Posted on: August 6, 2015 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 257

Ketika Budaya Baca Tak Menjadi Budaya Bangsa

Setiap selesai sholat subuh, saya melihat para ustadz dan para kyai selalu membaca buku. Kalimat dan perkataan yang keluar dari bibirnya adalah manfaat dari membaca. Mereka membaca buku suci yang berasal dari kalam ilahi dan disusun oleh mereka yang berilmu pengetahuan.

Itulah mengapa mereka seperti mata air yang tak pernah habis diambil airnya. Mereka sangat mumpuni di bidangnya karena banyak membaca. Segala macam pengetahuan khususnya pengetahuan di bidang keagamaan pasti diketahui oleh mereka karena kebiasaan membaca. Olah pikir, olah rasa, dan olah karya seolah menyatu dalam raga mereka.

Saya melihat budaya membaca sudah mulai bergeser dalam kehidupan kita. Mungkin arus globalisasi dan kemajuan teknologi membuat orang merubah gaya membaca. Mereka tidak lagi membaca lewat buku langsung. Tetapi lewat ponsel pintar mereka. Dunia serasa berada dalam gengggaman.

Berbagai macam buku digital ada di sana. Bahkan berbagai kitab suci dengan berbagi versi dapat dibuka dan dibaca secara online dan offline. Teknologi memudahkan semuanya. Dimana saja dan kapan saja kita bisa membaca. Teknologi seharusnya memudahkan kita dalam membaca.

Sayangnya, teknologi yang semakin canggih ini terkadang tidak digunakan untuk meningkatkan kompetensi membaca kita. Lihatlah anak-anak kita lebih senang bermain games daripada membaca. Oleh karena itu perlu dicari solusi agar budaya baca tetap menjadi budaya kita. Mungkin perlu dibuat games yang membuat anak senang membaca. Mereka yang senang membaca biasanya akan pandai menata bahasa. Para ahli TIK ditantang untuk membuatnya.

Ketika budaya baca tak menjadi budaya kita, maka tunggulah kehancurannnya. Anak-anak kita menjadi rabun membaca, dan pada akhirnya lumpuh menulis. Mereka tak lagi kompeten di bidangnya dan kurang menguasai ilmunya. Mereka yang lahap membaca biasanya akan lancar dalam menulis.

Mari kita belajar dari para ustadz dan para kyai yang selalu jadi contoh teladan para santrinya. Mereka sudah seperti mata air pengetahuan yang tak pernah habis. Hobi dan minat membaca mereka sangat tinggi. Tak heran bila perkataan yang keluar dari bibirnya banyak mengandung hikmah, karena mereka banyak membaca. Baik sesuatu yang tersurat maupun yang tersirat.

Budaya baca harus menjadi budaya kita sebagai bangsa. Mari kita perbanyak membaca dalam kehidupan sehari hari. Dengan membaca anda seperti berkeliling dunia. Mari kita membiasakannya.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Categories:

257 People reacted on this

  1. saya tidak pernah memikirkan itu. saya akan lebih membaca buku. saya akan atur jadwal saya dengan smartphone saya.

  2. saya setuju dengan artikel ini,sebenarnya banyak game yang mempunyai banyak text nya tetapi anak anak hanya mlewati nya. ini inspirasi untuk ingin lebih membacanya :”)

  3. keren pak sebenarnya tanggapan bapak ini benar sekali seharusnya kami dan sebagian anak anak masa kini harus lebih banyak membaca buku dan bermain diluar tetapi kami terlalu sibuk dengan teknologi yang masih merajalela dan seharunya kami memulai generasi baru yang lebih mennetapkan membaca buku sebagai budaya bangsa. menurut saya, artikel bapak ini sangat penting dan harus di publikasikan, sekian terima kasih πŸ™‚

  4. Sebagai seorang siswa saya merasakan beda sebelum zaman gadget , zaman itu dimana pengetahuan mengalir dari buku dan ilmu melimpah , kita harus lebih sering membaca buku agar ilmu kita berguna dan melimpah

  5. seharusnya orang yang malas membaca buku kertas download e-book saja. itu akan lebih membantu di era digital ini… πŸ™‚

  6. Menurut saya anak jaman sekarang harus sering membaca karena membaca itu banyak gunanya seperti menambah wawasan. cuman tidak apa apa bermain gadget atau game. aka tetapi lebih baik diperbanyak membaca daripa bermain gadget atau game.

  7. keren om! artikelnya bisa mengispirasi dan memotivasi anak sekarang *termasuk saya* agar lebih sering dan lebih senang membaca. Karena dengan membaca bisa membuka cakrawala dunia.

