Posted on: January 11, 2012 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 1

Indahnya Malang Tak Seindah Kalimalang (Studi Banding ke SMPN-1 Malang, dan MTs-N-1 Malang

Seneng juga bisa pergi ke kota Malang. Di kota itu saya dan teman-teman guru dari SMP Labschool Jakarta melakukan studi Banding ke SMPN 1 Malang dan MTs Negeri 1 Malang. Kebetulan kedua sekolah itu letaknya tidak berjauhan.

Hari masih pagi. Tapi rombongan kami sudah harus siap-siap berangkat menuju smpn 1 malang jawa timur. Senin, 9 januari 2011 sekolah kami akan melakukan studi banding di sekolah favorit ini. Kami ingin melihat kondisi nyata yang ada di sekolah SMPN 1 dan MTs Negeri Malang secara lebih jelas dan sejelasnya-jelasnya tentang prestasi siswa.

Ketika kami sampai di sekolah SMPN 1, para siswa sudah tertib berbaris menyambut kedatangan kami. Mereka berseragam putih-putih dengan dasi yang rapi. Rasanya seperti tamu negara karena kami disambut dengan riang gembira oleh siswa-siswi smp favorit di malang ini. Tak heran bila kehebatnnya nampak terasa ketika kami memasuki pintu gerbang sekolah. Kamipun diarahakan menuju aula sekolah dan dihibur dengan penampilan band yang sungguh menarik hati.

Kepala SMP negeri 1 malang mengatakan dalam sambutannya bahwa sekolahnya mengguanakan manajemen terbuka dan menggunakan sistem online yg terus dikembangkan. Penilaian siswa dapat dilihat di web sekolah oleh orang tua siswa sehingga orang tua dapat mengajukan komplain bila ada nilai anaknya yg kurang sesuai.

Dalam tanya jawab dgn bapak kepala sekolah smpn 1 malang, bapak Hadi Haryanto, prestasi siswa didapat dari kegiatan akademik dan non akademik. Banyak siswa yag terpilih untuk mengikuti olympiade tingkat nasional dan internasional. Hasil lulusanpun banyak diterima di sekolah favorit dan rsbi.

Nilai bahasa inggris anak-anak smpn 1 malang juga tak kalah tingginya dengan anak-anak sma bahkan ada beberapa yg sudah melampaui anak sma. Sementara di bidang olahraga smpn 1 malang selalu merajai bola basket sampai tingkat propinsi yg bersaing dengan sekolah-sekolah di jember jawa timur.

Pak kepsek juga menambahkan bahwa kegiatan pramuka paling menonjol di sekolah ini dan kegiatan pramuka di sekolah ini sdh go internasional dengan mendatangkan pembina yang mampu berbahasa inggris dgn baik.

Sambil menikmati snack yang disiapkan oleh tuan runah, rombongan kami dihibur dengan atraksi siswa-siswi smpn 1 malang dengan alunan musik dan lagu yang memukau hati. Dari penampilan mereka yang luar biasa membuka mata kami lebar-lebar bahwa sekolah di daerah tak kalah mutunya dengan sekolah-sekolah di jakarta.

Akhirnya studi banding di smpn 1 dan MTS negeri 1 malang ini membuat kami lebih tahu akan prestasi siswa-siswi yang memiliki minat dan bakat yang luar biasa di bidangnya. Kamipun banyak belajar dari penampilan mereka. Tapi bagi saya, indahnya malang tak seindah kali malang.

Salam blogger persahabatan
Omjay
https://wijayalabs.com

Categories:

1 people reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.