Posted on: December 28, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 2

Warisan Terakhir Seorang Blogger (10)

Setelah keenam kakaknya mendapatkan blog peninggalan warisan ayahnya, kini giliran zamrud membuka kotak wasiat peninggalan ayahnya yang seorang blogger. Dia buka kotak wasiat peninggalan ayahnya itu pelan-pelan, dan terlihatlah sebuah kertas putih yang berisi pesan ayahnya. Pesan dari seorang blogger.

Di depan ibunya dan keenam kakaknya, dibacalah pesan ayahnya itu perlahan-lahan sambil menahan tangisnya yang hampir keluar. Maklumlah, zamrud adalah anak yang paling disayang oleh ayahnya. Wajar saja zamrud disayang, soalnya dia anak bungsu. Anak paling kecil dari ketujuh anak orangtuanya. Kelahiran zamrud tidak diperkirakan sebelumnya. Sebab ayahnya lupa tak memakai sarung waktu itu, akhirnya lahirlah anak yang ketujuh. Anak lelaki yang diberinya nama zamrud katulistiwa.

Zamrud lalu membaca pesan ayahnya itu. Sebuah pesan dari seorang blogger handal di era global. Sebuah pesan yang dibuatnya jauh hari sebelum dirinya tiada. Pesannya adalah sebagai berikut:

Zamrud anakku. Anak ayah yang paling ayah sayangi. Maafkan ayah tak bisa memberikan kamu warisan berupa harta benda. Ayah hanya ingin memberikan sebuah warisan yang akan membuat kamu menjadi orang hebat. Bukan uang ratusan juta, dan bukan pula tanah yang berhektar-hektar. Ayah hanya ingin memberikan kamu sebuah blog yang ayah sayangi. Sebuah blog yang ayah dedikasikan untuk kemajuan dunia pendidikan.

Ayah yakin kamu dapat setenar Sule, pelawak terkenal itu. Ayahpun yakin kamu akan lebih tenardari tukul Arwana pembawa acara bukan empat mata. Bahkan ayah yakin kamu akan digandrungi banyak orang seperti pemain sepakbola Indonesia Gonzales. Hanya satu modalnya anakku. Miliki blog yang kamu kelola dengan baik. Kamu update setiap hari, dan kamu tuliskan pengalaman hidupmu yang dapat menginspirasi semua orang. Kamupun dapat berbagi pengetahuan di blog kreatifmu itu.

Bila blog yang kamu kelola masih sepi pengunjung, bergabunglah dengan komunitas blogger. Di komunitas itu kamu akan mendapatkan kekuatan dahsyat dalam menulis. Kekuatan yang akan kamu punyai bila kamu mampu berkolaborasi dengan sesama blogger lainnya.

Dulu blog ayah sepi dan sedikit sekali pengunjungnya. Namun setelah ayah bergabung di komunitas blogger bekasi, (be-blog) maka blog ayahpun menjadi ramai. Makin lama makin ramai. Banyak teman yang berkunjung dan memberikan komentar. Ayahpun senang bergaul dengan mereka. Ayah banyak mengunjungi blog mereka karena dibikin secara otomatis oleh admin be-blog, mas vavai dan mas irfan.

1293525607418517820Setiapkali ada tulisan mereka yang baru, ayah langsung lahap tulisan mereka. Masing-masing memiliki gaya menulis yang berbeda, dan masing-masing mereka memiliki keahlian yang unik. Bagi ayah yang seorang guru, tentu berteman dengan orang lain yang memiliki profesi yang berbeda sungguh menyenangkan. Itulah yang menyebabkan blog komunitas blogger bekasi mendapat juara pertama di tingkat nasional sebagai blog komunitas berbasis wilayah yang terbaik dalam pesta blogger 2010. Sungguh kami sangat berbahagia pada saat itu. Kamu bisa kunjungi blognya dihttp://bloggerbekasi.com, kebetulan kami baru saja mengadakan syukuran.

Ayah hanya berpesan kepadamu. Bila kamu menjadi seorang blogger, maka jangan lupakan yang namanya kolaborasi, dan saling berbagi. Kamu tak boleh egois, dan berusaha membaca tulisan-tulisan mereka yang menarik. Bila kamu tertarik dengan tulisannya, berikan komentar yang positif, dan menginspirasi mereka agar dapat terus menerus menulis. Sebab penyakit utama seorang blogger adalah malas menulis. Apalagi bila kita tidak dalam keadaan Mood atau pikiran lagi enjoy. Tentu tidak mudah menulis dengan hati.

Sebagai seorang blogger harus ada yang menjadi fokus perhatianmu. Utamakan kualitas tulisan, dan itu sudah dikupas tuntas oleh Mas Johan wahyudi dalam blognya di kompasiana.com.

Anakku zamrud yang ayah banggakan, ayah sarankan kamu memiliki blog profesional dan tidak gratisan. Sebab dengan memiliki blog profesional kamu dituntut untuk lebih kreatif dalam menulis, dan ada kebanggan tersendiri bila kamu mampu membeli domain dan hosting sendiri. Setidaknya kamu bisa mengatur rumahmu sendiri di dunia maya, dan tidak tergantung kepada admin atau pengelolanya. Kamu pun bebas berkreativitas. Kreativitas menulis yang tak pernah kehabisan ide.

Pengalaman ayah memiliki blog sendiri hampir dua tahun lamanya di https://wijayalabs.com membuat ayah lebih percaya diri dalam menghadapi ganasnya belantara internet yang tak pernah tidur. Kamu harus banyak belajar kepada mas Romi satria wahono dengan 20 gaya postingnya, dan kamupun bisa belajar dari mas priyadi yang menjadi idola para blogger.

Kamu harus mampu menulis dengan hati seperti apa yang dituliskan mas wicaksono dalam bukunya menulis dengan hati. Perhatikan konten dalam blogmu itu, dan tulislah sesuatu yang mampu memberikan pencerahan kepada orang banyak sesuai dengan keahlianmu itu.

Pesan ayah yang paling penting adalah jadilah seorang blogger handal di era global. Seorang blogger yang benar-benar memperhatikan etika dalam menulis. Dengan memperhatikan etika dalam menulis, tak ada orang yang tersakiti dari tulisan itu, dan kamupun ngeblog dengan hati yang plong. Sebab tujuanmu ngeblog adalah mencari teman dan persahabatan. Saling berbagi dan menyayangi sesama. Bukan mencari permusuhan atau popularitas semata. Jadilah blogger yang memiliki banyak teman di dunia maya dan juga nyata.

Bersama ini, ayah berikan blog kesayangan ayah di https://wijayalabs.com untuk kamu kelola dengan baik. Baru saja ayah perpanjang dan perbaiki templatenya. Semoga kamu mau melanjutkan perjuangan ayah untuk terus ngeblog setiap hari walaupun ayah sudah tiada lagi. Bersama ini ayah kirimkan username dan password untuk login ke blog peninggalan ayah itu. Selamat ngeblog dan jadilah blogger handal di era global.

salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

2 People reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.