Posted on: August 7, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 2

Senang Meneliti, Membawa saya Ikut Simposium Hasil penelitian

Rasanya seperti bermimpi berada di hotel Bidakara selama tiga hari lamanya. Sebab, beberapa waktu yang lalu anak pertama saya Intan pernah berkata, “ayah pasti akan bisa menginap di hotel ini”, ketika kami menghadiri resepsi pernikahan teman mengajar di Bidakara beberapa waktu lalu.

Kini impian itu menjadi nyata. Saya telah berada di hotel Bidakara ini dari tanggal 3 s.d. 5 Agustus 2010 dalam rangka menghadiri Simposium hasil penelitian dan Inovasi Pendidikan tahun 2010 di Jakarta.

Bagi saya secara pribadi, pertemuan ilmiah ini adalah pertemuan para peneliti yang makalahnya telah dinyatakan lolos untuk dipresentasikan dalam kegiatansimposium hasil penelitian dan inovasi pendidikan 2010. Tentu merupakan sebuah kebanggaan bagi saya, seorang guru yang suka meneliti. Sebab hasil kerja keras dalam meneliti selama ini telah membuahkan hasil, dan hasil penelitian itu terbaca oleh orang banyak, dan telah dibukukan hasilnya dalam kumpulan presentasi makalah hasil penelitian.

Ketika surat panggilan itu datang ke sekolah, saya gembira sekali menerimanya. Apalagi setelah mendapatkan tanda tangan dari kepala sekolah, dan mendapatkan surat tugas untuk mengikuti simposium hasil penelitian ini.

Dari berbagai materi yang disampaikan oleh para pemakalah kunci, saya tertarik sekali dengan pemaparan dari bapak Sumantri Hadi Suseno. Beliau memaparkan akan pentingnya sebuah dokumen hasil penelitian yang terintegarasi secara nasional. Presentasi beliau yang berjudul National Education Research Library menjadi agenda besar yang harus dikerjakan oleh pusat penelitian dan pengembangan kemendiknas. Sebab kemendiknas yang merupakan lembaga pemerintah, sampai saat ini belum membuat system yang terdokumentasi dalam menyimpan hasil-hasil penelitian. Untuk mewujudkan itu harus ada kolaborasi antara pemerintah, peneliti, dan masyarakat.

Hasil penelitian dan pengembangan pendidikan yang berkualitas menjadi suatu keharusan, mengingat hasil penelitian dan pengembangan akan dimanfaatkan olehstakeholders dalam merumuskan kebijakan pendidikan dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Demikian pernyataan yang disampaikan oleh Prof. Mansyur Ramly, kepala badan penelitian dan pengembangan, kemendiknas dalam makalahnya.

Selama tiga hari di hotel bidakara, banyak hal yang sebenarnya ingin saya sharingkan. Namun karena kesibukan yang padat, maka saya publish saja foto-foto kegiatan ilmiah ini untuk mendukung laporan saya di sini.

Semoga bermanfaat buat pembaca yang ingin ikut tahun depan.

Salam

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

2 People reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.