OMG SMP Labschool Jakarta

Bisakah orang tua murid menjadi guru di kurikulum merdeka? Itulah sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh seorang kawan yang ingin mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar di sekolahnya. Berikut ini saya ceritakan kegiatan di sekolah kami yang dimotori oleh POMG.

Rabu, 16 Februari 2022 pukul 07.00-10.00 WIB diadakan acara OMG yang diselenggarakan oleh Persatuan Orangtua Murid dan Guru (POMG) SMP Labschool Jakarta. Orangtua Menjadi Guru (OMG) adalah kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh POMG SMP Labschool Jakarta. Tema kegiatan ini adalah Orang Tuaku, Inspirasiku. Sebuah tema yang sangat menginspirasi anak-anak Labschool jakarta.

Acara OMG (Orangtua Menjadi Guru) merupakan acara yang mengundang Orangtua murid untuk menjadi guru dari profesinya masing-masing. Kemudian, siswa memilih untuk mengikuti kelas pada profesi tertentu. Siswa diberikan kebebasan untuk memilih kelasnya sesuai minat masing-masing.

Untuk tahun ini terdapat 12 profesi yang dapat dipilih. Diantaranya adalah medis, enterprenuer, digital, seni, teknik, psikologi, keuangan, humas atau republic relations, hukum pilot, dan TNI atau polisi. Satu profesi lainnya yaitu olahraga, namun narasumber olahraga bukan perwakilan dari orangtua murid. Kebetulan orangtua yang diminta menjadi narasumber berhalangan hadir.

Acara pembukaan OMG sangat meriah sekali. Bapak ketua POMG, Kepala Sekolah dan Kepala BPS Labschool memberikan sambutan di acara pembukaan. Anda bisa menontonnya di https://youtu.be/RsNvEZvBZWo. Ada banyak siswa yang saya minta membuat liputan kegiatannya di blog pribadi. Salah satunya adalah liputan dari Nashwa, yang dapat anda baca di sini.

Saya sendiri sebagai guru TIK ditempatkan untuk mendampingi kelas digital. Bagus sekali materi yang disampaikan bapak Deddy Cahyadi.  Ada sekitar 70 orang siswa dan orang tua bergabung di kelas digital. Semalam ibu Ria Rini dari pengurus POMG SMP Labschool Jakarta mengingatkan saya melalui aplikasi Whatsapp.

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yth. Pak Wijaya Kusumah, M.Pd

mohon ijin mengingatkan kembali untuk Acara OMG dan mohon kesediaan  Bapak, sebagai Moderator saat sessi break out room.

Hari : Rabu, 16 Feb 2022
Jam : 07.00 – 10.00

Zoom ID : 838 3756 5727
Passcode : Labsjkt

saya ibu Ria dan Ibu Fatima dari team didik pomg, terkait acara OMG, saya bertugas di break out room yang sama dengan Bapak untuk profesi Digital

Dengan Narasumber :
Bpk Deddy Cahyadi, S.Kom., M.Sc.

Berikut kami lampirkan  :

1. Daftar Narasumber dan pembagian per break out room
2. CV Narasumber
 
Terima Kasih
Wassalamu’alaikum wr. wb.
Sie Didik POMG 2022

Berhubung saya masih batuk-batuk, saya meminta maaf tidak bisa menjadi moderator bapak Deddy Cahyadi, dan alhamdulillah Ibu Ria siap menggantikan. Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar. Anak-anak nampak antusias mendengarkan materinya dan ada 3 orang siswa yang mendapatkan doorprize dari pertanyaan yang disampaikan ke narasumber. Hadiah doorprize disiapkan oleh POMG. Seneng banget ya kalau setiap ikut kegiatan di kelas ada doorprizenya. Apalagi dapat doorprize GOPAY.

Di kelas teknik bu Vida menyampaikan materinya kepada anak-anak Labschool Jakarta. Hal ini saya dapatkan infonya di blog ORANG TUA MENJADI GURU – OMG LABS 2022 (nashwainayahqonita.blogspot.com)

“Hal-hal yang menyenangkan dalam sarjana teknik yaitu dapat memberikan karya yang dapat dinikmati bersama dan dapat membawa nama Indonesia di Internasional. Sedangkan, tantangan yang saya dapat yaitu penempatan proyek yang jauh dari keluarga dan saya harus beradaptasi dengan kearifan lokal.” Jelas Bu Vida. Orang yang berperan penting dalam mencapai profesi yang sekarang Bu Vida dapatkan yaitu dukungan keluarga dan pelajaran dari guru-guru Bu Vida. Di akhir pemaparan materi Bu Vida menjelaskan skill yang harus dimiliki sarjana teknik yaitu, kemampuan berhitung, kemampuan nalar, problem solving, digitalisasi, kerjasama, kepedulian, dan gigih”. 

Demikianlah sedikit liputan kegiatan OMG (Orangtua Menjadi Guru) di SMP Labschool Jakarta. Banyak ilmu baru saya dapatkan dari acara OMG. Terutama tentang ancaman di Cyber Security. Jadi harus hati-hati dengan data pribadi kita. hati-hati bila anda menggunakan wifi di tempat umum. Semoga kegiatan ini dapat dijadikan contoh sekolah lain bahwa orangtua murid bisa menjadi guru di kurikulum merdeka.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Bisakah OMG di Kurikulum Merdeka Belajar?”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/wijayalabs/620ca9e3bb44860fe25f5052/bisakah-omg-di-kurikulum-merdeka-belajar

Kreator: Wijaya Kusumah

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

9 thoughts on “OMG SMP Labschool Jakarta

  1. Fransisco Xaverius Fernandez

    Ide menarik ini Om Jay. jika boleh kami mencoba di sekolah kami. Jika di setujui ijin ikut. Jika memungkinkan bisa juga secara luring atau tatap muka ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.