Pertemuan Kelima Informatika Kelas 8 SMP Labschool Jakarta

Buat Apa Kita Berangkat Pagi?
8 Agustus 2022   06:17 Diperbarui: 8 Agustus 2022

Buat apa kita berangkat pagi? Itulah sebuah pertanyaan dalam hati. Hal itu dipicu ketika Omjay melihat orang mulai berangkat kerja di pagi hari. Mereka berusaha menjemput rezekinya masing-masing.

Seperti Omjay yang berangkat dari rumah pukul 05.15 WIB. Kali ini sengaja tidak lewat tol Cawang Tanjung Priok seperti biasa. Omjay memilih jalan biasa di jalan Ahmad Yani kemudian meluncur ke jalan Pemuda Rawamangun Jakarta Timur. Lumayan bisa irit Rp. 10.500,- karena tidak lewat tol.

Jadi teringat masa-masa sekolah dulu. Saat itu kami sudah harus berangkat pukul 05.00 pagi. Kalau tidak berangkat pagi, maka kami kesiangan. Akibatnya telat masuk ke sekolah. Sebab jarak rumah ke sekolah cukup jauh. Kalau kesiangan akan menemui kemacetan di sana sini. Selain itu, bisa lebih hemat ongkosnya, karena banyak metromini berangkat dari garasi atau poolnya. Sehingga tidak perlu lagi naik dua kali bus untuk sampai ke sekolah. Biaya transportasi dapat ditekan. Uangnya bisa dipakai buat jajan di kantin sekolah.

Setelah lulus sekolah teknik menengah (STM), berangkat bisa siang. Sebab jadwal kuliah di IKIP Jakarta mengikuti jadwal yang diberikan kampus. Ternyata berangkat siang itu tidak enak. Kemacetan terjadi di sepanjang jalan. Waktu habis terbuang percuma akibat macet.

Akhirnya Omjay memutuskan kost di jalan Pemuda III Rawamangun, Jakarta Timur. Setelah itu mengontrak rumah di jalan Haji Ten III bersama kawan-kawan jurusan elektro IKIP Jakarta.

Berangkat dari rumah kontrakan ke tempat kerja tinggal jalan kaki saja. Badan sehat tenaga kuat, karena sering berjalan kaki. Tubuh Omjay selalu sehat karena terbiasa berjalan kaki. Ternyata benar kata orang tua dulu, sering berjalan kaki menyehatkan tubuh manusia.

Saran Omjay buat kalian yang sudah bekerja. Sebaiknya tempat kerja tidak jauh dari rumah. Selain bisa menghemat biaya transportasi, tapi juga kita bisa menghemat waktu. Kalian bisa menjadi lebih produktif dengan mengelola waktu dengan baik.

Apalagi sekarang ini sudah enak. Kita bisa menggunakan aplikasi google map untuk memperkirakan waktu perjalanan kita. Google map juga dapat membantu kita sebagai penunjuk jalan bila kita belum pernah ke lokasi tersebut.

Nah kalau rumah jauh, kita harus berangkat pagi. Supaya tidak bertemu kemacetan di sepanjang jalan. Kalau rumah dekat kita masih bisa santai dengar radio atau menonton berita di televisi sambil sarapan pagi.

Semua itu ada plus dan minusnya. Banyak kawan bekerja yang terpaksa hijrah pindah rumah. Mereka membeli rumah ke dekat tempat kerja. Ada juga yang tetap tinggal di tempat yang jauh dari rumah. Sebab sudah merasa nyaman tinggal di sana.

Dahulu Omjay tinggal di Bekasi Regensi Cibitung Bekasi. Berangkat kerja harus pagi hari. Pukul 04.30 WIB sudah berangkat dari rumah. Terkadang sholat subuh di jalan. OmJay cari masjid yang dilewati. Begitulah yang Omjay lakukan selama puluhan tahun.

