Posted on: January 7, 2014 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 6

Liburan Semester 1 putri saskia – 8c – 29

LIBURAN SEMESTER 1

Liburan semester 1 tahun ini aku pergi bersama keluarga yaitu nenek, om, ayah, bunda, dan diriku sendiri. Kami pergi ke Bangkok tanggal 29-30 Desember 2013 . Kami berangkat dari rumah menaiki taksi pukul 5 pagi dan berangkat dengan pesawat pukul 7 pagi.

Di dalam pesawat kami menempuh waktu selama 3 jam dan tidak ada perbedaan waktunya sehingga sampai pada pukul 10 pagi di bandara luar daerah Bangkok, sehingga kami harus menempuh waktu lagi selama setengah jam untuk sampai di kota Bangkoknya. Tiba di sana kami memakai tour guide.

Tour guide nya itu HOT banget, dia asal Thailand tapi bisa bahasa Indonesia, udah gitu beragama Islam lagi. Gua sama dia sempet nge date  di tepi sungai, dia ngasih gua bunga, kasih makan cokelat. Tapi ternyata itu mimpi :’(wkwkwk).

Hari pertama 29 Desember 2013, kami lalui dengan berkeliling dengan mobil yang disediakan oleh tour guidenya, karena pada hari pertama jadwal kami free jadi kita shopping aja ke cak2cak market, disana banyak sekali pakaian trendy, hewan peliharaan, alat dapur, dll. Aku belanja  banyak sekali mungkin yang terbanyak dari pada yang lainnya…sampai malam pukul 9 malam kami  baru sampai hotel untuk beristirahat. Disana kami disediakan makan malam dan siang oleh tour guide itu di restoran islam sehingga tidak perlu takut  kalau tidak halal.

Pada hari itu kami makan menunya telor dadar, ayam bumbu, tomyam pedas, capcay dengan pelayan banci yang kocak karna rambutnya pirang dan memakai lipstick pink yang tebal serta blush on pink ^^. Sarapannya disediakan oleh hotel tetapi halal koks ;).

Hari kedua 30 Desember kami check out hotel yang di Bangkok kemudian memulai perjalanan kami pergi ke gems gallery, tempat itu adalah perusahaan pemerintah yang wajib dikunjungi oleh setiap turis, jika tidak tour guide nya disana kan tercantum dinama pemerintah tidak legal seperti di Indonesia jadi bisa aja dipecat, kalau tidak memakai tour guide maka turis akan di deportasi, didalam situ kami melihat bagaimana berlain seperti batu saphir terbentuk melalui kereta berjalan dengan robot/patung simulasinya, tapi tidak lupa kami juga melihat lihat berlian dan aksesoris lainnya di gems gallery.

Setelah dari sana kami pergi keluar kota Bangkok yaitu daerah Pattaya, kami menempuh waktu selama 1 jam. Sesampai kami di Pattaya kami pergi ke tempat pertunjukan gajah. Di sana terdapat taman yang sangat indah dengan ukiran berbagai bentuk binatang yang diukir dari sebuah dedaunan dan rerumputan.

Akhirnya kamipun masuk kedalam gedung untuk melihat pertunjukan gajahnya di bagian depan gedung terdapat tempat untuk foto bersama gajah yang akan di angkat oleh gajah dengan belalainya dan foto bersama harimau disampingnya.

Pertunjukkan pun dimulai dengan meriah oleh penonton yang banyak sekali, petunjukkan oleh gajah itu antara lain pembukaan yang dimeriahkan oleh semua gajah digajah melukis di baju dan bajunya dijual, gajah bermain basket, gajah bermain bola, gajah menari dan ada anak gajah yang menari dan membuat semakin lucu dan menarik saja, gajah bermain bowling, dan penutup show gajahnya. Kemudian makan siang di restoran dekat show gajahnya.