  8. setuju om game-game sekarang banyak merusak generasi muda bangsa. membaca seharusnya menjadi pelopor para pemuda indonesia untuk menjadi pemimpin selanjutnya :’)

  9. menurut saya jaman skrg boleh saja memakai smarthphone tapi lebih baik dikurang kan dan membaca buku.buku membah kan wawasan kita dan ilmu.jadi kata pentingnya:
    “Jangan Malas malas membaca buku”

  10. wah, bagus banget tuh… terima kasih om buat sarannya. semoga anak anak zaman lebih sering membaca.. AMIN… ^_^

  11. keren pak,artikelnya manfaat banget,bener banget tuhh.Saya masih ttp ingin membaca mengunakan buku seperti komik dan ensiklopedia.saya jarang sekali memakai gadget untuk membaca,Saran saya untuk semua’Marilah kita ttp membaca buku karna buku adalah segala sumber ilmu

  12. Keren om. Anak-anak zaman sekarang emang harus dibudayakan membaca. Main games juga boleh, karena ada kemajuan teknologi, tapi, budaya membaca juga harus tetap menjadi budaya bangsa kita.

  13. saya setuju dengan tanggapan om jay. anak-anak sekarang harus membatasi bermain games di smartphone dan harus mulai banyak membaca buku

  14. saya setuju dengan tanggapan bapak karena kita para anak anak lebih sering bermain dari pada membaca dan seharusnya kita harus sering membaca karena kita para anak anak adalh generasi muda untuk di masa depan

  15. keren om,artikelnya manfaat banget,bener banget tuhh.Saya masih ttp ingin membaca mengunakan buku seperti komik dan ensiklopedia.saya jarang sekali memakai gadget untuk membaca.saya sangat suka artikel nya

  16. saya setuju dengan tanggapan om jay. seharusnya kita harus sering membaca buku dan jangan terlalu sibuk dengan teknologi syang sekarang sudah canggih dan modern

  17. Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatu. Bagus kok pesannya. Saya setuju dan di publikasikan ke masyarakat luas. Saran dariku adalah Sita smartphone kita ke mama papa kita. Lalu pada hari libur seperti Sabtu dan Minggu baru diberi. Jangan seperti saya. Saya jujur yaa, saya berkacamata minus 7 karena smartphone saya itu. Saya ini serius lho. sekian, Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatu

  18. kita sebagai orang tua harus terus mengingatkan anak-anak kita akan pentingnya membaca… banyak baca buka dunia

  19. yaaa, kalo gak banyak baca wawasannya gak luas= bodoh = bego kalo bego wah bahayaa negeri kita! jadi, loe semua harus banyak baca ! dengerin saya ya?!

  20. Memang Semakin canggihnya teknologi anak-anak memang sering menuju gadjet dibanding buku padahal seumber ilmu kita sebetulnya adalah dari nuku. Mudah-mudahan di Labschool ini kita lebih diajar membaca buku dibanding gadjet dan lainnya.

  21. Membaca buku dapat meningkat wawasan kita. dengan itu, saya setuju dengan pak omjay, kita harus rajin membaca buku. Karena buku adalah jembatan ilmu.

  22. memang betul om, saya setuju, saya sendiri merasa lebih sering bermain games di handphone dibanding membaca buku, saya akan berusaha lebih banyak membaca dibanding bermain gadget:) πŸ™‚ πŸ™‚
    juga Labschool sebaiknya diberi program untuk anak-anak membaca buku apa saja

  23. bagus om bagi saya sebab negara indonesia lama majunya akibat banyak anak anak indonesia yng tidak suka membaca buku padahal buku itu adalah salah satu gudang pengetahuan

  24. benar sekali bahwa membaca itu bagus mungkin kita harus mulai membaca seperti ustad dan kyai seperti di atas moga moga di labschool belajar bukunya lebih gencar daripada di gadged ya

  25. Keren pak artikelnya. Saya setuju dengan apa yang bapak tulis. Anak-anak jaman sekarang memang terlalu sering asyik sendiri dengan gadget nya masing-masing *termasuk saya*. Membaca memang sangat diperlukan karena membaca adalahjendela dunia. Dengan membaca pasti kita mendapat ilmu yang lebih banyak daripada bermain gadget kita.

    sekian, terimakaih

  26. Wah, artikel Om Jay bagus sekali, dan saya setuju dengan isi di dalamnya. Memang, generasi kita ini sudah jarang sekali membaca, padahal kita memang harus membiasakan untuk membaca. Dengan membaca, kita mendapatkan wawasan yang luas dan dapat membantu memajukan negeri ini. Jadi, budayakan membaca!

