Selamat Hari Pendidikan Nasional, Jadikan Semua Orang Menjadi Guru

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua, Semoga bapak dan Ibu dalam keadaan sehat wal afiat dan bahagia bersama keluarga tercinta.

Bapak dan Ibu Insan pendidikan yang saya banggakan, dan sayangi. Semoga puasa di bulan Ramadhan ini membuat kita mencapat derajat takwa di hari yang Fitri nanti.

Hari ini tanggal 2 Mei 2021, kita memperingati Hari Pendidikan Nasional. Tahun yang bertepatan dengan masa pandemi covid-19 yang masih ada di sekitar kita. Kita diminta mampu beradaptasi di masa pandemi.

Hari Pendidikan Nasional, disingkat HARDIKNAS, adalah hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

Peringatan Hardiknas tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, kekuatan dan semangat untuk melalui masa pandemi. Kita kembali dalam suasana normal seperti sedia kala.

Rasa jenuh kerap menghinggapi perasaan anak-anak, guru dan juga orang tua serta beragam tantangan namun kita tidak boleh menyerah. Kita menolah kalah dengan Korona, dan kita tunjukan bahwa kita mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada.

Semangat selalu untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan membangun semangat gotong royong untuk membangun harmonisasi untuk Pendidikan yang Tuntas dan Berkualitas Untuk Semua. Education for All.

Bapak Ibu yang saya banggakan, dan sayangi.
Terima Kasih atas segala upaya yang telah dilakukan dan evaluasi serta perbaikan yang terus kita lakukan. Kita serentak bergerak untuk mewujudkan merdeka belajar. Mari terus melakukan yang terbaik, menjadi yang terbaik namun jangan merasa paling baik, sebab di atas langit ada langit.

Salah satu pesan Ki Hajar Dewantara : “Jadikanlah Setiap tempat sebagai sekolah dan Jadikanlah semua orang sebagai guru”. Itulah pesan yang harus kita ingat selalu sebagai seorang guru.

Salah satu yang sangat populer adalah semboyan, “Ing ngarsa sung tulodho, ing madya mbangun karsa, tut wuri handayani.”

Semboyan tersebut memiliki arti, “Di depan (guru) harus memberi contoh baik, di tengah-tengah (muridnya) harus menciptakan ide dan prakarsa, di belakang harus bisa memberi dorongan dan arahan.”

Saya sebagai guru blogger Indonesia, mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional, “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”. dan “Merdeka belajar dalam mewujudkan pendidikan yang tuntas dan berkualitas di Indonesia”

Sebagai sekjen IGTIK PGRI (KOGTIK) saya juga Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021, semoga pendidikan di negara Indonesia semakin maju.

Mari kita ramaikan peringatannya pada tautan:
https://twb.nz/igtikpgrihardiknas2021

Terima kasih untuk selalu bekerjasama mencerdaskan kehidupan bangsa. Semoga bangsa kita menjadi bangsa yang disegani oleh negara lainnya di dunia.

Belajarlah untuk menatap masa depan,
Agar bisa meraih yang diimpikan
Hardiknas adalah sebuah peringatan,
Untuk selalu memajukan dunia pendidikan

Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam hormat,

Wijaya Kusumah, M.Pd

Guru Blogger Indonesia,

Kunjungi https://wijayalabs.com

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

31 thoughts on “Selamat Hari Pendidikan Nasional, Jadikan Semua Orang Menjadi Guru

  1. Benar ohm dimana saja adalah ruang untuk belajar dan setoap orang adalah guru. Walau pandemi masih mengintari namun semngat belajar harus tetap berseri lakukan yang terbaik untuk mendidik anak-anak negri.

  2. Siti Chotibws

    Hardiknas adalah bukti sejarah Perubahan pendidikan di Indonesia, mari kita truskn semangat juang para pendahulu kita untuk tetap semangat menularkan ilmu kepada anak didik kita. Mantap tulisannya Om Jay..

  3. Ni Made Nurdaeni

    Momen harsdiknas kembali mengingatkan kita bahwa belajar itu sepanjang hayat,waktu dan ..tidak terkurung hanya didalam ruang dan usia tertentu
    Terimakasih om jay selalu mwmberinpencerahqn untuk guru2 dimanapun berada..

  4. selamat memperingati Hardiknas,wujudkan gerakan merdeka belajar, ciptakan suasana belajar yg menyenangkan, dengan bimbingan para guru yg selalu siap melayani, merangkul yg tersesat kehilangan arah menuju kebahagiaan krb meraih sukses.

  5. walau masa pandemi tetap semangat belajar dan berkarya tetap bergelora. Semoga guru bisa menjadi inspirasi yang baik bagi peserta didiknya. Dimanapun, kapanpun dan dengan siapa pun kita siap belajar untuk mempersiapkan peserta didik kita menjadi orang-orang yang tangguh, cerdas dan beriman, teriamakasih Om jay Taulisan yang sangat inspiratif sekali

  6. MAWARDI NURULLAH S.Pd.,M.Pd.

    Selamat Hari Pendidikan Nasional Insan Mulia Para Pendidik Pahlawan Kemanusiaan dan Peradaban. Terima kasih om Jay atas ilmu dan semangatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.