Posted on: April 28, 2020 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 3

Puasa Ramadhan Hari Kelima

Selasa, 28 April 2020 adalah hari kelima kita berpuasa di bulan Ramadhan. Dari santap sahur hingga berbuka, aktivitas kerja tetap terjaga. Roda waktu berputar sangat cepat sekali.

Pagi hari mengajar online dengan anak anak kelas 8 lewat aplikasi zoom. Ada 99 siswa SMP Labschool Jakarta ikut belajar online. Saya merekamnya selama satu jam. Lama juga kami tak bertemu muka secara langsung. Rasa kangen kepada anak-anak terasa hilang walaupun hanya sebentar saja melalui aplikasi zoom. Saat wabah Corona ini, para guru harus mulai kreatif menciptakan pola belajar yang efekti dari rumah.

Siangnya ikut kuliah online di WA Group PGRI bersama bapak Dr. Paidi. Beliau adalah pakar desain pembelajaran modern. Kami diajarkan cara merancang desain pembelajaran modern melalui WA Group PGRI dari pukul 13.00-15.00 WIB.

Sore hari sempat istirahat sebentar kemudian melanjutkan memeriksa tugas peserta belajar menulis di email dan WA Group. Banyak sekali yang kirim email. Sementara hujan turun sangat deras di rumah kami di Jatibening Bekasi. Perasaan was-was muncul. Takut rumah kami kebanjiran lagi. Tahun ini dari bulan Januari 2020, kami sudah mengalami banjir sebanyak 4 kali.

Beli Mia ayam bakso di mas bejo

Hujan berhenti. Anak dan istri minta dibelikan mie ayam bakso untuk berbuka puasa. Saya keluar dari rumah dengan naik motor. Udara segar sore hari ini. Mulai banyak orang berjualan dan membeli takjil untuk berbuka puasa. Banyak orang keluar dari rumahnya. Ramadhan hari kelima mulai ramai orang membeli makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Sempat dapatkan telpon dari mbak capri untuk rapat sebentar nanti malam.

Saya membeli gorengan. Ada tahu, tempe, pisang, ubi, bakwan, dan cireng untuk buka puasa di depan toko Indomaret. Setelah itu kembali ke rumah untuk membatalkan puasa. Selama dalam perjalanan pulang, adzan maghrib berkumandang.

Alhamdulillah sampai rumah langsung membatalkan puasa.Istri membuat teh manis hangat. Nikmat di perut yang endut ini. Mie ayam langsung disantap dan tempe goreng menjadi temannya. Setelah itu baru Sholat Maghrib.

Malam hari rapat sama mbak capri dan pengurus PGRI lewat aplikasi zoom yang aman dan nyaman. Selama ini kami pakai aplikasi zoom aman-aman saja. Tettapi tetap hati hati bila menggunakan ponsel. Aplikasi apapun yang kita gunakan, harus tetap waspada dari orang jahat yang ingin kita celaka.

Kegiatan memang tiada berhenti dari pagi hingga malam hari. Tetapi mengaji al-quran tetaplah hal yang utama sekali. Bulan Ramadhan adalah bulan Al Quran, bulan diturunkannya kitab suci Al-quran.

Mohon maaf WA Group baru saya buka malam hari. Kami sebagai admin ingin kawan-kawan peserta fokus dengan tugasnya. Kalau langsung dibuka, suka ada yang kirim komentar yang berakibat materi kuliah online jadi tertimpa informasi baru.

Hari kelima bulan ramadhan membuat saya bersyukur masih diberi rezeki oleh Allah sehingga bisa berbagi rezeki dengan tukang bakso dan tukang gorengan. Sambil nonton acara ILC di TVOne, saya tuliskan cerita hari ini.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

https://wijayalabs.com

Categories:

3 People reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.