Posted on: May 14, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 1

Kemuliaan Seorang Guru

Kemuliaan seorang guru adalah mampu memberikan layanan terbaik kepada peserta didiknya. Mampu menjadi mata air bagi peserta didik untuk menghilangkan rasa haus dan dahaga akan ilmu. Jeli melihat kebutuhan dan kondisi siswa. Itulah rangkuman yang saya dapatkan kemarin dalam rapat kerja atau workshop guru di SMP Labschool Jakarta. Tempat saya mengabdikan diri menjadi guru.

Dalam sambutannya, pak Ali (Kepala Sekolah) mengatakan kemuliaan seorang guru harus diraih oleh teman-teman guru di SMP Labschool Jakarta. Membantu siswa menyelesaikan masalahnya dan mengajarinya dari tidak bisa menjadi bisa.  Oleh karena itu, kita semua diminta untuk memikirkan keberlangsungan sekolahl dan menjadikannya sebagai sekolah terbaik di DKI Jakarta.

Alhamdulillah, pada 11 Mei 2010 yang baru lalu, SMP Labschol Jakarta mendapatkan penghargaan dari presiden SBY di Istana negara sebagai salah satu sekolah perintis pendidikan karakter di Indonesia.

Hal ini tentu saja perlu disyukuri, dan kita pun menjadi termotivasi untuk melakukan penerapan dan penguatan pendidikan karakter di sekolah.

Pendidikan karakter akan berhasil dicapai apabila para guru mampu memahami akan kemuliaan seorang guru. Bekerja atas dasar ibadah dan bukan karena upah. Bukan karena berharap digaji tetapi mengharap ridho Ilahi Robbi. Ketulusan hati harus terjaga dengan penuh kesabaran dan dedikasi yang tinggi.

Dalam sambutan lainnya, ketua Badan Pengelola Sekolah (BPS) Labschool, Ibu Indira mengatakan, bahwa para pimpinan di Labschool akan merumuskan kembali sekolah berkarakter yang akan dibimbing oleh  dua tokoh pendidikan, Prof. Dr. Arif Rahman, dan Prof. Dr. Conny R Semiawan.

Ibu Indira pun mengatakan akan terus meningkatkan kualitas sekolah di semua bidang, sehingga keberadaan sekolah Labschool benar-benar terasakan baik di dalam maupun di luar negeri. Langkah-langkah itu dilakukan dengan memperkuat hubungan antara pimpinan sekolah, para guru, dan juga para orang tua siswa.

Sebagai sekolah favorit dan diminati oleh masyarakat, tentu sekolah kami didukung oleh para guru yang berkualitas. Dari guru yang berkualitas inilah lahir para peserta didik yang berkualitas pula. Karenanya tak heran bila sekolah kami selalu diserbu masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya di tempat kami.

Kemuliaan seorang guru harus terus dijaga dan terjaga oleh para guru itu sendiri. Oleh karena itu, mari kita memulainya dengan selalu memberikan contoh dan tauladan yang baik kepada para peserta didik. Pendidikan yang baik adalah pendidikan dengan pendekatan pendidikan keteladanan.

Bersambung………..

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Categories:

1 people reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.