Pertemuan Keenam Informatika Kelas 8 SMP Labschool Jakarta

Bukalah Buku Cetak Informatika kelas VIII halaman 23 tentang Bab 2 Berpikir Komputasional.

Bagi yang belum punya bukunya bisa unduh di sini. Apakah kalian masih ingat tentang materi berpikir komputasional di kelas 7? Kalau lupa kalian bisa melihat kembali videonya!

Tujuan Pembelajaran adalah pada setiap soal bab berpikir komputasional ini, terdapat konsep-konsep Informatika yang dibungkus dalam bentuk soal cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Secara khusus, pada materi kelas VIII ini, kalian akan belajar mengidentifikasi algoritma untuk menyelesaikan sebuah masalah, struktur data, dan representasi data yang ada di dalamnya.

Jawablah 10 pertanyaan di bawah ini! Posting jawabannya di blog pribadi kalian!

  1. Apakah yang dimaksud dengan berpikir komputasional?
  2. Apakah yang dimaksud dengan fungsi?
  3. Apakah yang dimaksud dengan himpunan dan sistem bilangan?
  4. Apakah yang dimaksud dengan algoritma?
  5. Apakah yang dimaksud dengan struktur data?
  6. Dapatkah kalian menyebutkan contoh-contoh implementasi konsep pengenalan pola dan algortima dalam kehidupan sehari-hari?
  7. Bagaimana cara kerja komputer sehingga komputer dapat membantu manusia untuk menyelesaikan beberapa masalah dalam kehidupan sehari-hari?
  8. Mengapa konsep berpikir komputasional penting dikuasai siswa?
  9. Kendala apakah yang kalian temukan saat mengerjakan soal-soal berpikir komputasional?
  10. Apakah kalian sudah pernah mendapatkan soal-soal brebas? Kalau belum, silahkan unduh di sini! Salin atau copas soal tersebut ke dalam blog pribadi kamu.

Selamat mengerjakan dengan baik di blog kamu. Kalian bisa menjawab pertanyaan di atas, bila sudah membaca buku cetak Informatika halaman 23 sampai 50. Terima kasih.

Apa itu berpikir komputasional dapat kamu baca di sana.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

6 thoughts on “Pertemuan Keenam Informatika Kelas 8 SMP Labschool Jakarta

  1. 1. Cara berpikir menyelasaikan masalah dengan menerapkan teknik informatika
    2. Membantu mengirim dan menerima informasi
    3. a. Himpunan adalah kumpulan dari objek tertentu yang memiliki definisi yang jelas dan dianggap sebagai satu kesatuan
    b. Metode yang digunakan untuk mewakili besaran atau kuantitas dari obyek tertentu
    4. Algoritma adalah deretan instruksi yang sistematis dan logis dalam pemecahan suatu masalah
    5. Penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer
    6. Sebelum mulai memasak nasi, cuci beras dan siapkan penanak nasinya. Setelah diberikan air yang cukup lalu letakkan pada magicom dan tutup lalu pilih atau memasak. Jangan lupa tekan tombol cook, biarkan nasi masak dengan sendirinya sampai muncul tombol warm.
    7. Mengolah data, mengirimkan informasi, media hiburan, dll
    8. Berpikir komputasional dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan yang besar
    9. Kebanyakan makna – makna yang dapat di pendekan dan di simplifikasi di pelajaran TIK
    10. pernah dan awalnya soal -soalnya sangat susah, tapi lebih gampang saat saya mulai mengerti

  2. Kategori 15-16

    Teman

    (Kelompok Umur: SMP; Kesulitan: Menengah; Kategori: STRUC, DOC)

    Lucia dan teman-temannya terdaftar di sebuah jaringan media sosial, yang digambarkan sebagai “jaringan” sebagai berikut:

    Sebuah garis berarti pertemanan antara dua orang. Contohnya Monica adalah teman Lucia tetapi Alex bukan teman Lucia. Aturan yang berlaku adalah:

    Jika seseorang berbagi foto dengan dari temannya, maka temannya itu dapat mengomentarinya.
    Jika seseorang memberi komentar pada sebuah foto, maka semua teman-temannya dapat melihat komentar dan foto tersebut, tetapi tidak dapat mengomentarinya sampai mereka bisa.
    Lucia mengunggah sebuah foto. Dengan siapa dia harus berbagi agar Jacob tidak dapat melihatnya?

    Jawaban

    A. Dana, Michael, Eve. B. Dana, Eve, Monica. C. Michael, Eve, Jacob. D. Micheal, Peter, Monica.
    Solusi:

    Ini informatika

    Salah satu aspek informatika yang hendak disampaikan melalui soal ini adalah mengenai struktur. Struktur yang digunakan untuk menggambarkan relasi pertemanan dari Lucia menggunakan bentuk yang disebut graf. Graf merupakan sarana dalam informatika untuk menggambarkan jaringan sosial. Graf sederhana terdiri dari node (menyatakan orang) dan garis (menyatakan relasi teman).

    Mengelola akses ke informasi pribadi sangat penting saat ini. Ketika seseorang mengunggah foto pribadi ke Internet, ia harus berpikir hati-hati tentang siapa yang mungkin melihat gambar. Karena sangat sulit untuk benar-benar mengontrol siapa yang bisa melihat gambar, yang terbaik adalah tidak pernah meng-upload gambar ke internet kecuali gambar yang Anda bisa pajang untuk publik, di stasiun bus lokal atau sekolah.

    Metode secara otomatis (program komputer) untuk menganalisis graf berguna untuk menganalisis jaringan sosial seperti contoh di atas. Metoda analisis graf juga berguna misalnya dalam aplikasi GPS, dimana persimpangan jalan yang diwakili oleh node dan jalan-jalan antara bersesuaian ke edge.

    Program komputer untuk menganalisis graf juga dapat dipakai untuk mencari jalan terpendek antara dua tempat.

    https://bebras.or.id/v3/contoh-soal-penggalang-untuk-siswa-smp/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.