Posted on: December 23, 2009 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Dalam Kesulitan Itu Ada Kemudahan

lurah-wijayaSemoga di siang hari yang semakin memanas ini kita semua diberikan kenikmatan oleh Tuhan yang Maha Penyayang. Baik nikmat kesehatan maupun nikmat-nikmat lainnya yang begitu banyak Tuhan berikan kepada kita semua. Hanya mungkin kita tak pernah menyadarinya dan merasa bahwa Tuhan Yang Maha Pemberi itu pilih kasih. Padahal tidak demikian, semua kita diberikan hak hidup agar kita menjadi manusia yang beriman dan bertakwa.

Setiap manusia pasti akan diuji oleh Tuhan Yang Maha Pengasih. Ada yang diuji dengan kesenangan, dan ada juga yang diuji dengan kepahitan hidup. Semua itu ujian buat kita, apakah kita mampu untuk bersyukur atau malah kufur. Senantiasa mensyukuri nikmat-Nya baik di kala suka maupun duka.

Bila anda yang mungkin saat ini sedang mengalami kesulitan hidup yang sangat luar biasa, yakinkan diri bahwa Tuhan yang Maha Mengetahui sedang menguji anda. Menguji keimanan dan ketakwaan anda. Bila anda membaca kisah nabi dan Rasul, maka anda akan dapatkan betapa berat ujian yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Penyayang kepada mereka. Namun dengan penuh kesabaran, mereka mampu mengatasi kesulitan itu dengan baik dan hati yang damai. Berpasrah diri kepada Tuhan pemilik langit dan bumi. Menjadikan sabar dan sholat sebagai penolongnya.

Anda mungkin pernah mengalami, tiba-tiba kesulitan itu berubah menjadi kemudahan. Membuat yang sulit menjadi terasa mudah.

Saya sendiri pernah mengalaminya. Waktu itu rumah saya gentengnya runtuh dan ternyata kayu-kayu atap rumah sudah habis dimakan rayap. Saya bingung seperti orang yang linglung karena saya tak punya uang untuk memperbaiki rumah. Waktu itu saya benar-benar berada dalam kesulitan. Kemana akan meminjam uang? Sebab saya sudah menghubungi  saudara kandung dan teman baik saya. Tapi tak ada satupun yang mau meminjamkan uang itu. Dalam keadaan sulit itulah jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu. Sebab hanya Tuhan Yang Maha Kuasa yang membantu kita.

Malam hari saya berdoa kepada Allah, Tuhan Penguasa Langit dan bumi,  dan meminta kepada Beliau agar dimudahkan dari kesulitan ini. Alhamdulillah, doa saya terkabul dan saya mendapatkan rezki yang tidak pernah saya duga sebelumnya. Mendapatkan juara pertama dalam lomba buku pengayaan tingkat nasional tahun 2009 bidang keterampilan SMP dengan hadiah sebesar 20 juta rupiah dari pusat perbukuan depdiknas. Uang itu kini saya gunakan untuk merenovasi rumah saya. Saya pun menangis dalam kebahagiaan.

Saya pun bersyukur kepada Tuhan yang Maha Pemberi, sebab beliau mengabulkan doa-doa saya. Dalam Al-Quran surat Al Insyirah ayat 6 telah jelas dikatakan oleh Allah,” Di dalam kesulitan itu pasti ada kemudahan”.

Semoga pengalaman saya ini bisa memberikan motivasi kepada teman-teman yang kini mungkin sedang mengalami kesulitan hidup.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.