Kata Pengantar Mudahnya Membuat Buku

Kata Pengantar Guru Blogger Indonesia

Untuk Buku Mudahnya membuat Buku Karya Ibu Nurochmah

Pagi ini saya ditelpon ibu Nurochmah. Beliau akan menerbitkan buku dengan judul Mudahnya Membuat Buku. Sebuah buku yang merupakan kumpulan resume dari kelas belajar menulis bersama Omjay dan kawan-kawan di PGRI.

Saya dikirimi beliau draft naskah bukunya melalui aplikasi WA. Isinya sangat bagus sekali untuk anda baca. Terutama buat para penulis pemula yang ingin belajar menulis dan menerbitkan bukunya. Kami merekomendasikan buku ini untuk anda pesan dan kemudian membaca isi bukunya dengan seksama.

Setiap orang mempunyai alasan pribadi mengapa harus menulis. Hal ini diantaranya adalah; menuangkan pengalaman pribadinya, menuangkan ide, pikiran, supaya tidak lupa, sebagai kebutuhan yang bersifat akademik, sebagai prasyarat ingin naik pangkat, sebagai hobi berliterasi, mengabadikan nama, memburu rupiah dan mencari ketenaran, mengisi waktu senggang dan masih banyak alasan lainnya dalam membuat tulisan.

Kalau saya mempunyai alasan tersendiri. Menulis bagi saya sudah merupakan kebutuhan, seperti halnya makan dan minum. Kalau tidak menulis saya merasa kelaparan, dan kalau tidak membaca saya merasa kehausan. Menulis dan membaca adalah aktivitas yang saya lakukan setiap harinya.

Saya menulis juga untuk ikut mengkampanyekan GLS. Gerakan Literasi Sekolah bertujuan menumbuhkan budaya membaca dan menulis (berliterasi) pada warga sekolah baik kepala sekolah, peserta didik, dan guru yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Gerakan Literasi Sekolah menciptakan lingkungan sekolah menjadi lingkungan pembelajaran sepanjang hayat dengan membudayakan membaca yang tidak sekedar membaca dan menulis yang tidak sekedar menulis saja.

Menulis adalah pekerjaan yang mulia, dihormati dan dihargai khalayak ramai secara sosial. Kemampuan menulis sebagai indikator atau kemampuan intelektual seseorang dalam mengeluarkan idenya bagian dari intelektual seseorang. Semakin banyak menulis, maka kita akan dianggap pakar di bidangnya. Saya menulis di blog, makanya saya terkenal dengan sebutan guru blogger Indonesia.

Banyak orang ingin menjadi penulis. Seiring dengan perjalanan waktu, akan banyak alasan dibuat. Antara lain, mempunyai mimpi menjadi penulis agar terwujud. Kemudian berkomitmenlah dan bersungguh-sungguhlah agar bisa mewujudkannya. Ayo wujudkan mimpi itu dengan cara menulis setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Saya ingin menjadi manusia terbaik dan bermanfaat bagi orang lain. Wujud ilmu yang bisa disumbangkan adalah dalam bentuk buku berupa karya yang kita tuliskan. Saya menulis di blog dan kemudian saya rajut menjadi buku yang bermutu. Mudahnya menulis akan anda rasakan setiap hari, bila anda rajin berlatih menulis di blog pribadi.

Selain itu, supaya lancar menulis, saya mendaftar kelas online. Mengikuti Kelas menulis, adalah salah satu cara saya menerbitkan buku. Saat masa pandemi ini, banyak dibuka kelas menulis online GRATIS. Seperti Kelas Menulis PGRI yang diinisiasi oleh OmJay dan kawan-kawannya.

Kelas menulis online selain mudah diikuti, banyak yang gratis pula asal kita konsisten mengikuti aturan grup dan mengerjakan tata tertib serta aturan grup tersebut. Kelas menulis  dapat memacu dan membangkitkan motivasi seorang pemula dalam membuat satu resume dan tugas yang diberikan. Banyak teman baru lainnya yang kita temukan.

Tujuan kita mengikuti kelas online agar terbiasa menulis secara kontinyu, setiap hari dengan pembiasaan yang konsisten dan perlu kesabaran dan keuletan seorang penulis pemula. Ibarat memegang komitmen satu hari satu judul tulisan, bila tidak bisa cukuplah satu paragraf tulisan, bila tidak mampu juga cukuplah satu kalimat tulisan tiap hari yang tulisan itu nantinya dapat kita simpan dalam komputer atau catatan tersimpan kita. 

Di kelas menulis Bersama Omjay dkk, kita wajib membuat blog. Mengapa membuat blog sendiri, karena di Blog kita dapat menuangkan karya kita berupa curahan hati, pengalaman pribadi, cerita sesuatu yang dapat kita tulis, tanpa ditolak oleh penerbit manapun, karena blog diolah kita sendiri. Blog dapat berupa gratis atau berbayar antara lain; blogspot.com, guraru, wordpress.com, kompasiana dan lainnya. Dengan syarat tulisan kita tidak berbau sara, bahasanya sopan, tidak berita hoax, dan tulisan tidak kasar.

Rahasia menulis lainnya yaitu banyak membaca, Rahasia menulis adalah rajin membaca kemudian akan muncul ide, akan bertambah kosa kata dll sehingga bisa dengan mengalir menulis ketika gagasan muncul. Bagi penulis sejati, tentu saja bisa berakibat buruk pada kesehatan. Ibarat pendaki yang kehilangan kaki. Penulis sejati (ia yang mencurahkan hidupnya dengan menulis, menjadikan menulis sebagai kebiasaan dan kebahagiaan, berbagi inspirasi dan motivasi dengan menulis) tentu akan sedih/stress bila tak bisa menulis.

Dalam dunia kesehatan tentu kita bisa sepakat bahwa stres bisa memicu banyak penyakit lainnya. Maag adalah salah satunya. Mengatasi Writer’s Block agar tidak terlalu lama dengan banyaknya aktivitas berpikir, salah satu yang bisa dicoba adalah gunakan Golden Times saat menulis. Tiap orang punya Golden Times masing-masing.

Ada yang fokus menulis sebelum tidur. Ada yang bisa fokus menulis saat menjelang matahari terbit. Ada yang selalu mendapat inspirasi jika menulis sambil mendengarkan lagu, ada juga yang harus sepi hingga suara jangkrik pun terdengar. Maka, ketahui Golden Times kita, dan menulislah di saat itu untuk menghindari Writer’s Block.

Mudahnya membuat buku dari kumpulan tulisan di blog, akan anda temukan dalam buku karya Ibu Nurochmah ini. Ayo segera dipesan bukunya sebelum kehabisan! Rasakan sensasinya, setelah anda membaca isi bukunya.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.