Posted on: March 4, 2013 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 3

Mendengar, Berbicara, Membaca, dan Menulis

IMG_6673Ada 4 kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam kemampuan berbahasa, yaitu Mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Hal itulah yang saya dapatkan dari pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP yang bukunya saya baca ketika menjadi pengawas Ujian Tengah Semester (UTS).

Tentu untuk mencapai 4 kemampuan di atas itu tidaklah mudah. Dibutuhkan poses yang namanya belajar. Kita harus belajar bagaimana menjadi pendengar yang baik, berbicara yang efektif, lahap membaca, dan senang menulis. Kalau kita dapat menguasai 4 kemampuan itu, niscaya kita akan menjadi orang hebat.

Terus terang kemampuan mendengar peserta didik kita masih lemah. Hal ini dipicu oleh lemahnya para orang tua dan guru dalam mendengarkan keluhan putra putrinya, dan juga peserta didiknya. Tak heran bila anak-anak kita sekarang ini kurang memiliki kemampuan mendengarkan. Bahkan para orang tua pun selalu ingin didengar, namun tak mau mendengar. Inilah bukti bahwa komunikasi antar mereka harus diperbaiki.

Kemampuan berbicara ikutan pula menjadi melemah. Sebab kemampuan mendengarnya lemah. Orang akan sanggup menjadi pembicara yang baik bila dia sudah mampu menjadi pendengar yang baik. Sebab pembicara yang baik adalah pendengar yang baik pula. Itulah hukum sebab akibat yang tak dapat ditolak.

Kita akan mampu berbicara lancar ketika banyak membaca. Orang yang jarang membaca, biasanya bicaranya itu-itu saja. Oleh karena itu budaya baca harus menjadi budaya peserta didik kita. Banyak membaca akan membuat anak-anak kita berkeliling dunia dan menikmati pengetahuan yang melimpah.

Kita akan mampu menulis, ketika kita banyak membaca. Hal itulah yang saya rasakan sendiri sebagai seorang blogger. Bila saya jarang membaca, maka tulisan yang saya buat di blog menjadi kurang menarik dan kurang memberikan pencerahan buat pembaca setia blog saya. Oleh karena itu, seorang penulis haruslah lahap membaca. Lahap membaca akan membuatmu gemuk menulis.

Semoga kita semua memiliki 4 kemampuan berbahasa di atas dan menularkannya kepada generasi penerus kita. Dimulai dari banyak mendengar, belajar berbicara yang efektif, Hobi membaca, dan suka menulis. Sudahkah keempat kemampuan itu anda miliki?

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http//wijayalabs.com

Categories:

3 People reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.