Posted on: August 1, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 1

Wow, Perhitungan Suara itu Benar-benar Jurdil!

Calon Ketua Umum OSIS SMP Labschool jakartaCalon Ketua Umum OSIS SMP Labschool jakarta

Selama menjadi guru, saya senantiasa menikmati proses perhitungan suara yang jurdil, jujur dan adil. Perhitungan suara yang jurdil itu selalu saya temui setiap tahunnya dalam kegiatan penghitungan suara calon ketua umum OSIS di SMP Labschool jakarta.

Para calon ketua umum OSIS itu memang benar-benar calon pilihan. Sudah melalui proses seleksi yang cukup panjang dan matang. Para pengurus OSIS bersama dewan guru telah menguji mereka, dan terpilihlah 4 orang kandidat yang menurut kami sangat layak untuk menjadi calon ketua UMUM OSIS.

Sehari sebelumnya mereka telah melakukan kegiatan kampanye calon ketua Umum OSIS. Gambar dan pamlet mereka tersebar di dinding majalah sekolah. Lengkap dengan progam kerja unggulan yang akan mereka lakukan bila nanti terpilih.

Para Siswa bersama-sama menyaksikan penghitungan suaraPara Siswa bersama-sama menyaksikan penghitungan suara

Di sekolah Labschool, kami benar-benar merintis pendidikan berkarakter secara nyata. Berusaha mengemasnya dalam sebuah kegiatan yang bertajuk rekrutmen calon pengurus OSIS.

Dari kegiatan ini kami ajarkan bagaimana proses menjadi seorang pemimpin dan merasakan bagaimana mereka dipilih oleh teman-temannya sendiri. Proses demokrasipun terjadi dan merekapun menjadi sadar untuk menjadi yang terbaik agar lolos dalam seleksi kepengurusan itu.

Sudah barang tentu akan ada kebanggan tersendiri bila mereka sanggup melaluinya dengan baik. Mereka adalah calon pemimpin masa depan yang akan memulai belajar memimpin di sekolah.

Terus terang, sebagai pendidik mereka, saya sangat bangga dengan kehebatan mereka dalam berbicara di depan umum. Mereka berani mengemukakan pendapatnya dan siap menerima berbagai pertanyaan yang terkadang memojokkan. Biasanya, siswa kelas 9 yang lebih senior dari mereka akan mengusiknya dengan pertanyaan-pertanyaan nakal, dan kalau calon ketua umum itu tak bisa menjawab, maka akan menjadi bahan olok-olok mereka. Biasalah, senior merasa lebih berkuasa dari pada yuniornya. Sebab calon ketua Umum OSIS itu adalah siswa yang dipilih dari kelas 8.

Kotak Suara dan suasana penghitungan suaraKotak Suara dan suasana penghitungan suara

Hari ini, Jum’at 30 juli 2010, saya menyaksikan sebuah perhitungan suara yang jurdil. Benar-benar jurdil. Ada 3 buah kotak suara yang akan dibuka. Kotak suara itu berisi kartu suara dari kelas 7, 8, dan 9, termasuk juga kels akselerasi. Ketiga kotak suara itu ditempatkan dal 3 buah meja terpisah, dan 3 buah papan penghitungan suara yag terpisah pula.

Hari ini akan dilihat siapa yang memperoleh suara terbanyak dan terpilih menjadi kandidat calon ketua umum OSIS SMP labschool Jakarta.

Masing-masing calon ketua umum diminta tampil ke depan dan menyaksikan langsung penghitungan suara itu, dan terdengarlah suara-suara yang menegangkan, karena masing-masing calon mendapatkan dukungan yang hampir sama kuat.

Hasil Penghitungan Suara

Hasil Penghitungan Suara kelas 8

Hasil Penghitungan Suara kelas 7

Hasil Penghitungan Suara kelas 7

Akhirnya, setelah dihitung dan diperlihatkan kepada seluruh siswa, maka ada calon kandidat ketua umum OSIS yang terpilih dengan suara terbanyak. Siapakah dia?

Hasil Penghitungan Suara yang JurdilHasil Penghitungan Suara yang Jurdil.

Wow, proses penghitungan suara itu benar-benar jurdil. Saya pun terhanyut untk mengabadikan hasil perhitungan suara itu. Betapa hebatnya salah satu calon ketua umum itu. Tanpa politik uang dan tanpa politik pencitraan mampu memperileh suara terbanyak. Terus meluncur membesar dari siswa kelas 7, 8, dan 9 yang memilihnya.

saya ucapkan selamat kepada rayhan yang telah mempeoleh dukungan luar biasa dari seluruh siswa. saya pun bangga dengan kandidat ketua umum OSIS yang terpilih ini. Tentu para pembaca ingin tahu bagaimana Rayhan memberikan sambutan utamanya.

Rayhan, Ketua Umum OSIS terpilihRayhan, Ketua Umum OSIS terpilih

Suasana Perhitungan Suara yang MenegangkanSuasana Perhitungan Suara yang Mendebarkan

Setelah resmi diumumkan oleh panitia penghitungan suara, maka Rayhan memperolah suara mayoritas, dan dengan demkian secara otomatis rayhan terpilih menjadi ketua umum OSIS SMP labschool Jakarta yang baru.

Bila tidak ada halangan, para pengurus OSIS baru dan ketua umum terpilih akan dilantik dalam sebuah kegiatan heroik yang bernama lintas juang OSIS yang tak kalah menariknya dengan kegiatan ini. Tunggu saja reportase saya berikutnya dari sekolah.

salam Blogger persahabatan

Omjay

Categories:

1 people reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.