  27. Betul…….. Kita seharusnya lebih banyak membaca dari pada main games.hari demi hari teknologi berkembang, Bulan demi bulan teknologi berkembang, Tahun demi tahun teknologi berkembang.Mengapa kita tidak membuat teknologi yang khusus untuk membaca ???.Mungkin dengan itu kita bisa sering membaca tetapi, Anak zaman sekarang sepulang dari sekolah sudah setres,cape,pegel dll mungkin dengan bermain games stres itu akan hilang.kemudian ketika orangtua membatasi waktu bermain kita, kita anak-anak sedikit-sedikit marah.kami jika mau bermain games bisa lama sekali tetapi kenapa jika kita belajar sebentar sekali???.Kalian harus ingat jika mau bermain games batasi waktu main kalain aturlah jadwal ingatlah kalian jika deberi nasihat olah orangtua untuk belajar ikutilah!!!!!!!! karena jika mereka sudah tiada kalian akan menyesal di masa depan.Hanya itu saja mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan

  28. Saya setuju Pak, jaman sekarang banyak anak anak lebih suka main game daripada baca buku. Padahal buku adalah sumber ilmu pengetahuan.

  29. betul sekali omjay, saya setuju, saya juga merasa lebih ke bermain gadget dibanding membaca, Labschool juga pasti seru kalau ada program membaca buku, juga buku pasti akn lebih seru dibaca jika memiliki desain menarik dan isi yg seru. saya akan berusaha lebih banyak membaca walau hanya novel atau komik dibanding bermain handphone

  30. bagus pak,ini baru bacaan berkualitas.saya setuju dengan bapak,karena baca itu sangat penting.bangsa indonesia memang harus banyak membaca,khusunya bagi kalangan muda.makanya banyak baca yaa

  31. Saya setuju dengan tulisan bapak. Anaka akanak jaman sekarang memang banyak bermain gadget dibanding membaca buku. Padahal, buku adalah jendela dunia. Sebaiknya anak sekarang dikurangi bermain gadgetnya dan banyakin membaca buku

  32. Saya setuju dengan tanggapan Om Jay karena buku adalah jendela dunia. Buku juga adalah sumber ilmu yang bisa memberi kita manfaat. Sedangkan main games malah dapat merusak otak dan memecah konsentrasi.

  33. Betl sekali Pak, seharusnya anak muda jaman sekarang lebih banyak membaca buku dari pada brrmain gadget. Karena buku adalah sumber ilmu πŸ™‚

  34. Betul itu,Pak. Anak-anak jaman sekarang memang harus dibiasakan agar gemar membaca,terlebih membaca buku pengetahuan. Salah satu cara menumbuhkan kebiasaan gemar membaca adalah dengan mengadakan edukasi tentang manfaat membaca pada anak. Selain itu, buku juga harus disajikan dengan menarik sehingga anak tertarik dan tidak bosan untuk membacanya.

  35. saya setuju banget dengan tanggapan OmJay. generasi sekarang memang sudah terlalu terpikat dengan gadget, padahal membaca buku itu lebih penting dan lebih bermanfaat. maka dari itu anak-anak harus dibiasakan untuk membaca dari usia dini agar lebih terbiasa pada masa pertumbuhan dan dewasa. seharusnya buku-buku juga mempunyai isi menarik dan sarana membaca juga lebih nyaman agar anak-anak lebih bersemangat dalam membaca. itu saja dari saya, artikel ini sangat bermanfaat dan mudah-mudahan dapat memotivasikan anak-anak untuk membaca lebih sering membaca πŸ™‚

  36. Saya sanat setuju dengan ini karena kebanyakan anak mengandalkan pelajaran dari guru,tetapi pelajaran bisa didapat darimana saja salah satunya yaitu membaca apalagi anak zaman sekaramg sudah punya gadget dll. Tentu akan menjadi lebih mudah mencari ilmu

  37. Saya setuju dengan Om Jay. Kita semua harus sering membaca buku apa lagi para pelajar, agar kita tidak menjadi bodoh.

  38. Saya setuju sekali pak dengan artikel ini, kita harus membuat budaya baca menjadi budaya kita karena buku adalah sumber ilmu. Kita juga harus mengurangi waktu kita bermain games!

  39. setuju om. harusnya buku buku sekarang dibuat semenarik mungkin dan gurunya diharapkan bisa menarik perhatian anak anak agar anak anak jaman sekarang bisa tertarik dengan buku dan belajar.

  40. artikel yang sangat bagus , membuat games yang menjadikan orang suka membaca adalah salah satu saran yang bagus Dengan membaca anda seperti berkeliling dunia. Mari kita membiasakannya

  41. Setuju saya setuju pak. Kita harus mengurangi waktu bermain games dan menambah waktu untuk membaca buku karena buku adalah sumber ilmu.

  42. Betul itu, anak jaman sekarang harus banyak baca. Teknologi makin lama makin maju,sehingga kita harus banyak membaca sebagai sumber pengetahuan.