Namun akhirnya pasrah juga. Usia terus bertambah. Sudah tak kuat lagi naik motor jarak jauh. Kemudian Omjay membeli mobil baru supaya lebih nyaman. Tapi naik mobil harus lewat tol supaya cepat sampai. Biaya pengeluaran bertambah untuk tol dan bensin mobil. Kalau naik motor, pengeluaran bensinnya tidak terlalu mahal dibandingkan mobil.

Tempat kerja yang jauh membuat Omjay pindah ke Jatibening Bekasi. Jaraknya sekitar 20 km dari rumah ke sekolah. Tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat juga. Namun jumlah penduduk semakin padat. Kalau berangkat siang pasti akan terlambat masuk ke sekolah. Malu rasanya kalau datang terlambat. Akhirnya Omjay putuskan berangkat pagi. Datang lebih pagi dan bisa menulis di media sosial dan membaca blog kompasiana.

Itulah mengapa Omjay sekarang punya banyak waktu untuk membaca dan menulis. Setelah tiba di sekolah Labschool masih bisa membaca blog siswa dan kompasiana. Kalau berangkat siang waktunya habis di jalan. Begitulah kisah Omjay hari ini yang bisa dibagikan.

Punya rumah dekat atau jauh dari tempat kerja menurut Omjay adalah pilihan. Kalau tak ingin bertemu kemacetan kota Jakarta, sebaiknya berangkat lebih pagi ke tempat kerja. Tinggal dekat tempat kerja adalah salah satu pilihan. Namun, harga rumah di Jakarta sekarang ini lumayan mahal. Rasanya tak cukup gaji guru honorer untuk membelinya. Semoga derita guru honorer segera usai dan pemerintah mengangkat mereka menjadi PNS. Itulah harapan Omjay dalam hati.

Salam blogger persahabatan

Omjay

Guru besar Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Buat Apa Kita Berangkat Pagi?”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/wijayalabs/62f0481fa51c6f3d1d75e2f4/buat-apa-kita-berangkat-pagi

Kreator: Wijaya Kusumah

Kompasiana adalah platform blog, setiap konten menjadi tanggungjawab kreator.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Pertanyaan: Apakah ada unsur ilmu informatika dalam kisah Omjay di atas?

Masukkan alamat blog kamu di https://forms.gle/CJkWa19S7diuE5EN6

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

57 thoughts on “Pertemuan Kelima Informatika Kelas 8 SMP Labschool Jakarta

    • Amira Putri Akmal - 8B

      Dari sekolah ke rumah (google maps)
      Waktu tempuh: 10 menit (tanpa macet) dengan kecepatan mobil 60km/jam
      Jarak yang di tempuh: 2,5 km

      Fungsi Google Maps: Google Maps dapat mempermudah kita untuk sampai ke tujuan. Google Maps memberikan rekomendasi pilihan alternatif jalur yang dapat dipilih beserta kabar terbaru berkenaan dengan perubahan kondisi jalan misalnya; ada tidaknya kecelakaan, ada tidaknya perbaikan jalan dll, yang dapat menghambat perjalanan kita, sehingga membantu kita mengambil keputusan dalam pemilihan jalan/jalur hingga sampai ke tujuan.

    • Dari sekolah ke rumah estimasi google maps
      Waktu tempuh: 15 menit tanpa macet di pagi hari dengan kecepatan mobil 40km/jam
      Jarak yang di tempuh: 7 km

      Fungsi Google Maps: Google Maps dapat mempermudah kita dalam perjalan. Google maps akan memberikan rute yang paling cepat dan mengestimasikan waktu sampai.

    • Dari Sekolah ke rumah estimasi google
      Jarak : 6 km. Waktu tempuh : 11 menit (tanpa macet) dengan kecepatan mobil 80 km/jam

      Fungsi Google maps :
      Google maps dapat membantu kita ke tujuan kita secara cepat dan efisien. Google maps juga dapat memberikan jalur alternatif yang bisa lebih cepat.

