Posted on: April 27, 2020 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 39

Puasa Hari Keempat

Alhamdulillah puasa sudah memasuki hari keempat. Rasanya cepat sekali waktu berlalu. Kayaknya baru saja bulan ramadhan tiba, kini sudah masuk hari keempat. Wah cepat sekali dunia berputar hari ini. Mungkin karena banyaknya aktivitas yang saya kerjakan setiap hari.

Seperti hari ini. Senen, 27 April 2020. WA dan Nomor ponsel saya diserbu banyak guru. Mereka serius mau belajar dan menerbitkan buku. Saya terharu juga melihat keseriusan mereka. Tadinya saya tak mau buka gelombang baru. Takutnya tak terurus dan materinya tidak sesuai dengan harapan. Tapi kawan kawan pengurus PGRI dan KSGN meyakinkan saya, buka saja, nanti kita kelola sama-sama.

Berkat dukungan PGRI itulah malam ini saya buka wa Group belajar Menulis gelombang 10. Luar biasa pesertanya. Wa Group langsung banjir peserta. Wow dalam hitungan menit saja sudah lebih dari 100 orang yang mendaftarkan diri.

Sampai-sampai saya lupa belum makan nasi. Omjay baru makan lontong sama gorengan plus air kelapa. Mau makan sudah terlalu malam, takutnya perut semakin gendut hahaha. Aha kata pak Onno, gendut itu seksi hahaha.

Hari keempat puasa ini memang luar biasa. Dari bangun tidur sampai mau tertidur lagi penuh dengan aktivitas. Dari habis sahur sudah baca-baca tugas resume peserta. Wah banyak banget isinya di email omjaylabs@gmail.com. Ditambah lagi yang sudah posting di blog.

Lalu pagi hari Pukul 08.00 WIB rapat penasehat akademik di SMP Labschool Jakarta melalui aplikasi zoom. Selama ini kami aman-aman saja pakai aplikasi zoom. Pesan Omjay, jangan mudah percaya dengan berita hoaks. Terkecuali anda sudah mengalaminya sendiri. Pokoknya jangan sampai kita diadu domba oleh persaingan dagang antara Zoom dan kompetitornya. Lindungi selalu akun anda dengan rajin mengganti password email secara berkala dan mengamankannya dengan pin 6 huruf atau angka. Ada banyak cara anda gunakan. Tinggal rajin baca baca di internet saja.

Tak terasa siangnya kuliah online bersama pak Onno Widodo Purbo. Beliau pembina kami di ikatan guru TIK PGRI. Pukul 13.00-15.00 WIB jadwalnya. Beliau berbagi ilmu menulis dan menerbitkan buku. Lumayan juga ada 61 orang yang online menggunakan zoom. Sisanya menyimak di channel Youtube Pak Onno. Untuk rekamannya dapat anda saksikan di link di bawah ini.

Malam ini mendengarkan kembali apa yang disampaikan Pak Onno. Juga mengamati perkmebangan berbagai WA Group. Mohon maaf belum semua terbuka. Masih ada beberapa WA Group yang masih terkunci. Saya selesaikan dulu tulisan ini. takut terlalu malam.

Berikut ini adalah Daftar Narsum Belajar Menulis dan Menerbitkan Buku PGRI Selama Bulan Ramadhan

Tanggal 27 sampai 31 April 2020 Pukul 13.00- 15.00 WIB di WA Group belajar menulis dan menerbitkan buku PGRI yaitu:

  1. Senen, 27 April 2020, Dr. Onno Widodo Purbo, Founder Elearning untuk Rakyat, tema Menulis dan Membuat buku Digital, https://lms.onnocenter.or.id/moodle/
  2. Selasa, 28 april 2020, Dr. Paidi, Kepala SMKN 4 Bengkulu dan Ketua MKKS Provinsi Bengkulu, Menulis Disain Pembelajaran Modern, https://pdsmk1bkl.blogspot.com,
  3. Rabu, 29 April 2020, Dr. Uswadin, Tim Pengembang Labschool UNJ, Belajar, belajar dan belajar menulis., https://uswadinlabschool.blogspot.com/
  4. Kamis, 30 April 2020, Amir Faisal, Berbagi Pengalaman Menulis Buku Motivasi dan Kepemimpinan, https://www.spiritualquantum.com/about/amir-faisal/
  5. Jumat, 1 Mei 2020 Dadang Kadarusman, Motivasi Menulis Setiap hari dan Menerbitkan Buku, http://www.dadangkadarusman.com/

Sabtu dan Minggu Libur untuk menyelesaikan tugas resume kuliah online, dan dikirimkan ke email omjaylabs@gmail.com dalam bentuk file Word serta posting di blog masing-masing agar semakin banyak orang membaca tulisan kita. Info kegiatan dapat hubungi Omjay di WA 08159155515. Tks.

