Posted on: August 30, 2015 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 8

Elearning Untuk Rakyat Bersama Onno W Purbo di Telkom Solo

Allhamdullilah pelaksanaan  kegiatan Workshop E-Learning untuk rakyat bersama pak Onno W Purbo di kota Solo hari Sabtu, tanggal 29 Agustus 2015 berjalan lancar. Bertempat di Aula TELKOM lantai 2 Kota Solo acara ini digelar dari pukul 08.00 sampai 16.00 wib. Lebih dari 100 orang guru dan juga mahasiswa calon guru memenuhi ruangan yang megah ini. Rasanya seperti mimpi berada di kota Solo. Kota yang pernah dipimpin oleh pak Jokowi.

Ibu Juli Dwi Susanti sebagai pembawa acara membuka acara workshop dengan ceria di aula telkom Solo Lantai 2.

Kegiatan workshop dimulai dari pukul 08.00 wib sampai 16.00 wib dan dibuka dengan berbagai sambutan. Baik dari telkom Indonesia selaku tuan rumah maupun komunitas guru tik dan kkpi sebagai panitia penyelenggara acara. Pak Willy dari telkom dan pak Bambang dari KOGTIK memberikan sambutannya. Intinya mereka sangat menyambut baik adanya acara workshop elearning untuk rakyat ini. Sebuah kegiatan yang digagas oleh komunitas guru TIK dan KKPI.

Pak Bambang Susetyanto memberikan sambutan dari Ketua Umum Komunitas Guru TIK dan KKPI

Pak Willy Kusprasetyo dari Telkom Indonesia memberikan sambutan

Terima kasih dan salut kepada bapak Tri Budiharjo atau yang biasa disapa aki 3 sebagai PIC dari Komunitas guru TIK dan KKPI, juga buat Pak Agung PIC kota Solo, dibawah koordinasi PIC TELKOM Pak Willy Kusprasetyo. 

Pak Onno W Purbo di Telkom Solo

Terima kasih tak terhingga sudah berbagi ilmu kepada kami pak Satria Dharma, pak Onno W Purbo, dan pak Johan Wahyudi. Materi gerakan literasi sekolah oleh pak Satria Dharma dan materi membuat konten kreatif oleh pak Johan Wahyudi di telkom solo dalam workshop elearning untuk rakyat telah dibawakan dengan sangat baik.

Panitia Workshop Elearning
Panitia dan Pembicara Workshop Elearning

https://scontent-sin1-1.xx.fbcdn.net/hphotos-xpf1/v/t1.0-9/11918950_10207682195681023_4238739058723960601_n.jpg?oh=b98a6f4e8b4e7bf052a1d44fa3475760&oe=56815392

Sponsor telkom Indonesia memang luar biasa. Telkom telah menyiapkan kursi peserta sejumlah 140 kursi. Peserta yang hadir menurut presensi sejumlah 103 orang dan panitia 9 orang sehingga jumlahnya menjadi 112 orang. Berkas presensi (daftar hadir) benar benar diminta oleh telkom sebagai sponsor utama, dan kami dari panitia telah menyalinnya atau foto kopi daftar hadir peserta sebagai laporan kegiatan untuk sponsor telkom Indonesia.

Rekan rekan dari telkom Indonesia

Selamat kepada ibu guru dari luar kota Solo yang mendapatkan doorprize buku penelitian tindakan kelas (PTK) karya omjay dan pak Dedi Dwitagama di acara workshop ini. Wow ternyata sudah banyak guru yang melakukan PTK di sekolah. Semoga elearning untuk rakyat bisa menjadi inspirasi untuk melakukan PTK.

Omjay dan penerima Buku PTK

Kita berdoa, semoga nantinya untuk pelaksanaan workshop di kota Bandung dan Surabaya lebih banyak lagi pesertanya. Alhamdulilah, ada beberapa wartawan dan media serta blogger yang meliput acara workshop tersebut. Kami sedang menunggu hasil liputannya di media masing-masing.