Setelah makan siang, kami pergi untuk menonton “ THE CABARET SHOW” itu merupakan show yang dimainkan oleh para lelaki yang bertrans gender menjadi perempuan lengkap dengan tubuh tubuhnya bukan hanya mukannya yang di oplas wow!!..kata tour guide nya laki laki asli di Thailand hanya tinggal 20% sisanya sudah terkena operasi, walaiu hanya suntik hormone perempuan saja dan dengan persetujuan pemerintahannya, banci banci tersebut diperbolehkan untuk menikah.

Show pun dimulai dengan sangat meriah awalnya saya tidak percaya bahwa mereka semua yang berpenampilan sangat cantik itu merupakan banci, tapi saya pikir pikir juga mana mungkin show ini bohong..show nya berlangsung satu jam dan acaranya sangat menarik untuk ditonton ada juga pementasan banci banci itu mempersembahkan kebudayaan Indonesia yaitu tari piring dari padang, kemudian ada show nya tentang mereka banci banci tersebut menjadi patung yang tidak bergerak sama sekali !!! sama sekali tidak bergerak dengan bertelanjang dada dengan lengkap terdapat buah dadanya>>padahal mereka semua ada laki-laki.

Setelah show selesai keluar gedung semua pemain terdapat di lapangan parker dengan pakaian pakaiannya yang megah untuk diajak berfoto bagi para pengunjung. Mereka semua sangat cantik dengan make up tebalnya tetapi saat mereka meminta uang untuk berfoto kejadian canggung dan lucu pun terjadi SUARA MEREKA BERAT HAHA!!! Sangat berat seperti preman !!. setelah show selesai pun kami  pergi untuk malam dan kemudian beristirahat ke hotel kami di Pattaya.

Categories:

6 People reacted on this

  1. Liburanku
    Kamila Nurmafira K-8A-23

    Menurutku liburan semester 2 ini enggak seru sama sekali, gak greget, gak kemana-mana, udah gitu 2 minggu lebih-lebih dikit doang lagi paling cuman 15 hari kalo gasalah ya ditambah class meeting 7 hari, 22 hari doang, udah gitu kan awal-awal class meeting masih masuk dukung kelas main, idih dipaksa lagi males banget, giliran hari ketiga gak masuk pas minggu class meeting malah keluar nilai UAS atau kepanjangannya Ulangan Akhir Semester mana jelek lagi nilainya mending bagus, pertama nilai UAS matematika keluar, jelek, paling cuman nilai bahasa inggris doang yang agak bagus sumpah ya sampe semester ini jelek lagi, tapi enggak deh InsyaAllah belajarnya udah giat kok sekarang.
    Pertama bagi rapot, itu aja udah nyebelin padahal baru pertama-tama kan, rapotku jelek banget, udah deh pas mulai liburan dimarahin mama, mana kakak-kakak nilainya lagi pada bagus-bagus lagi, kan jadi makin keliatan jelek, adalah segala ranking 7 atau 9 angkatan, yaudah sih pinter-pinter aja tapi gausah bikin orang jadi keliatan jelek terus dimarahin mama. Tapi mulai liburan pertama-tama agak asik sih jadi lebih akur sama kakak, tapi palingan ya cuman nonton bareng di laptop dia sih, terus main candy crush, kalo livesnya udah abis mulai deh minjem ke adeknya, pake ngatain dulu lagi, ada segala “lo kan gak pinter main ini udah gue aja”, “kok malah yang itu sih kan harusnya ini lebih menguntungkan tau”, “gue lebih jago daripada lo kalo soal main ginian, udah sini aja”. Tapi gara-gara itu juga sih kita makin akrab, kalo udah masuk sekolah udah mulai punya urusan sendiri-sendiri udah jarang ngobrol-ngobrol lagi sih. Tapi pas liburan itu bener-bener deh kita jadi deket banget, kita udah nonton bareng banyak banget film deh, apaya contohnya, yang kita nonton sama-sama itu Little Miss Sunshine, The Perks Of Being A Wallflower(ini kalo gasalah ya judulnya kayak gitu), itu nonton kayak gitu biasanya malem mulainya jam 9an atau jam 10an jadi selesainya juga malem jam 1 atau jam 2an gitu, terus biasanya jam 12an bapak bilang “kalian tidur, jangan nokturnal” emang manusia bisa nokturnal juga ya. Kalo yang aku nonton sendiri itu Bride Wars sama Confessions Of A Shopaholic tapi ya pake laptop dia juga sih.
    Bride Wars itu filmnya seru banget-bangetan jadi itu tuh kayak ada 2 sahabat yang bener-bener sahabatan dari mereka masih kecil, nama mereka Liv sama Emma, terus mereka masing-masing dilamar kan tuh sama pacar mereka masing-masing, Emma itu guru sekolahan dan Liv itu business woman deh pokoknya kerja di kantoran gitu, terus Liv nemu cincin kan tuh di lemari baju pacarnya terus dia udah seneng banget gitu, Emma juga seneng kan tuh, terus ternyata pas malemnya Emma dilamar duluan sama pacarnya terus Liv ngiri kali ya terus dia nanya ke pacarnya kapan mau ngelamar, akhirnya dilamar saat itu juga, akhirnya besoknya mereka ngerencananin pernikahan kan di wedding organizer gitu, karena mereka udah janji dari mereka berdua masih kecil untuk nikah di The Royals (gedung gitu), gara-gara asisten si wedding organizer itu salah ngatur malah jadi mereka nikah di The Royals di hari yang sama, terus mereka akhirnya marahan gara-gara gaada yang mau