      • 1. Berpikir Komputasional –> Melihat dan berfikir rute untuk sampai rumah tanpa melewati kemacetan

        2. TIK –> Sistem google maps

        3. Algoritma –> google maps yang menghitung jarak dan berapa lama kita sampai ke tujuan kita

  1. M. Rasya Naufal Alvaro

    1. Berpikir Komputasional dengan melihat pola/proses jalan dari rumah ke tempat kerja saat pagi-pagi untuk menghindari kemacetan

    2. Mengalis Data dengan memikirkan berapa lama sampai tempat kerja jika berangkat dalam waktu tertentu dan jalan tertentu.

    3. TIK: Sistem dalam Mobil, sistem google map, sistem radio???

  2. 1. Berpikir komputasional
    Berpikir berapa lama kita sampai agar dapat menghindari kemacetan

    2. TIK
    sistem di google maps

    3. algoritma
    google maps yang menghitung berapa lama kita sampai agar bisa sampai tujuan dengan cepat

    • 1. Berpikir Komputasional –> melihat dan berpikir cara bagaimana ke tempat tujuan agar menghindari kemacetan

      2. TIK –> sistem google maps

      3. Algoritma –> menghitung jarak dan waktu dari rumah ke sekolah atau sebaliknya di google maps

  3. Berpikir Komputasional: Berpikir dalam melihat jarak, jalan dan waktu untuk menghindari kemacetan
    TIK: Google Maps
    Algoritma: Menggunakan Google Maps untuk menghitung jarak dan berapa waktu yang kita butuhkan untuk sampai tujuan

  4. Kaira Suri Pramesti 8F

    1. Berpikir komputadional (BK): menyelesakan masalah masalah yang dalamnay terdapat aspek informafik, khususnya algoritma, optimadi, penjadwalan dll.
    2. Teknologi informasi fan komunikasi (TIK) : pembuatan karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan peramban untuk mrncari informasi, serta mengelola file dalam folder.
    3. Sistem komputer (SK): mengenai definisi komputer, komputadi dan sistem komputadi, bagian bagian utama komputer dan fungsinya.

  5. 1. Berpikir komputasional:
    Berpikir kapan akan sampai dan jika macet berapa lama macetnya
    2.Tik
    Ai dari google map dan mesin yang ada di mobil
    3.analisis data
    menganalisis data waktu kapan kita sampai dan juga jam ganjil genap
    4.Algoritma Dan pemrograman
    rute jalan dari rumah ke tempat kerja,sekolah,kuliah
    5. dampak sosial informatika
    bisa memecahkan masalah dengan baik dan juga memiliki cara menyelesaikan yang bagus

  6. 1. Berpikir komputasional
    dengan melihat jalan yang akan dipakai dan berapa lama untuk ke tujuan
    2. TIK
    Sistem Google Maps
    3. Algoritma
    Mengikuti rute yang telah diberikan oleh google map
    ———
    Jarak dari sekolah ke rumah menurut Google Maps adalah 13 km dan memakan waktu 30 menit

  7. 1. Berpikir Komputasional (BK): Melihat dan memperkirakan cara untuk sampai ke tempat tujuan tanpa terkena kemacetan.

    2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): Sistem yang ada di Google Maps.

    3. Algoritma dan Pemrograman (AP): Google Maps yang mengarahkan kita untuk memilih rute tercepat.

    4. Analisis Data (AD): Google Maps yang menghitung jarak dan waktu kita untuk sampai ke tempat tujuan.

    5. Dampak Sosial Informatika (DSI): Google maps dapat memberikan dampak positif, yaitu memudahkan perjalanan kita agar lebih cepat sampai.
    ————————————–
    Dari sekolah ke rumah
    Menit: 14 menit
    Jarak : 5,9 km

    Fungsi Google Maps:
    Membantu menemukan arah jalan sesuai tujuan yang telah ditentukan.

  8. 1. Berpikir Komputasional
    2. Analisis Data
    3. Teknologi Informasi dan Komunikasi
    4. Algoritma dan Pemrograman
    5. Dampak Sosial dan Pemrograman

    ——————————————-

    Menit: 6 menit
    Jarak: 2,2 km

    Fungsi google maps:
    Memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (versi beta), atau angkutan umum.