Name tag Panitia
Name tag Panitia

Panitia telah siap menyamput rekan media, dan sekalian melakukan jumpa pers untuk liputan media. Terima kasih kepada wartawan jawa pos, kompas,  dan media lainya yang telah meliput kegiatan ini. Kami tunggu tulisannya di media anda.

Sertifikat Peserta Workshop Elearning untuk Rakyat
Sertifikat Peserta Workshop Elearning untuk Rakyat

Teruntuk Bapak/Ibu Guru peserta workshop elearning yang telah hadir di telkom Solo kami ucapkan terima kasih atas kehadirannya. Kami dari panitia mohon maaf. Apabila ada kekurangan dalam pelaksanaan kami mohon maaf yang sebesar besarnya.

Kunjungan dadakan dari pejabat telkom, pak James.

Di tengah tengah acara berlangsung, pak James Ryan Latupeirissa dari unit OSM personal commerce & caring telkom berkenan mengunjungi kami dan berdialog dengan panitia. Kepala Subdit consumer service supervision direktorat consumer pt. Telekomunikasi indonesia, tbk berdiskusi tentang kegiatan kegiatan yang bisa kami kolaborasikan. Wow surprise banget!

elearning

Tak lupa kami ucapkan terima kasih khusus buat adik adik mahasiswa calon guru TIK dari Universtas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga jurusan PTIK hadir sebanyak 14 peserta, dan adik adik mahasiswa UKSW masih menginginkan ada acara seperti ini kembali. Contohnya minta diadakan pelatihan CS STEM.

Sekedar informasi, kapasitas ruangan aula di Telkom Solo hanya untuk 150 kursi. Panitia juga menyiapkan tempat untuk para sponsor yang telah mendukung kegiatan workshop ini. Kami ucapkan terima kasih juga kepada PT.Edimax teknologi Indonesia yang telah mengisi stand pameran dengan memamerkan produk produknya.

Foto bareng ketua Apkomindo
Foto bareng ketua Apkomindo

Sampai jumpa di acara workshop berikutnya di telkom Bandung dan Solo. Selama di kota Solo kami menginap di hotel nasional Jl. Arifin No. 20 Telpon 0271.632803 hp 081348909176. Penginapan yang bagus dan murah harganya. 

hotel-nasional-solo

Kegiatan workshop di telkom Solo alhamdulillah sukses kegiatannya, selamat tinggal kota Solo, semoga virus elearning untuk rakyat bersama moodle dari pak Onno W Purbo berkembang pesat di kota ini ya, dan semakin banyak sekolah dan guru yang menggunakannya.

onno-telkom

Foto presentasi pak Johan Wahyudi

Foto Presentasi Pak Satria Dharma

Kegiatan workshop elearning untuk rakyat di Telkom solo yang digagas Apkomindo bersama komunitas guru tik dan kkpi alhamdulilah berjalan sukses. Terima kasih kepada telkom indonesia, edimax, dan sponsor lainnya yang sudah mendukung kegiatan ini berjalan lancar. Sampai jumpa di kegiatan workshop berikutnya di kota Bandung pada sabtu, 26 September 2015 dan Surabaya pada Sabtu, 31 oktober 2015. Semoga kegiatan pelaksanaan workshopnya jauh lebih baik lagi. Aamiin.

 

Omjay di Workshop Elearning untuk Rakyat di Telkom Solo

Categories:

8 People reacted on this

  1. Setelah Jakarta dan Solo, E-Learning Untuk Rakyat Akan Hadir di Bandung dan Surabaya

    Ditulis pada 29 August 15

    SONY DSCSEJAK beberapa tahun terakhir, dunia telah akrab dengan istilah e-learning. E-learning merupakan wujud penerapan teknologi informasi (TI) di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. Tujuannya untuk transformasi proses belajar mengajar dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet. E-learning memungkinkan peserta didik maupun masyarakat luas bisa mengikuti proses belajar mengajar dalam satu waktu tanpa hambatan jarak dan perbedaan waktu.