ngalah kan. Terus mereka kayak ngejahatin satu sama lain kan biar pernikahannya gajadi. Nah gara-gara gaada yang mau ngalah mereka jadi nikah di The Royals pada hari yang sama, terus gara-gara suatu hal pernikahannya Emma gajadi, dia berantem sama calon suaminya di dalem ruang pernikahannya Liv terus Liv langsung gaenak giru kan terus mereka berdua langsung baikan, dan di akhir-akhir ternyata Emma nikah sama kakaknya Liv, terus mereka kayak ketemuan di kafe gitu kan terus akhirnya mereka sama-sama tau kalo mereka lagi hamil dan mulai hamilnya pada hari yang sama yaitu tanggal 3 Maret. Udah segitu aja cerita Bride Warsnya, sekarang Confessions Of A Shopaholic.
    Kalo Confessions Of A Shopaholic ini lebih eru pake banget dari pada film apapun, aku nonton udah 5 kali lebih kali. Jadi filmnya gini, ada cewek shopaholic namanya Rebecca Bloomwood dia punya 12 kartu kredit, terus pas dia lagi mau jalan ke gedung perusahaan majalah gitu dia liat selendang warna ijo di toko baju gitu terus dia pengen kan terus harganya itu 120 dollar terus uang dan kartu kreditnya itu kurang untuk bayar selendang itu, kurang 10 dollar, akhirnya dia minta pinjem uang di toko sandwich gitu, ntar dia balikin uangnya kapan-kapan, terus pas dia lagi ngebujuk yang punya tokonya dengan alasan untuk dikasih tantenya yang lagi di rumah sakit, ada cowok gitu ngasih dia 10 dollar terus kata cowoknya “you want that scarf, I want my sandwich” terus kata Rebecca “thank you, my aunt will really appreciate that” terus pas dia udah sampe di tempat dia mau di wawancara untuk kerjaan, ternyata kerjaannya udah diambil sama cewek namanya Alicia, akhirnya dia ngelamar di tempat majalah lain namanya Succesful Saving (kalo gasalah), ternyata bos di majalah yang dia mau ngelamar itu cowok tadi yang ngasih dia 10 dollar itu, terus karena dia panik dia ngejatohin scarfnya di lantai kan terus pas lagi wawancara ada cewek gitu masuk ke ruangan wawancara terus bilang “Miss Bloomwood, I believe you dropped your scarf” terus akhirnya di kasih ke Rebecca, terus dia bikin alesan dan bilang ke cowok tadi tantenya meninggal, terus pas udah selesai wawancara dia pulang dan akhirnya dia diterima kerja di majalah yang tadi, terus pas dia nyampe dirumah, ada bill kartu kredit yang jumlahnya 16 ribuan dollar gara-gara dia kebanyakan belanja kan, terus ada telpon dari penagih kartu kredit namanya Derek Smeath mintain utang Rebecca Bloomwood, akhirnya temennya bilang ke Derek Smeath kalo Rebecca lagi ada di Finlandia, padahal Becca lagi tepat di depan Suze, temennya Becca, terus Becca mulai nulis di kolom majalahnya gitu kan terus dia bikin nama alias gitu namanya The Girl In The Green Scarf terus saking bagusnya tulisan dia, dia jadi terkenal banget gitu sampe Cina. Terus bosnya yang cowok yang tadi ngasih dia 10 dollar itu ngajak dia ke suatu acara untuk keluarga besar perusahaan majalah itu kan terus pas selesai acara itu dia ngajak Luke Brandon (bosnya) untuk belanja gitu kan terus dia ke Prada dan akhirnya ketauan kalo ternyata mamanya Luke itu orang terkenal di bidang mode gitu kan namanya Miss Sherman, terus akhirnya Alicia tau kalo Luke anaknya orang terkenal terus dia ngedeketin Luke, terus dia ke pesta dansa kan dan ternyata