Daftar Narsum Belajar Menulis dan Menerbitkan Buku PGRI Selama Bulan Ramadhan minggu kedua.

Tanggal 4 sampai 8 Mei  2020 Pukul 13.00- 15.00 WIB di WA Group PGRI

  1. Senen, 4 Mei 2020, Drs. Ukim Komarudin, M.Pd, Penulis Buku Guru Juga Manusia, materi “Pengalaman menulis di Penerbit mayor.”
  2. Selasa, 5 Mei 2020, Much. Khoiri (Master Emcho), dosen & penulis 42 buku, Unesa Surabaya, materi  “Menulis dalam Kesibukan”.
  3. Rabu, 6 Mei 2020, Ibu Farrah Dina, M.Sc, Founder Tangga Edu.  Blog http://www.tanggaedu.com  Materi “Terbitkan buku, catatkan sejarah”
  4. Kamis, 7 Mei 2020, Ibu Sri Asih, Materi “Motivasi Menulis Buku dan Berprestasi”
  5. Jumat, 8 Mei 2020, Joko Mumpuni, Direktur Penerbitan penerbit Andi, materi “Proses Menerbitkan Buku Ajar”

Sabtu dan Minggu Libur untuk menyelesaikan tugas resume kuliah online, dan dikirimkan ke email omjaylabs@gmail.com serta posting di blog masing-masing agar semakin banyak orang membaca tulisan kita. Tks.

Categories:

39 People reacted on this

  1. Assalamu’alaikum wr wb. Luar biasa PGRI telah memfasilitasi kami guru mengikuti kegiatan ini. Walau saya sendiri baru bergabung dan mendapatkan informasi agak telat sedikit Insha Allah akan berusaha belajar dengan giat dan mohon bimbingan dari pemateri.

  2. Menyenangkan ya pak bisa menulis d blog sendiri. Saya ingin punya blog sendiri dan bisa d baca sama orang lain. Bisa saling sharing ttg menulis

    Good pak

    1. Saya sangat Terkesan dengan Om Jay. Saya Tau nama Beliau dari IKatan Guru TIK PGRI. Terimakasih atas perjuangan dan Berbagi Ilmunya selama ini. Kali ini saya akan mencoba fokus untuk mempraktekkan ilmu dari Om Jay tentang Menulis. Semoga puasanya lancar dan dimudahkan Om Jay.

  3. Masyaallah, disela-sela kesibukan om jay masih tetap semangat membimbing kami dalam menulis dan memerbitkan buku.
    Membuat saya termotivasi untuk menulis dan menerbitkan buku, meskipun baru pertama kali saya terjun dibidang ini

  4. Assalamu’alaikum Wr Wb
    Bersyukur atas kesempatan hebat ini, telah dipertemukan dg penulis hebat. Menginspirasi dan sangat bermanfaat tulisannya pak.
    Mohon bantuan dan arahan nya agar saya mampu menuangkan ide, gagasan, dan hal positif lainnya dalam bentuk tulisan pak. Terima kasih

  5. jangan lupa makan nasi pak, kalo saya sih belum kenyang rasanya kalo tidak makan nasi, walaupun sudah makan mie, kentang dan roti, hehehe,….jadi ga sabar pingin segera belajar menulis

  6. Terimakasih om jay…semoga saya bs mengikuti jejak om jay. Menulis setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. Banyak ilmu yg saya dapat. Sukses selalu untuk om jay…semoga ilmunya selalu bermanfaat utk org lain.

  7. Keren Om Jay, sy maul tulis juga kegiatan setiap hari di blog spt Om Jay, kadang bingung me manage waktu krn sdh terlalu senang mengikuti pelajaran dari para Narasumber belajar menulis dan terutama dari Om Jay, jadi kegiatan yg lain perlu extra waktu unt menyelesaikan.. Thank you sdh menjadi inspirasi kami semua, sehat dan sukses selalu,. Amiín..

  8. Untuk menghemat waktu dan tempat, teman teman saya menitip absen kepada saya :
    1. Narendra Dharma 8C
    2. Dieni Tri Maharani 8C
    3. Ridwan Prasetya Aji 8F
    4. Nisrina Fatimah 8E
    5. Anindya Prameswari 8E
    6. Amira Zahra A 8G
    7. Ahmad Nabhaan Hilalli 8A
    8. Ayasha Kamila 8D
    9. Shadrin Nadiva D 8A
    10. Nayla Amalia 8A
    11. Aqila Zahwa 8G
    12. Ayasha Kamila 8D
    13. Davina Ardhia Riandita 8B
    14. Kadek Pradista 8B
    15. Vania Tiara 8F
    16. Daffa Athatara 8E
    17. Yessavilia Kieralfa 8E
    18. Muhammad Abyan Yusuf 8C
    19. Yessavilia Kieralfa 8E

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.