Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) 2016 di SMP Labschool Jakarta

Halo-halo labschoolku. Hari ini hari luar biasa! Begitulah lagu labschool terdengar membahana di seantero sekolah. Kakak kakak osis dan mpk menyanyikannnya dengan riang gembira. Mereka menyambut adik kelasnya di kelas 7 SMP dengan suka cita. Lebih dari 200 siswa sekolah dasar dari berbagai sekolah di jabodetabek diterima di SMP Labschool Jakarta. Mereka dinyatakan lulus masuk smp labschool jakarta setelah mengikuti tes masuk beberapa waktu lalu. Dari hampir seribu peserta tes, hanya sekitar 240 orang yang diterima di smp labschool jakarta. Sekolah ini terletak di jl pemuda komplek unj rawamangun ini. Sekolah yang dimiliki dan dikelola yayasan pembina universitas negeri jakarta (UNJ).

Para guru ikut menyambut kedatangan mereka. Satu persatu guru diperkenalkan oleh bapak kepala sekolah. Pak Asdi Wiharto mengenalkan semua guru di smp labschool jakarta yang berseragam batik. Senang rasanya menerima siswa baru dan keluarga baru di sekolah yang kami cintai ini. Tepuk tangan pengurus organisasi siswa intra sekolah (OSIS) dan pengurus majelis perwakilan kelas (MPK) menambah serunya acara perkenalan guru.

Bila ada guru yang maju dan terlihat favorit di antara mareka, maka terdengar suara bergemuruh dan tepuk tangan yang meriah dari kakak kelas. Siswa kelas 7 yang masih malu-malu mencoba ikut bertepuk tangan meskipun dengan tepukan yang tidak semeriah kakak kelasnya. Maklumlah masih siswa baru, jadi masih diam dan belum saling kenal mengenal. Hari pertama yang tentu sangat mengesankan bagi mereka.

Hari pertama masuk sekolah ini sangat berbeda dengan tahun lalu. Para orang tua masuk ke kelas, dan nampak wali kelas pak Kasdi sudah berada di kelas dan memberikan pengarahan kepada para orang tua siswa baru di smp labschool jakarta. Para orang tua siswa diberikan penjelasan detail tentang kegiatan pengenalan lingkungan sekolah kepada orang tua. Sehingga besok ketika masuk sekolah hari senen 16 Juli 2016 sudah tahu apa yang harus dilakukan di sekolah dan apa saja barang yang harus dibawa anaknya.

Setelah anak anak baru berbaris rapih di halaman sekolah, para orang tua siswa sebelumnya di kumpulkan dulu di aula sekolah. Para orang tua siswa sebelum masuk ke kelas siswa kelas 7 smp labschool jakarta, dikumpulkan di lantai 3 ruang teater kecil. Di dalam ruangan itu bapak kepala sekolah memberikan sambutan dan pengarahan kepada orang tua siswa baru. Pak Asdi Wiharto, kepala sekolah kami memberikan gambaran tentang sekolah labschool sebagai rumah kedua. Orang tua siswa nampak senang sekali anaknya diterima di smp labschool jakarta. Begitu juga dengan kami para guru.

Tak lupa ketinggalan guru guru smp labschool jakarta ikut narsis bersama di hari pertama sekolah ini. Ibu guru beserta karyawan tu nampak tidak kalah seru melakukan narsis bersama di hari pertama sekolah siswa baru.

Sapnduk pengenalan lingkungan sekolah dipasang di depan halaman smp labschool jakarta. Tema kegiatan PLS tahun 2016 ini adalah hormati guru, sayngi teman, maka semesta menghargaimu. Kegiatan PLS akan dilaksanakan pada 16 sampai 21 Juli 2016 di SMP Labschool Jakarta.

Para orang tua siswa baru dikumpulkan di teater kecil smp labschol jakarta. Di ruang serba guna ini para orang tua siswa kelas 7 mendapatkan pencerahan dari pimpinan sekolah kami. Nampak ratusan orang tua mendengarkan arahan dan sambutan dari pimpinan sekolah. Terjadi interaksi antara orang tua dan kepala sekolah.

Pak Murda wali kelas 7 memberikan pengarahan kepada para orang tua siswa baru kelas 7 di hari pertama masuk sekolah.

Kepala smp labschool jakarta memberikan sambutan sekaligus yel-yel labschool. Kalau ada bapak dan ibu guru berbicara anak-anak labschool yang kami sayangi dan banggakan, maka jawabannya labschool.

Pagi hari para orang tua siswa sudah hadir di sekolah dan melihat susunan kelasnya. Mereka melihat namanya ada di kelas yang sudah ditentukan di papan pengumuman atau mading. Panitia PLS sengaja membuatnya beberapa papan agar para orang tua dan siswa baru nyaman melihatnya dan tidak tertumpuk dalam satu tempat sekaligus.

Terlihat ibu Diyah Wisnuningrum wali kelas 7 memberikan arahan tentang bagaimana cara memperkenalkan diri di kalangan siswa kepada orang tua siswa baru kelas 7. Orang tua menjadi tahu apa yang akan dilakukan anaknya dalam kegiatan pengenalan lingkungan sekolah nanti.

Juga ibu linda memberikan arahan kepada siswa baru kelas 7 smp labschool jakarta di ruang kelas. Siswa mendengarkan dengan baik arahan guru dan menyimaknya dengan baik. Masih terlihat lugu dan lucu siswa baru di sekolah kami. Mereka nampaknya masih malu-malu dan belum saling kenal dengan temannya.

https://www.kompasiana.com/wijayalabs/578a031fce9273ae08cc4284/pengenalan-lingkungan-sekolah-pls-di-rumah-keduaku

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.