  43. memang anak anak jaman sekarang jarang membaca buku karena munurut mereka bermain game lebih seru daripada membaca buku.

  44. Betul sekali, pak. sekarang-sekarang ini saya sangat jarang melihat anak yg membaca buku. Saya lebih sering melihat anak-anak main game di iPadnya. Lagipula, buku kan sumber ilmu.

  45. saya setuju pak memang anak sekarang lebih suka bermain games dari pada membaca,maka dari itu kita harus merubah pemikiran anak muda sekarang untuk membaca lebih banyak,karena membaca adalah salah satu sumber ilmu pengetahuan.

  46. saya setju dengan omjay… dengan adanya buku kita akan menjadi pintar, tetapi banyak yang tidak suka membaca buku, hal yang om bicarakan seperti membuat games yang bertema memajukan anak-anak Indonesia untuk membaca buku keren omjay

  47. artikel dari Om Jay bagus sekali dan saya setuju dengan Om Jay.. karena jaman sekarang anak muda lebih sering bermain gadget dibanding membaca buku padahal buku adalah sumber ilmu.

  48. bener banget pak! anak kecil jaman sekarang lebih sering main game di gadget daripada baca buku cerita anak anak. terlalu sering main gadget juga berakibat buruk bagi mata!

  49. saya setuju pak,membaca buku memang hal yang bagus dan sangat bermanfaat dibandingkan bermain gadget dll.

  50. saya setuju pak memang anak sekarang lebih suka bermain games dari pada membaca,maka dari itu kita harus merubah pemikiran anak muda.om jay memang sangat tepat mengeluarkan artikel seperti ini.

  51. saya setuju sekali dengan artikel ini Om! Banyak dari remaja zaman sekarang ini yang menyalah gunakan internet sebagai sarana untuk berbuat kriminal dan maksiat melainkan dengan menggunakannya untuk hal positif seperti membaca dan belajar saya berharap agar generasi ini dapat mengubah perspektif dari arus globalisasi. Semoga artikel ini dapat menginsprirasi banyak orang.

  52. pak , saya suka bapak membuat postingan seperti ini , karena ini membuat anak-anak bangsa menjadi sadar betapa pentingnya membaca buku

  53. Saya setuju karena anak-anak jaman sekarang tidak mau membaca buku, mungkin mereka tidak mau membaca karena isi buku kurang menarik atau mereka hanya menilai buku dari sampul nya saja.
    Jadi mari kita buat buku jadi se menarik mungkin agar semakin banyak peminatnya

  54. Bener banget nih.. Ini jadi inspirasi saya untuk baca buku.. Soalnya kalau buku itu rasanya agak bosen kalau untuk dibaca.. Tapi kalau di HP lebih gampang soalnya bisa di bawa ke sana ke sini.. Mungkin kalau bisa buku nya dibuat menarik agar pembaca tidak merasa bosan.. Tapi kalau baca Al-Quran mah gak pernah bosan! Hehehe Sipp makasih β™₯β™₯β™₯

  55. saya setuju karena anak jaman sekarang lebih suka membaca bermain di smartphone mereka masing masing, padahal buku adalah gudang ilmu…

  56. Bener pak,anak jaman sekarang lebih suka bermain game dari pada membaca padahal kalau membaca kita menambah ilmu dan pengetahuan.

  57. saya setuju karena anak jaman sekarang menganggap buku itu tidak menarik.tapi sesungguhnya buku itu menarik.karena buku itu bisa menambah ilmu

  58. saya sangat setuju karena buku adalah sumber ilmu. kita harus membaca banyak buku bukan hanya bermain games. karena dengan buku kita telah memperluas pengetahuan dan wawasan kita

  59. bener pak, saya setuju karena anak jarang sekarang tidak suka membaca melainkan hanya suika main game padalah hanya bermain game tidak menanbah pengetahuan, sedangkan membaca buku bermanfaat untuk menanbah pengetahuan

  60. Kita memang harus sih pak banyak membaca, apalagi banyak juga pelajaran yang rumit. Jadi saya setuju sama pendapat bapak melalui artikel ini. Di masa modern ini banyak banget rintangan yang membuat kita malas membaca. Saya yakin jika membaca menjadi budaya kita semua pasti negara ini akan semakin maju.

  61. betul om jay!saya setuju, harusnya kita ga males baca buku, itu kan gudang ilmu. jadkan budaya baca menjadi budaya kita, sekarang banyak yg lebih suka main gadget dan menyelesaikan apapun dengancara instan. cenderung menjadi malas untuk membaca buku. dan kecenderungan meringkas bacaan.

