Posted on: June 6, 2014 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 1

Ruangan Komputer Ini Akan Terus Ada Selamanya

Lab Komputer SMP Labschool Jakarta
Lab Komputer SMP Labschool Jakarta

Saya sudah menempati ruangan Lab komputer di SMP Labschool Jakarta ini dari tahun 1992. Sudah cukup lama memang. Pertama kali komputer PC-nya masih AT 286, dan ada sebagian yang sudah AT486 dengan monitor masih monochrom.

Teknologi terus berkembang, dan sistem operasi pun mulai bermacam-macam. Sistem operasi windows kemudian menjadi pilihan karena itu yang paling mudah didapatkan saat itu. Termasuk juga bajakannya. Saat itu kami masih belum paham tentang hak cipta yang harus dilindungi waktu itu.

Berbeda dengan sekarang yang sudah mulai banyak open source dan kita tinggal memilih sesuai kebutuhan. Asal mau belajar secara mandiri dan banyak bertanya kepada yang ahli, pasti segudang ilmu tentang perkembangan ICT akan didapatkan. Kuncinya mau belajar dan terus belajar sepanjang hayat.

Malam ini, saya merenung. Di ruang komputer seorang diri. Jam di dinding sudah menunjukkan pukul 20.30 wib. Saya berusaha kembali melihat ke belakang dan menatap masa depan. Komputer PC yang kami gunakan mungkin sudah ketinggalan zaman untuk saat ini. Tetapi anak-anak suka berlama-lama di ruangan ini. Bukan sekedar bermain games, tetapi juga mengerjakan karya tulisnya dan mencari informasi di internet yang ditugaskan guru matpel lainnya. Ada canda dan tawa dari mereka.

Haruskah saya tinggalkan ruangan ini hanya karena matpel TIK sudah tidak ada dalam kurikulum sekolah kita? jawabannya TIDAK. Ruangan komputer ini akan tetap ada selamanya, dan memberi manfaat buat mereka yang memanfaatkannya. Ditangan orang yang kreatif, lab komputer ini akan menjadi produktif, dan melahirkan halhal yang positif.

Dulu murid-murid saya hanya memakai komputer yang sangat sederhana sekali. Namun kini mereka datang lagi dengan membawa ipad dengan teknologi terbaru. Mereka pun masih bertanya kepada saya, “Omjay DOS dan WS masih ada?”

spongbob

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

1 people reacted on this

  1. Selamat berpuasa di bulan penuh berkah ini Omjoy. Lab komputer kami masih sy gunakan untuk pelajaran kkpi kelas XII, selain itu untuk menambah jam, sy mengajar SIMDIG kelas X semua jurusan karena tdk ada guru yg mau mengajar. Terpaksa sy hrs otodidak mempelajarinya karena belum mendapat pelatihan SIMDIG. Bagaimana perkembangan permen mendikbud mengenai guru kkpi? Apakah selamanya sy akan mengajar mata pelajaran yg mana guru lain tdk mau mengajar karena tdk bisa? Nasib nasib syukur kalau sertifikasi bisa cair, kalau tdk? Saya hanya bekerja hanya untuk mencairkan sertifikasi guru lain karena sy jg sebagai Admin DAPODIKMEN sementara jama mengajar saya 23 jam. Wallahhualam…….

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.