  9. 1. Berpikir Komputasional (BK): Melihat dan memperkirakan cara untuk sampai ke tempat tujuan tanpa terkena kemacetan.

    2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): Sistem yang ada di Google Maps.

    3. Algoritma dan Pemrograman (AP): Google Maps yang mengarahkan kita untuk memilih rute tercepat.

    4. Analisis Data (AD): Google Maps yang menghitung jarak dan waktu kita untuk sampai ke tempat tujuan.

    5. Dampak Sosial Informatika (DSI): Google maps dapat memberikan dampak positif, yaitu memudahkan perjalanan kita agar lebih cepat sampai.
    ————————————–
    Dari sekolah ke rumah
    Menit: 14 menit
    Jarak : 5,9 km

    Fungsi Google Maps :
    Membantu menemukan arah jalan sesuai tujuan yang telah ditentukan.

  10. 1. Berpikir Komputasional (BK): Melihat dan memperkirakan cara untuk sampai ke tempat tujuan tanpa terkena kemacetan.

    2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): Sistem yang ada di Google Maps.

    3. Algoritma dan Pemrograman (AP): Google Maps yang mengarahkan kita untuk memilih rute tercepat.

    4. Analisis Data (AD): Google Maps yang menghitung jarak dan waktu kita untuk sampai ke tempat tujuan.

    5. Dampak Sosial Informatika (DSI): Google maps dapat memberikan dampak positif, yaitu memudahkan perjalanan kita agar lebih cepat sampai.
    —————————————
    Dari sekolah ke rumah
    Menit: 14 menit
    Jarak : 5,9 km

    Fungsi Google Maps:
    Membantu menemukan arah jalan sesuai tujuan yang telah ditentukan.

  11. Kisah Omjay berdasarkan 8 elemen informatika

    1. Berpikir komputasional berupa optimasi penjadwalan, bangun lebih pagi dan memilih jalan dengan rute tercepat agar sampai ke tujuan tepat waktu
    2. TIK berupa penggunaan google maps atau waze agar mengetahui jalan dengan rute yang paling cepat
    3. Sistem komputer berupa perangat lunak yang terdapat di ponsel yang digunakan untuk mengakses google maps atau waze
    4. Jaringan komputer dan internet berupa jaringan internet yang diperlukan untuk dapat menggunakan google maps dan waze
    5. Analisis data dilakukan oleh google maps dan waze dalam memberikan informasi
    6. Dampak sosial informatika berupa memudahkan kehidupan sehari-hari dengan google maps dan waze agar bisa mencapai tujuan dengan tepat waktu

    Dari rumah ke sekolah menurut waze:
    Jarak terdekatnya adalah 10,3 km dan waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan adalah 26 menit

  12. ada yaitu menghitung jarak yang dilalui oleh omjay setiap harinya yang bisa dihitung melalui microsoft excel ataupun menghitung manual contoh
    saya berangkat jam 06 00 dari rumah dan saya sampai di sekolah jam 06 15 berarti dari rumah kesekolah melewati waktu 15 menit itu kalau tidak macet kalau macet busa menghabiskan waktu hingga 30 menit

  13. berdasarkan cerita omjay di atas ada hubungannya dengan informatika contohnya : jika kita ingin pergi ke suatu tempat tujuan jika kita ingin sampai lebih cepat tentu saja kita memilih jalan yang tercepat atau berangkat lebih awal dan cara itu bisa kita lakukan dengan menggunakan google maps, google maps dapat memberi tahu kita mana jalan yang tercepat atau jalan mana yang tidak mengalami kemacetan, semua hal itu terhubung dengan informatika yaitu : berpikir komputasional, menganalisis data, serta teknologi informasi dan komunikasi.