Luke sama Alicia pergi berdua juga ke pesta dansa itu, terus disitu dia patah hati gitu kan. Besoknya, temen dia, Suze mau nikah dan dia lagi marahan sama Suze, terus karena udah mau mulai pernikahannya Rebecca dimaafin sama Suze, terus akhirnya pokoknya Luke sama Rebecca pacaran gitu deh, pokoknya itu filmnya bagus banget deh, lebih bagus dari film apapun di dunia, serius bagi aku itu film paling bagus lah pokoknya. Maaf ya bukannya cerita tentang liburan malah banyakan movie reviewnya.
    Terus pas tanggal 31 Desember ada arisan gitu kan dirumah, arisan keluarga besar gitu lah pokoknya, aduh sumpah itu garing banget dari banyak orang yang dating kerumah, yang aku kenal paling cuman 5 atau 7 orang gitu lah, itu arisan tergaring deh pokoknya, tapi makanannya enak sih lumayan dim sumnya banyak banget dan dimsumnya itu enak banget gaboong, tapi sebenernya cuman dimsumnya sih yang enak.
    Terus kita nonton sekeluarga 2 kali, pertama nonton 99 Cahaya Di Langit Eropa, terus kita nonton Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, nonton-nonton film kayak gini sih sebenernya cuman nemenin mama aja, tapi kalo Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck seru beneran sih, ini filmnya bikin nangis banget, aku aja nangisnya kejer banget sumpah gatahan sedih banget.
    Terus karena liburan ini garing banget gak jalan kemana-mana akhirnya aku sama kakak aku ngajak mama jalan dan gatau apa mama juga lagi bosen atau apa mama juga mau kita ajak jalan. Lumayan lah, kita ke Mall Kelapa Gading atau yang biasa disebut MKG 2 kali, Kota Kasablanka atau Kotkas 1 kali, terus kita juga ke Pondok Indah Mall atau PIM gitu. Nah kalo ke MKG atau Mall Kelapa Gading itu 2 kali ya nonton itu, pertama 99 Cahaya Di Langit Eropa sama kedua Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck itu, terus kalo ke Kotkas atau Kota Kasablanka itu tadinya kita mau nonton tapi gajadi gitu, gara-gara jalan kesananya aja udah macet banget sampe sana udah telat adanya yang jam setengah 7 iya kali nonton jam 7 mau selesai jam berapa pasti bakal malem banget yaudah akhirnya kita gajadi nonton di Kotkas atau Kota Kasablanka, kita cuman makan di Eat & Eat terus liat-liat toko-toko yang ada di Kotkas atau Kota Kasablanka sedikit terus kita pulang. Sekarang aku mau cerita yang aku jalan-jalan ke PIM, kita sekeluarga ke PIM atau Pondol Indah Mall itu jarang banget mungkin sampe sekarang aku udah 13 tahun cuman pernah ke PIM atau Pondok Indah Mall 2 kali doang kali ya, yaudah sekarang cerita ke PIM atau Pondok Indah Mall langsung aja. Jadi kita berangkat pagi-pagi biar sampe ke PIMnya gak terlalu siang, sebenernya tadinya mau ke MKG sama sodara tapi gajadi, pas udah sampe PIM ya biasalah solat dzuhur dulu, terus kita makan di food courtnya PIM gitu, aku makan chicken steak sama Shihlin(kalo gasalah), terus kita ke Forever 21, H&M, biasalah mau liat-liat, terus kita ke New Look, ini toko bagus dan murah mirip Forever 21 gitu tokonya. Terus gatau mama lagi kenapa, mama mau beliin aku tas gitu ya lumayan lah, terus pas lagi bayar di kasir, ternyata di belakang aku ada Priscilla Blink masa, hahaha, sebenernya sih cerita di PIM cuman itu doang, terus kita pulang deh. Udah ya segini dulu, terimakasih.