  62. Betul tuh pak.Belom lagi bahwa semua informasi di internet belumtentu benar.dan juga kita harus membudayakan membaca karna buku adalah jendela dunia

  63. SETUJU BANGET! SAYA PAK DENGAN ARTIKEL BAPAK INI.
    sekarang banyak orang yang meninggal kan buku pelajaran hanya untuk memainkan smartphone dari pada membaca buku pelajaran yang lebih penting. memainkan smartphone hanya bisa membodohkan kita dari pelajaran buku tersebut dan menimbulkan penyakit bagi otak ndan mata

  64. Saya setuju dngn Om jay.Menurut saya anak anak Zaman sekarang memang sangat susah untuk disuruh membaca.Jadi menurut saya kita harus sama sama mencari solusi untuk masalah ini.Saran saya sebaiknya anak anak diberi buku yang mereka sukai tapi juga bermanfaat bagi mereka juga.Kemudian Para orang Tua juga bisa lebih memotivasi anak anak mereka.Seperti jika mereka berprestasi maka seharusnya para orangtua membrikan hadiah yang anak anak sukai,dan juga para orang tua seharusnya mengawasi mereka ketika bermain games,seperti dengan membatasi waktu mereka bermain.Mungkin sebagian para orang tua tidak tega melakukan hal itu,Taoi kita harus mencoba.Bagaimana kita bisa tahu jika kita belum mencoba?? sekian komentar dari saya

  65. setuju banget om jay jaman sekarang banyak anak anak malas membaca buku malah bermain game seharusnya sih mereka membagi waktunya untuk membaca buku padahal membaca bisa menambah pengetahuan dan yg sering bermain smartphone juga seharusnya mendownload e-book

  66. Bener pak anak-anak jaman sekarang memang sudah malas membaca , buku buku juga seharusnya dibuat lebihh seruu sehingga pembaca merasa tertarik untuk membacanyaa. KERENN OMJAYY !!

  67. Saya sangat stuju om!kita manusia harus sering membaca atau pengetahuan kita akan berkurang.ayo tambahkan pengetahuan kita dgn membaca!

  68. sejuju om,tapi mungkin karena buku yang mereka baca tidak menarik, dan tidak seperti yang mereka inginkan. itulah sebabnya mereka lebih memilih komik/novel sebagai bacaan tiap hari sampai selesai.

  69. Saya setuju.. buku itu kan sumber ilmu jadi kita harus perbanyak membaca agar kita tambah pintar..dan jika ingin main games, kan bisa atur waktu agar tidak menggangu kegiatan membaca dan belajar.

  70. Saya sangat setuju dengan Omjay. Banyak anak-anak zaman sekarang yang suka bermain gadget sampai melupakan buku-buku yang merupakan gudang ilmu. Saya harap kami semua dan generasi selanjutnya akan selalu membaca buku dan tidak melupakan pentingnya membaca buku.

  71. ya saya setuju pak mari kita biasakan membaca untuk masa depan kita β‰₯_≀ tapi main gamesnya lanjut teruss biar tetep happy XD

  72. Saya sangat setuju sekali dengan Omjay. Banyak anak-anak zaman sekarang yang suka bermain gadget sampai melupakan buku-buku yang merupakan gudang ilmu. Saya harap kami semua dan generasi selanjutnya akan selalu membaca buku dan tidak melupakan pentingnya membaca buku.

  73. setuju pak. anak-anak jaman sekarang lebih suka bermain daripada membaca, mulai tidak mau belajar membaca maupun menulis. banyak anak-anak sekarang yang masih tidak bisa membaca dan menulis.
    kita harus mulai membiasakan membaca langsung dari buku daripada di handphone atau alat teknologi yang lain.

  74. Setuju banget pak, anak jaman sekarang sudah banyak yang lebih suka main games dari pada buku. Tetapi,penyebab anak itu kecanduan games adalah orang tua mereka.Orang tua mereka adalah contoh mereka. Kebanyakan orang tua sudah mengasih anak mereka gadget-gadget seperti ipad, pada usia yang sangat muda.Oleh karena itu, pasti anak mereka akan kecanduan games dan melupakan belajar.Orang tua harus membiasakan anak untuk belajar sejak usia muda, seperti belajar sambil bermain. Salah satu contohnya adalah, membawa mereka ke museum. Jadi di masa teknologi canggih sekarang anak anak masih mau belajar.

  75. Saya sangat setuju dengan pernyataan tersebut, karena pada kenyataannya anak-anak jaman sekarang sudah jarang yang mau membaca. Mereka lebih memilih bermain gadget daripada membaca buku. Mengapa mereka lebih memilih bermain gadget? Karena, pada jaman sekarang gadget sudah menjadi kebutuhan semua orang untuk keperluan pekerjaan maupun sekolah. Salah satu cara untuk tetap menjaga budaya membaca adalah dengan menyediakan perpustakaan yang mudah di jangkau masyarakat & fasilitas yang memadai. Bahkan pada jaman sekarang sudah ada perpustakaan berjalan yang dapat dijangkau oleh masyarakat & tidak di pungut biaya. Oleh karena itu perlu ada kerjasama antara pemerintah dan masyarakat untuk membudayakan membaca kembali. Sekian….

