Posted on: August 8, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 4

Untuk Sebuah Perjuangan (1)

Sholat Subuh Berjamaah dulu di Masjid di dekat SMPN 236
Sholat Subuh Berjamaah di Masjid dekat SMPN 236

Pagi-pagi sekali, Senin 9 Agustus 2010 para calon pengurus OSIS dan MPK  SMP Labschool Jakarta berkumpul di SMPN 236 Kawasan Industri PIK Cakung Jakarta Timur. Sepagi itu, mereka akan berjuang untuk lari lintas juang OSIS/MPK. Mereka akan berlari sejauh 8 km dari akung menuju Rawamangun. Mereka berlari untuk sebuah perjuangan menjadi pengurus OSIS/MPK yang akan dilantik hari ini.

Sebelumnya, para peserta lari lintas juang OSIS/MPK melakukam sholat subuh berjamaah dulu di Masjid dekat SMPN 236 Cakung. Setelah sholat subuh, barulah mereka dikumpulkan di lapangan sekolah dan mengikuti upacara pelepasan.

Bersiap-siap di Lapangan SMPN 236 Cakung Jaktim
Bersiap-siap di Lapangan SMPN 236 Cakung Jaktim

Berbagai sambutan disampaikan, dari kepala SMPN 236 Cakung sampai Kepala SMP Labschool Jakarta. Kedua sekolah ini dulunya satu, dan berada di bawah naungan  sekolah PPSP IKIP Rawamangun Jak-Tim.

Setelah mendapatkan tempat di Cakung, berdirilah sekolah baru yang bernama SMPN 236 dan  PPSP IKIP Jakarta berubah menjadi Labschool Jakarta yang merupakan sekolah swasta di bawah naungan  yayasan Pembina UNJ.

Berbaris Rapi untuk Berlari
Berbaris Rapi untuk Berlari

Betapa bangganya para peserta lintas juang ini. Mereka bertukar tempat start. Pengurus baru OSIS/MPK SMPN 236 melakukan start di SMP Labschool Rawamangun. Begitupun sebaliknya.

Rencananya, para peserta akan bertemu di lapangan bola yang berada di kawasan industri pulogadung Jakarta Timur.

Demi untuk sebuah perjuangan, tak terlihat kelelahan di mata para peserta. Mereka terus berlari dan berlari. Berharap segera dilantik untuk menjadi pengurus OSIS/MPK baru hari ini. Bagi mereka, akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri apabila mampu berlari dari mulai start sampai finish.

Kakak OSIS yang akan Lengser Hari ini
Kakak OSIS yang akan Lengser Hari ini

Kegiatan Lintas Juang  dan sekaligus pelantikan pengurus OSIS/MPK  merupakan kegiatan rutin yang selalu diadakan sekolah setiap tahunnya. Hanya saja, untuk tahun 2010 ini, pelaksanaannya dimajukan. Kebetulan pada tanggal 17 Agustus 2010 tahun ini, bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

Rombongan hampir Sampai di Kawasan Industri Pulogadung
Rombongan hampir Sampai di Kawasan Industri Pulogadung

Namun demikian, meskipun waktunya dimajukan, tidak membuat para pengurus OSIS/MPK Lama bersedih hati. Mereka tetap ikhlas menyerahkan estafet kepemimpinannya kepada adik kalasnya.

Inilah bentuk kaderisan dan kepemimpinan sekolah kami yang masuk dalam hidden kurikulum dan telah menjadi budaya sekolah (school culture). Melalui kegiatan ini kamipun membentuk karakter atau watak siswa menjadi seorang calon pemimpin masa depan yang pantang menyerah.

Tetap tersenyum walaupun lelah
Tetap tersenyum walaupun lelah

Seru juga berlari cukup jauh dari cakung sampai Rawamangun. Perlahan-lahan namun pasti, rombongan segera bergerak menuju kawasan industri pulogadung.

Di tempat ini, rencananya para peserta akan bertemu dan bertukar bendera sekolah masing-masing.

Siap berbaris rapi untuk Serah terima Bendera Sekolah
Siap berbaris rapi untuk Serah terima Bendera Sekolah

Tak lama menunggu, rombongan peserta dari SMPN 236 pun tiba. Kami semua saling bersalaman dan mengucapkan salam pertemuan. Tak ada kelelahan terlihat di wajah mereka. Kami pun akhirnya berbaris rapi untuk upacara serah terima bendera sekolah kami masing-masing.

Peserta Lintas Juang SMPN 236 Cakung Jaktim
Peserta Lintas Juang SMPN 236 Cakung Jaktim

Tak kalah pula rombongan peserta lintas juang OSIS/MPK dari SMPN 236 Cakung juga turut berbaris rapi. Mereka juga tetap semangat dengan kaos merah menyala. Merekapun telah siap mengikuri upacara serah terima bendera sekolah dengan penuh antusias dan berbaris rapi.

Kini, masih ada perjuangan lainnya yang harus mereka tempuh. Masih ada 4 km lagi jarak yang harus mereka tempuh untuk bisa sampai ke sekolah masing-masing.

Siap Berlari Kembali di Mentari Pagi
Siap Berlari Kembali di Mentari Pagi

Dengan semangat 45, mereka terus berlari dan berlari untuk sebuah perjuangan. Terbayang di wajah mereka, kegembiraan bila berhasil mencapai finish dengan baik.

Sayapun terharu dengan semangat mereka yang luar biasa. Jujur, saya sendiri sudah tak sanggup lagi berlari kencang, dan terpaksa memakai kendaraan sepeda motor untuk mendampingi mereka berlari sambil fotot-foto aksi mereka. (Bersambung)

 

Categories:

4 People reacted on this

  1. wah seru sekali ya pak hihihi saya ikut loh pak…..ada foto saya lagi terus tapi gajelas gitu deh pak.upload foto lagi dong pak biar saya eksis di blog bapak…..

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.