    Namun demikian, banyak kalangan menilai bahwa lingkup e-learning di Indonesia masih terasa sempit. Masih banyak tenaga pendidik, guru atau dosen yang belum memanfaatkan dan bahkan mengembangkan sistem pendidikan jarak jauh ini.

    Berdasarkan hal tersebut, Komunitas Guru TIK dan KKPI bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia dan Onno Center serta Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) pun berinisiatif untuk mengadakan roadshow “E-Learning Untuk Rakyat” di 4 kota: Jakarta, Solo, Bandung dan Surabaya.

    SONY DSCJakarta sebagai kota perdana penyelenggaraan roadshow ini telah sukses digelar pada 22 Agustus 2015 lalu di Kantor Wilayah Telekomunikasi Tekom Indonesia, di Yos Sudarso Kav. 23 Jakarta Utara.

    Pada kesempatan ini, Pakar Internet sekaligus Pendidik TI, Onno W Purbo, berbagi ilmu tentang pengalamannya mengelola e-learning yang terbuka untuk rakyat. Sejumlah guru, dosen, mahasiswa, aktivis pendidikan, dan penggiat teknologi serta blogger yang berasal dari berbagai daerah Jakarta, Jawa Barat, Banten, bahkan juga dari Pekanbaru dan Papua, mengikuti workshop ini.

    Selain Onno, hadir pembicara lainnya yaitu Namin AB Solihin dari Sekjen Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN), yang memberikan materi Membuat Konten Kreatif di Blog.

    Dari Jakarta, roadshow “E-Learning Untuk Rakyat” berlanjut di kota Solo pada 29 Agustus 2015. Onno W. Purbo yang menjadi pembicara utama dalam workshop ini berhasil menarik perhatian tak kurang dari 100 peserta yang hadir memenuhi ruang aula Telkom Solo.

    SONY DSC

    Di Solo, Bambang Susetyanto (Ketua Umum Komunitas Guru TIK dan KKPI), Willy (Telkom) ikut menambah bobot workshop. Hadir pula Pemateri lain yakni Satria Dharma (Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Pusat) yang membawakan materi gerakan literasi, serta Johan Wahyudi dengan materi konten kreatif, .

    Soegiharto Santoso, Ketua Umum Apkomindo, mengatakan, penyelenggaraan roadshow “E-Learning Untuk Rakyat” diharapkan dapat membuka kesempatan bagi siapapun untuk mengembangkan dunia e-learning untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. “Pengguna internet tanah air kini telah mencapai lebih angka 153 juta. Jika sebagian saja dari pengguna internet tersebut mau menaruh perhatian terhadap pengembangan e-learning, tentunya Indonesia akan mempunyai sumber daya masyarakat yang lebih berkualitas dan berkompeten,” paparnya.

    Wijaya Kusumah, Guru Blogger Indonesia, yang mengkoordinasi penyelenggaraan roadshow “E-Learning Untuk Rakyat” pun menyatakan kebanggaannya terhadap para pendidik dan pelajar yang antusias mengikuti workshop di Jakarta dan Solo. “Saya berharap penyelenggaraan workshop di Bandung dan Surabaya mendatang akan lebih sukses dibanding dua kota sebelumnya,” kata Wijaya.

    Roadshow “E-Learning Untuk Rakyat” yang juga didukung oleh Kemkominfo, Relawan TIK, Paradise Store, Fuji Xerox By PT Astragraphia, Edimax, Taiwan Excellence Brand dan BISKOM selaku media partner akan kembali dilaksanakan di Bandung (26 September 2015) dan Surabaya (31 Oktober 2015).

    Informasi lebih lanjut dan pendaftaran secara online melalui http://goo.gl/forms/CGxb37BBkE, atau email ke wijayalabs@gmail.com. •

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.