  76. Setuju pak, pendapat saya kita harus tetap rajin membaca walaupun adanya kemajuan teknologi dan globalisasi,dan kita boleh saja bermain games atau yang lainnya tapi kita juga harus rajin membaca dan jika kita tidak rajin membaca kita juga tidak akan hebat menggunakan teknologi yang amat modern ini.

  77. Betul Pak, menurut saya kemajuan teknologi pada jaman sekarang membuat anak anak di Indonesia menjadi malas membaca buku dan lebih memilih bermain games. Alangkah baiknya kita melestarikan budaya membaca dengan memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut. Saya yakin dengan cara tersebut setidaknya menambah semangat anak dalam membaca buku

  78. setuju om jay,anak anak jaman sekarang seharusnyalebih sering baca dri pada bermain gadget masing masing.. karna dgn baca kita bisa dpt banyak ilmu di banding main gadget terus…

  79. betul tuh om :v anak jaman sekarang harus rajin membaca :v saya sih kadang baca lewat internet :v masih ada novel yg belom selesai juga ( b’-‘)b

  80. setuju om jayyy kita harus lebih banyak membaca… buku adalah sumber ilmu . selain untuk menambah ilmu kita dapat membaca buku untuk menambah nilai dalam pembelajaran. kita juga harus membudayakan membaca . saran saya sebaiknya buku dibuat semenarik mungkin supaya banyak anak yang berminat untuk membaca.

  81. saya setuju om. kita sebagai generasi muda harus banyak membaca.insyallah budaya membaca di negara kita tidak akan hilang. aminnn….

  82. bener banget pak… tapi saya jg males baca buku. kalo baca buku, itupun karna lg gamales atau lg pengen. HEHEHEHE

  83. kita seharusnya membudayakan budaya membaca sejak kecil. Mungkin bisa dimulai dengan membaca buku cerita atau buku yang isinya pendek terlebih dahulu, jika sudah terbiasa lama lama kita akan membudayakan budaya membaca. Om Jay mantap!

  84. saya setuju sekali om jay!membaca memang budaya yang harus diterapkan sejak kecil. karena apa yang kita lakukan sekarang berpengaruh besar terhadap masa depan kita

  85. membaca memang harus dibiasakan sejak kecil. tapi mungkin anak anak jaman sekarang akan lebih ingin membaca buku jika isinya menarik atau sesuai kesukaan? buku pelajaran yang membosankan mungkin bisa dibuat sedikit lebih menarik?

  86. BETUL!, saya setuju dengan pendapat bapak :o, anak Indonesia seharusnya lebih banyak membaca, karena membaca adalah kunci kesuksesan(eak), dan membaca adalah jendela dunia, dengan membaca, kita bisa mengetahui hal-hal lebih banyak,jadinya kita lebih pintar,ya anak Indonesia sekarang sudah terkontaminasi oleh smartphone dan gadget yg lain (termasuk saya huehe), HARUSNYA KITA(ANAK INDONESIA) MENJADIKAN MEMBACA SEBAGAI BUDAYA KITA!(eak),JADI bacalah buku sebanyak-banyak nya,dan AMBILLAH SEMUA ILMU DI BUKU ITU!,dan Jadilah Penerus Bangsa Yang Pintar,dan suka membaca :),bagus om artikel nya :$

    YAY A6

  87. Bagus, mendidik heheheh aslinya komennya lebih panjang,tapi ke reset -_-

    BAGUS HARUSNYA ANAK INDONESIA LEBIH SERING BACA!

  88. saya stuju om harusnya teknolgi saat ini harus digunakan dengan hal positif sperti membaca.Akhir akhir ini teknologi banyak disalah gunakan.Mungkin saya juga

  89. menurut saya betul kata om untuk menambahkan games agar para anak bisa jadi senang membaca πŸ™‚ om bikin dong om

  90. saya setuju Om! Memang kebiasaan membaca harus ditanamkan dari usia dini agar dapat menjadi bekal di kehidupan nanti

  91. saya setuju,sebenarnya banyak game yg banyak tulisannya tapi anak anak hanya melewatkannya dan berlanjut untuk bermain

  92. Betul om,saya setuju. Seharusnya kita sebagai murid harus rajin membaca,bukan hanya bermain game saja. Selain dapat menambah ilmu,dengan membaca kita juga bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih luas. Intinya,budaya baca tidak boleh di tinggalkan dan harus tetap menjadi budaya bangsa!