  14. 8B_23_Muhammad Alif Fatih Ferdiansyah

    Jarak dari sekolah – rumah : 13km
    Waktu perjalanan: 45 menit (macet)
    Fungsi google maps: Membantu mencari jalan ke tempat tujuan, dan juga bisa digunakan untuk mencari informasi tentang jalan tersebut.

    Berpikir Komputasional: Optimasi penjadwalan agar tidak terlambat/terkena macet di jalan
    Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): Menggunakan google maps
    Dampak Sosial Informatika (DSI): Aplikasi seperti google maps membantu orang-orang untuk mencari jalan/memperkirakan waktu perjalanan ke tempat tujuan

  15. Nevan Wistara Waluyo

    Jarak dari sekolah: 16km
    Waktu tempuh: 26 menit
    Fungsi google maps: Agar membantu kita mencari route tercepat dan efektif menujui sebuah tempat

  16. Dari sekolah ke rumah (kata g-maps)
    Waktu : 10 Min
    Jarak : 3,7km

    1. Berpikir Komputasional : Melihat dan berfikir rute untuk sampai rumah tanpa melewati kemacetan

    2. TIK : Sistem google maps

    3. Algoritma : google maps yang menghitung jarak dan berapa lama kita sampai ke tujuan kita

  17. Dari sekolah ke rumah (kata g-maps)
    Waktu : 10 Min
    Jarak : 3,7km

    1. Berpikir Komputasional : Melihat dan berfikir rute untuk sampai rumah tanpa melewati kemacetan

    2. TIK : Sistem google maps

    3. Algoritma : google maps yang menghitung jarak dan berapa lama kita sampai ke tujuan kita

  18. Dari sekolah ke rumah
    Menit: 13 menit
    Jarak: 4,2 km
    Apa itu fungsi google maps?
    Ada beberapa yaitu mengasihi route ke destinasi anda, mengasih gambar atau street view di destinasi anda, dan melihat jika sesuatu jalan macet atau tidak.

  19. Dari sekolah ke rumah
    Menit : 30 menit
    Jarak : 17 km
    Fungsi Google Maps : Membantu kita dengan rute perjalanan, dapat memberikan informasi tentang jalan tersebut dan juga menentukan rute yang lebih efisien

    Unsur ilmu Informatika :
    Teknologi Informasi dan Komunikasi. (TIK) : Sistem Google Maps
    Berpikir Komputasional (BK) : Google Maps dapat menentukan rute yang lebih efisien
    Algoritma dan Pemrograman (AP) : Google Maps dapat menghitung waktu yang dibutuhkan suatu rute

  20. Alifah M. A. - 8E

    Jarak dari Rumah ke Sekolah (estimasi GoogleMaps): 12 km
    Waktu Perjalanan (estimasi GoogleMaps): 26 sampai 30 menit

    Fungsi GoogleMaps: Membantu kita dalam melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, untuk menemukan jalur yang memakan waktu paling singkat. Sangat berguna pula saat kita belum mengenal jalur dan lingkungan tujuan.

    1. TIK sebagai sistem
    2. Algoritma sebagai pengukur jarak dan waktu
    3. Berpikir Komputasional sebagai mencari jalur yang paling lancar dan singkat

  21. Jarak dari sekolah ke rumah menurut Google Maps : 6.3km (17 menit)
    Apa fungsi Google Maps?
    Google Maps berfungsi untuk mengarahkan kita ke lokasi/tujuan yang kita tujui. Kita dapat melacak lokasi secara real-time agar tidak tersesat.

  22. Dari sekolah ke rumah (google maps)
    Waktu tempuh: 13 menit (tanpa macet) dengan kecepatan mobil 60km/jam
    Jarak yang di tempuh: 2,9 km

    Fungsi Google Maps: Google Maps dapat mempermudah kita untuk sampai ke tujuan. Google Maps memberikan rekomendasi pilihan alternatif jalur yang dapat dipilih beserta kabar terbaru berkenaan dengan perubahan kondisi jalan.

