktu, sekolah ini terus mempersiapkan pemimpin masa depan yang berintegritas, berakhlak mulia dan berkepribadiaan luhur. Pesan-pesan mas Menteri Nadiem Anwar Makarim dalam peluncuran kurikulum merdeka sudah kami laksanakan dengan baik. Sehingga SMP Labschool Jakarta mampu melaksanakan pembelajaran yang berkualitas dan menghasilkan putra putri bangsa yang berprestasi di tingkat nasional dan internasional serta berkarakter Pancasila. Hal ini dapat dilihat di website resmi kami yang ada di https://labschool-unj.sch.id.

Dimana kegiatan siswa dilaksanakan? Kegiatan siswa dilaksanakan di dalam sekolah dan luar sekolah. Untuk kegiatan yang berada di luar sekolah, kami mengadakan kegiatan SAKSI. Studi Apresiasi dan Kepemimpinan Siswa Indonesia yang disingkat SAKSI merupakan salah satu kegiatan unggulan di sekolah kami. Semua siswa kelas 7 SMP Labschool Jakarta wajib mengikuti kegiatan ini dan menginap di barak tentara. Sekolah bekerjasama dengan kostrad TNI AD melatih anak-anak dan mengajarkan kedisipinan serta kemandirian kepada siswa kelas 7 SMP Labschool Jakarta.

Mengapa kegiatan siswa ada yang dilaksanakan di luar sekolah? Meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkeadilan merupakan tujuan utama merdeka belajar dalam kurikulum merdeka. Oleh karena itu, kegiatan belajar siswa tidak hanya berada di dalam kelas saja, tetapi juga di luar kelas. Siswa belajar hal-hal baru dan dekat dengan alam. Siswa juga belajar di industri dalam kegiatan INVITA di kelas 8, Industri Visit dan Tafakur alam (INVITA) ke Yogyakarta. Di sana mereka belajar kepada pakarnya, dan membuat vidionya serta info grafisnya. Itulah cara kami dalam mewujudkan merdeka belajar.

Bagaimana menerapkan kurikulum merdeka di SMP Labschool Jakarta? Bapak Anindito Utomo menyampaikan pesan untuk dapat memilih dan menerapkan kurikulum merdeka. Sekolah kami memilih kurikulum merdeka, karena sesuai dengan visi dan misi sekolah kami. Kurikulum merdeka dirancang selaras dengan program-program yang juga selaras dengan apa yang kami programkan. Kami mengimplementasikannya dalam bentuk kegiatan intrakurikurikuler dan ekstrakurikuler.

Penutup.

Demikianlah sedikit kisah penulis dalam mewujudkan merdeka belajar di SMP Labschool Jakarta. Masih banyak lagi yang belum tertulis. Nanti anda tinggal buka saja media sosial SMP Labschool Jakarta. Terutama di channel youtube dan instagram. Semoga apa yang dituliskan bermanfaat buat pembaca kompasiana.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Mewujudkan Merdeka Belajar di SMP Labschool Jakarta”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/omjaylabs/6423c6b52f635a42135a4bf2/mewujudkan-merdeka-belajar-di-smp-labschool-jakarta?page=all#section2

Kreator: Omjay Labschool

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

One thought on “Mewujudkan Merdeka Belajar di SMP Labschool Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.