  93. Setuju pak. Menurut saya, supaya anak jaman sekarang suka membaca , lingkungan juga harus mendukung sehingga minat baca bisa tumbuh. caranya, org dewasa membiasakan anak2nya dan mencontohkan kebiasaan membaca daripada menghabiskan waktu dgn nonton tv. Buat yg males baca, sekarang kan ada audio book. jadi tinggal dengerin isi bukunya. Jangan cuma lagu doang yg didengerin

  94. Saya setuju om,memang seharusnya anak jaman sekarang lebih sering menbaca buku daripada main games,karena buku merupakan sumber ilmu,harusnya anak anak jaman sekarang harus bisa membagi waktu antara belajar(membaca buku) dengan bermain games,atau setidaknya mainkanlah games yang bermanfaat.

  95. Saya sangat setuju dengan tanggapan omjay ini. Anak anak zaman sekarang sudah “tergila-gila” dengan teknologi mereka sendiri. Sehingga mereka melupakan budaya membaca. Salam blogger?

  96. Perkembanan teknologi memang sangat pesat dimulai dari komputer kemudian laptop dilanjutkan dengan tablet dan smartphone yg sangat canggih. Di dalamnya terdapat berbagai aplikasi yang menuntut sedikit sekali untuk membaca seperti games,sosmed,dan photo editing dan sebagainya. Tapi dengan teknologi yg sangat maju itu juga benar sekali kata Omjay bahwa segala buku elektronik(E-Book), kamus online, al-quran online, surat kabar online bahkan novel yg bisa kita dapatkan dengan gratis di berbagai website. Jadi butuh kemauan untuk membaca seperti sehari membaca buku jurnal ilmah, surat kabar, atau satu ayat al-quran. Dan saya lebih setuju jika bukunya dibuat semenarik mungkin agar yg membaca nyaman dan menyukai bacaan tersebut dan orangtua kalau bisa biasakan anak-anak untuk membaca buku. Demikian pendapat saya terimakasih

  97. Saya setuju lebih baik memang ada E book Karena generasi Jaman sekarang lebih Malas membaca buku Karena buku memang digunakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan

  98. SAYA SANGAT SETUJU, SAYA SENDIRI JUGA TERKADANG SUKA MALAS MEMBACA SEMOGA MASALAH INI CEPAT TERATASI DAN DITEMUKAN SOLUSI SECEPAT NYA

  99. Atikel yang bagus karena selain menyenangkan kita juga dapat banyak ilmu dari membaca karena membaca merupakan kegiatan yg bermanfaat ,saya juga berencana untuk membaca buku setiap hari supaya penetahuan saya banyak dan membuat tambah pintar

  100. Saya setuju dengan bapak.Kita memang seharusnya lebih banyak membaca daripada bermain gadget.Walaupun sudah ada buku digital,orang lebih memilih untuk bermain gadget daripada membaca buku.Dengan perkembangan teknologi yang sudah sangat canggih,orang jadi lebih sering mencari di internet daripada membacanya langsung di buku.Padahal,ketika kita membuka internet,banyak informasi yang tidak benar malahan muncul.Jadi,kita memang harus lebih banyak membaca buku daripada bermain games.Usul saya,buku yang sebetuknya memiliki banyak ilmu dan manfaat didalamnya dibuat lebih menarik lagi agar orang mau membacanya.Sekian pendapat saya pak.KERENNNN OMJAYYYY!!

  101. Saya setuju, di zaman teknologi ini jarang sekali ada anak yang rajin membaca buku. Rata-rata mereka lebih banyak memainkan gadget-nya. saya sendiri juga akan berusaha mengurangi waktu bermain gadget dan mulai membagi waktu antara bermain gagdet dan membaca buku.

  102. Menurut saya kita harus kita harus menjadikan budaya sebagai budaya kita karena membaca adalah jembatan ilmu namun anak anak jaman sekarang lebih tertarik dengan main game sehingga wawasan mereka kurang banyak jadi menurut saya kita harus sering sering membaca karena membaca dapat menambah wawasan kita.

  103. Saya sangat setuju dengan om jay.Anak jaman sekarang sudah terpengaruh globalisasi, sehingga mereka sudah tdk suka membaca buku.Makanya itu kita harus meningkatkan niat baca kita agar menambah ilmu.

  104. saya setuju sama om jay,budaya baca harus dibiasakan sehari hari karena membaca bagus dan menambah ilmu pengetahuan,bagus om artikelnya.