  23. 1. Berpikir Komputasional
    2. Analisis Data
    3. Teknologi Informasi dan Komunikasi
    4. Algoritma dan Pemrograman
    5. Dampak Sosial dan Pemrograman

    Dari sekolah ke rumah
    Waktu = 20 menit
    Jarak = 12 km

    Fungsi google maps =
    -Dapat mengetahui kondisi lalu lintas dalam waktu nyata
    -Dapat mengetahui jalan pintas suatu tujuan

  24. Dari sekolah ke rumah (google maps)
    Waktu tempuh: 13 menit (tanpa macet) dengan kecepatan mobil 60km/jam
    Jarak yang di tempuh: 2,9 km

    Fungsi Google Maps: Google Maps dapat mempermudah kita untuk sampai ke tujuan. Google Maps memberikan rekomendasi pilihan alternatif jalur yang dapat dipilih beserta kabar terbaru berkenaan dengan perubahan kondisi jalan.

    1. Berpikir komputasional:
    Berpikir kapan akan sampai dan jika macet berapa lama macetnya
    2.Tik
    Ai dari google map dan mesin yang ada di mobil
    3.analisis data
    menganalisis data waktu kapan kita sampai dan juga jam ganjil genap

  25. Ada,
    1. Berpikir Komputasional:
    Berpikir dalam melihat jarak dan waktu untuk menghindari kemacetan

    2. TIK:
    Sistem Google Maps

    3. Algoritma dan Pemrograman:
    Mengikuti langkah-langkah dari google map dalam menghitung jarak dan waktu

  26. A. Dari sekolah ke rumah (Google Maps)
    Waktu tempuh: 30 menit dengan kecepatan 60 km/jam
    Jarak yang di tempuh: 15 km
    Fungsi Google Maps: Google maps berfungsi sebagai petunjuk arah untuk pengguna agar dapat mendapatkan rute yang tepat dan cepat

    B. Unsur ilmu informatika dalam kisah Omjay
    1. Berpikir komputasional
    2. TIK
    3. Algortima dan pemograman

  27. TIK: Pemanfaatan Google Maps untuk mengetahui rute yang paling efektif dan efisien.
    SK: Google Maps memanfaatkan teknologi sistem komputer untuk memberi tahu rute yang sesuai.
    JKI: Internet membuat Google Maps mengetahui rute-rute yang sesuai dan menunjukan nya melalui gawai yang terhubung dengan internet.
    AD: Om Jay menganalisa waktu dan pengeluaran untuk menuju sekolah, dan Google Maps memberikan analisis data untuk rute-rute yang ada.
    AP: Google Maps selalu memberikan rute yang paling efektif dan efisien.
    DSI: Orang-orang menggunakan Google Maps untuk mengetahui rute-rute tercepat.
    BK: Om Jay memikirkan hal yang efektif dan efisien dari rute jalan tercepat dan waktu berangkat demi mencegah kemacetan

    Dari rumah ke sekolah:
    Waktu=16 menit
    Jarak=6,9 km

    Maanfaat Google Maps
    a. Mengetahui rute tercepat
    b. Sebagai peta
    c. Mengetahui tempat-tempat dengan mencari nya di Google Maps

  28. M. Gibran Akbar

    1. Jarak dan waktu dari sekolah ke rumah (Dari google maps)
    Jarak yang di tempuh: 13 km
    Waktu yang di tempuh: 25 menit dengan kecepatan 60 km/jam
    Fungsi dari google maps: Google maps berfungsi sebagai alat yang menentukan arah dan jalan yang telah disesuaikan dengan tujuan tertentu

    2. Unsur Ilmu Informatika yang terdapat dalam cerita Omjay
    a. Berpikir komputasional
    b. TIK
    c. Algoritma dan pemograman

  29. Unsur Ilmu Informatika dari kisah diatas

    1. Berpikir Komputasional (BK) > Cara menyelesaikan masalah kemacetan dengan aplikasi Google Maps
    2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) > Sistem dari Aplikasi Google Maps
    3. Algoritma dan Pemrograman > Sistem Google Maps akan mengarahkan kita untuk rute tercepat
    4. Analisis data > Sistem Google Maps menghitung waktu tempuh perjalanan dan jarak ke tujuan
    5. Dampak Sosial Informatika > Google Maps memberikan dampak positif berupa penghematan waktu karena dapat memilih rute tercepat dan pastinya ada dampak negatifnya.

