Posted on: April 2, 2015 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 1

Pembelajaran yang Menantang

belajar di kebun sekolah
belajar di kebun sekolah

Pembelajaran yang menantang seringkali terlupakan. Guru hanya menyampaikan materinya saja. Tak peduli terjadi interaksi dua arah, padahal pembelajaran hanya berjalan searah. Guru terkesan lebih dominan daripada siswa.

Guru yang baik pasti akan berusaha melakukan pembelajaran yg terbaik di kelasnya. Guru aktif akan membuat siswa lebih aktif. Terjadi interaksi antara guru dan siswa. Mereka sama sama belajar.

Pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas. Tapi juga di luar kelas. Kebun sekolah atau green house bisa dijadikan salah satu sarana untuk belajar di luar kelas. Apalagi bila kebun sekolah yang ada dirawat dan dikelola dengan baik.

Tanaman atau tumbuhan yang menghijau dapat melatih logika berpikir siswa mengapa tanaman bisa tumbuh subur. Mengapa tanaman obat sangat dibutuhkan oleh manusia? Apa fingsi tanaman dalam siklus hiduo manusia? Itulah salah satu bentuk bentuk kreativitas guru dalam pembelajaran yang menantang.

Pembelajaran yang menantang hanya bisa dilakukan oleh guru aktif dan kreatif. Pikirannya inovatif mencari celah baru dalam menyampaikan materinya ke pikiran siswa. Bila pikiran guru dan siswa telah bertemu maka mereka peserta didik akan dengan sendirinya belajar dengan aktif. Mereka akan temukan sendiri pembelajaran yang menyenangkan sekaligus menantang.

Categories:

1 people reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.