  105. Artikel yang dibuat om jay bener banget, jaman sekarang memang anak-anak lebih memilih bermain gadget dari pada membaca buku. saya juga senang membaca buku-buku seperti buku pengetahuan,why,dll. tetapi kita juga harus mengikuti perkembangan teknologi tapi diambil yang baik-baik saja.bila anak ingin memakai gadget tidak apa-apa asal dibatasi dan diawasi.. demikian comment saya terima kasih wassalamualaikum wr wb

  106. Saya setuju sama omjay.. mungkin sebaiknya para penulis/penerbit membuat buku semenarik mungkin yang di dalamnya terdapat gambar-gambar atau warna.. jujur,saya juga tidak terlalu suka membaca buku yang isinya tulisan semua dan tidak berwarna karena itu membuat saya mudah bosan untuk membacanya.

  107. Saya sangat setuju om….
    Kebanyakan anak jaman sekarang bahkan lupa bawa buku aja ga sepanik lupa bawa hp… Memang seharusnya dari dini ditanamkan sikap senang dan gemar membaca. Kita sebagai generasi muda Bangsa Indonesia seharusnya dan septutnya sering dan gemar membaca buku sebagai ilmu untuk bekal dikehidupan nanti

  108. saya sangat setuju bahwa anak-anak harus lebih gemar untuk membaca. karna jika anak-anak jarang membaca, mereka akan susah untuk mendapat ilmu. dan menurut saya bermain gadget harus dikurangkan, atau diatur waktunya. misalkan setiap hari sekolah tidak boleh main gadget. supaya mereka punya waktu untuk membaca.

  109. kita harus rajin membaca untuk mengetahui informasi dan ilmu pengetahuan, hanya dengan rajin membaca kita menjadi up-to-date

  110. artikelnya bagus om.tapi buku itu ga menarik kalo gak komik jadi ank ank males baca wkwk.tapi sih seharunya di paksa aja sih untuk membaca karna membaca memiliki banyak manfaat.karna kalau kita memiliki banyak ilmu kitra dapat membangun generasi yg lebih sukses

  111. Setuju Om Jay…sebaiknya buku dikemas dengan semenarik mungkin agar kami lebih tertarik membaca.. terlebih buku pelajaran. Dengan membaca generasi penerus bangsa menjadi lebih pintar agar dapat mengharumkan dan memnbanggakan nama Indonesia di dunia internasional. MERDEKA !!!!

  112. Saya setuju om jay…bahwa budaya baca itu sangat penting dan harus dibiasakan sejak dini karena membaca adalah jendela ilmu.

  113. saya setuju. karena sekarang anak anak lebih banyak bermain game dari pada membaca.padahal membaca sangat penting.mangkanya kita harus membudayakan untuk rajin membaca dari dini.jika kita rajin belajar wawasan kita menjadi luas.

  114. Saya setuju dengan om. Generasi sekarang memang terlihat sering bermain game. Saya berharap di generasi yang akan datang, akan lebih menyukai membaca buku.

  115. Betul sekali. Anak jaman sekarang tidak terbiasa membaca karena banyak main games seperti saya contohnya. dan saya merasakan banyak sekali yang tertinggal. setelah saya mulai membaca ternyata banyak sekali yang di dapat dari membaca.Dengan membaca kita bisa mempunyai wawasan yang luas.

  116. saya sering membaca tapi saya lebih menyukai buku tentang sejarah, geography, penerbangan dibandingkan buku pelajaran sekolah

  117. Saya setuju dengan artikel omjay Rata rata anak jaman sekarang lebih memerhatikan gadgetnya daripada buku buku peljarannya

  118. setuju om jayy!! bermain gadget dan juga membaca harus diimbangi banyak sedikitnya, walaupun tidak selamanya bermain gadget itu tidak bermanfaat, tetapi membaca bermanfaat untuk anak anak seusia kami

  119. Saya sangat setuju dengan omjay,tentang perlunya meningkatkan minat membaca khusus nya di kalangan generasi muda.Sangat disayangkan perkembangan teknologi dalam bentuk buku digital kurang dimanfaatkan dalam menambah ilmu pengetahuan.

  120. Menurut saya, mengapa anak jaman sekarang “banyak” yang lebih suka main gadget juga karena para orangtua tidak menanamkan kebiasaan membaca buku kepada mereka sedari kecil. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membacakan buku cerita atau dongeng sebelum tidur.

  121. saya setuju dengan omjay, anak anak sekarang memang lebih sering bermain gadget dibandingkan dengan membaca, jadi kita harus lebih bisa membagi waktu antara belajar dan bermain game

  122. saya setuju banget pak karna membaca buku bisa menambah ilmu pengetahuan kita. jaman sekarang anak-anak lebih banyak yang memilih untuk bermain game padahal game itu belum tentu berpengaruh positif untuk kita pak. πŸ™‚

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.