    ———————–

    Perhitungan Jarak Dari Rumah Ke Sekolah

    (Rute Via Utara)

    Waktu Tempuh : 35 Menit
    Jarak Tempuh : 17 Km

    (Rute Via Selatan [Via Cakung > Klender Baru > Buaran > Klender])

    Waktu Tempuh : 45 Menit
    Jarak Tempuh : 20 Km

    Saya menggunakan rute Utara ketika jam masih diatara pukul 05.00 – 05.15 WIB Karena ketika sudah lebih dari jam tersebut, saya akan terkena macet.
    Nah, Maka dari itu saya punya cadangan rute yang selalu saya lewati yaitu via selatan. Fungsi dari Google Maps sebenarnya adalah untuk memudahkan kita untuk menemukan rute tercepat.

    8E_27_Rheza Yoga Firmansyah

  30. Teuku Muhammad Fathi Meizano 8E 31

    Jarak Estimasi (menurut GoogleMaps): 13,4 KM
    Waktu Yang ditempuh: 30 menit
    Kecepatan: 25 km/jam
    Fungsi google maps: Membantu pengemudi untuk mecari jalan pintas/rute tercepat
    ——————————————-
    Unsur informatika: TIK, BK, Analisis Data, dan Algoritma & Pemograman

  31. 1. Berpikir komputasional: Mencari dan memikirkan rute yang tercepat agar tidak terkena macet

    2. TIK: sistem aplikasi Google maps

    3. Algoritma: perkiraan google maps mengenai rute yang kita lewati

    ———————
    Jarak dan waktu dari sekolah ke rumah (Dari google maps)
    Waktu: 1 jam
    jarak: 40 km
    Kecepatan: 90 km/jam
    fungsi google maps:
    untuk mencari rute tercepat dan terhindar dari kemacetan

  32. 8C-MUHAMMAD SHIDQIE-23

    1. Berpikir komputasional -> Omjay menyelesaikan masalah dengan google maps
    2. TIK -> Google maps
    3. Algoritma dan pemrograman -> source code google maps
    4. analisis data -> bagaimana google maps menghitung rute tercepat dengan opsi tertentu

  33. Jarak dan waktu dari sekolah ke rumah (Dari google maps)
    Jarak yang di tempuh: 20 km
    Waktu yang di tempuh: 30 menit dengan kecepatan 40 km/jam
    Fungsi dari google maps: untuk mencari rute tercepat untuk dilalui

    Unsur Ilmu Informatika :
    TIK, Analisis Data, Algoritma dan Pemrograman, Berpikir Komputasional

  34. Jarak dari sekolah ke rumah
    Jarak: 1,3 km
    Waktu: 15 menit dengan kecepatan 20 km/jam

    fungsi dari google maps: untuk membantu menemukan arah jalan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan

    Unsur Informatikanya:
    1. berpikir komputasional = bisa pergi ke tujuan dengan google maps
    2. TIK = google maps
    3. algoritma dan pemograman = source codenya google maps
    4. analisis data = menghitung kecepatan/kejauhan dari rute tersebut

  35. Rainald Yusuf Kusuma 8D (29)

    Dari sekolah ke rumah
    Menit: 30 menit
    Jarak: 6.82 km
    apa itu fungsi google maps?
    google maps dapat mengarahkan kita sampai tujuan yang kita mau dengan jalan yang paling cepat

    • Rainald Yusuf Kusuma 8D (29)

      2. Unsur Ilmu Informatika yang terdapat dalam cerita Omjay:
      a. Berpikir komputasional (BK)
      b. TIK
      c. Algoritma dan pemograman

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.