  2. LIBURANKU
    Daffa Aushaf Riyadi 8a

    Walaupunmasih 4 harisebelumharipembagianrapot.Akusudahberliburan.Alasannya, adalah :satu. Ibukusedangbekerja di Bandung,dandua. Ayahkusedangbekerja di Makassar.Jadi, padaharisenin, akumengikutiibukuuntukke Bandung, danbertetapanpadatanggal 17, akuberangkatdengansepupukukekota Yogyakarta yang biasanyadisebut-sebutadalahJogja. Setelahberbosan-bosanbermalam di dalamkereta yang bising, akhirnyasampaijuga di StasiunTugu yang telahkutunggu-tunggu.Sesampainya di rumahsaudara.Sepupu-sepupukutelahmenunggukitameskipunitumasih jam 4 pagi. Terasasangatkelaparansaatsampai di sana, padaharipertamaitu, adakejadian yang tidakmengenakan, jarikakikukejatuhanpiringsaatakusedangmembuat roti bakar. Karena, akuditendangolehsepupuku.
    Tetap, rasa sakitituakutahanoleh rasa senangketikamauberenang di Hotel miliktanteku.Hotel ituterletaksangattidakjauhdarirumahsepupuku.Hanya 2 menitmenaikisepeda, sampailahkita.Hotel itulebihtepatnyaterletak di Jl. Suramikalautidaksalah.Oiya, nama hotel ituadalah Hotel Maharani Guesthouse. Serasasangatsegarberenang di sanasambilmelepaskan rasa pegal yang masihmenempelsejaktidur di keretatadi. Rasa sakit pun terlepas.Selama di Jogja, aku selalu berenang. Sampai kulitku hitam dan belang di sekitar mata karena selalu memakai kacamata renang
    Rutinitas di Jogjatidakjauhbedadenganrutinitas di Jakarta. TAPI, rasa menyenangkannyasangatjauhberbeda. Meskipunsepupuku yang orang Jogjaitumasihmenjalani UAS, akudansaudaraku di Bandung tetaptidakmerasakankesepian.Walaupunxbox 360 miliktantekutetaptidakbolehdikeluarkansampaisepupukuselesai UAS.
    GembiraLoka Zoo, jugamenjadidestinasifavoritdisana. Walaupunbangunanannyacukuptua, tetapiadajuga yang barudibangun, contohnyaseperti Bird Park disana.Akusangatmenyukainya, karenaadatempatdimanaburungdibebaskan di sangkar yang sangatbesar.CukupAneh. Yaah,…meskipuntidakbebas, tetapisetidaknyaburungburungitudapatmerasakantempat yang luas. Akuberusahauntukmembuat film pendek yang diperankanolehsepupu-sepupuku.Tetapiaku stress karenasepupukusangatsusahdiatur. Sehingga, hujan pun turun.CukupAneh. Setelahterjadikeanehan yang tidakmasukakalini.Akuberteduh di tempat yang cukupnyaman di seberang TARING (transportasikeliling) yang berada di kawasankebunbinatangitu. Di sana, terlihatseekorburung yang disangkardansepupuku yang sedangberbicara pada burung itu. Saatsepupukumendekat, keanehanlagi pun terjadi.“Eh, eh, tadiburungnyabilang “assalamualaikum””, kata sepupukusambilmendekatikamera.Saatkubuktikan, memang, burungitumengatakandemikian.
    Walaupunburungitutidaktertangkapkamera, setidaknyaakumenangkap scene gajah yang sedang buang air besar.Balikkecerita.Oiya, disanajugaadainteraksi reptilian.Disanakitabisamemegang, menyentuh, danmemfotodenganular.Ularitusepertiular python tetapi albino dansudahjinak.Ada juga iguana yang warnanyaoranye, sertakura-kura yang dilepaskandisekitar situ. Di sekitar kawasan itu, ada hewan yang namanya “kura-kura moncong babi”. Cukup Aneh, dan memang betul sih, kura-kura itu hidungnya seperti babi. Hujan pun semakin lebat, kemudian kami memutuskan untuk menaiki TARING untuk menuju terminal pintu keluar. Setelah itu, kita berdesakan payung untuk mencapai gerbang keluar.
    Padahari Natal aku tidak merayakan apa-apa, seperti makan malam,membuka champagne, membuka kado, dll. karena agamakuadalah Islam.ya.. akuhanyamemainkanaplikasi yang berada di Web Google. Tidakseru, tapilumayanseru (lho?).dan, saatakumengucapkan “MERRY CHRISTMAS! SELAMAT HARI NATAL!” kepadasepupuku, merekahanyamanggut-manggutdanmengatakan,”Mas Daffaagamanyamasih Islam kan?”,lalukitalangsungtertawa. Itu adalah hari-hari yang garing.
    Seharisetelahhariperayaan Natal.Ibukudatangdari Bandung bersamakakakku yang berkuliah di Bandung.Karenaibukumenginap di Hotel Maharani, akudansepupukutidakhanya MENUMPANG berenangtetapijuga MENUMPANG sarapan di Hotel tersebut.Akutidakmaluwalaupunselalumenumpang di sana, karenapetugas-petugasdisana CUKUP ramah (mungkin)(sepertinya)(bisa jadi).
    Oiya, sehubungan eyang buyut atau leluhur atau semacam itulah, adalah arsitek pemakaman Imogiri yang merupakan pemakaman para raja itu. Aku pergi kesana. tidak malas atau tidak mau, tapi masalahnya adalah, beratus-ratus anak tangga yang harus ditempuh untuk mencapai pemakamannya. 1 kumpulan anak tangga aku di urutan yang pertama, checkpoint, 2 kumpulan anak tangga aku di urutan yang pertama, checkpoint, 3 anak tangga aku di urutan yang pertama, checkpoint, 4 anak tangga aku di urutan ketengah, +5 anak tangga aku di urutan terakhir, kulihat ke atas, para sepupuku yang sedang beristirahat itu sangat menggodaku, itulah yang memotivasiku untuk terus maju, pantang menyerah.
    Sampai diatas, aku ditinggal lagi oleh sepupuku berjalan ke tempat makamnya. Aku pun sendirian. Untungnya aku tahu dimana tempat makam itu berada. Aku berjalan dan melihat ada sebuah dinding seperti benteng, lebarnya sih tidak seberapa, tetapi, makam itu cukup tinggi, dan kulihat ada tulisan di temboknya, ya, makam itu berada di atas tembok itu. Saat aku lihat ke atas tembok itu. Aku melihat sepupu-sepupuku sedang duduk, dan aku lihat ibuku yang sedang mengambil foto menggunakan ipad ibuku. Aku pun berpose dibawah, saat aku mendekati, aku melihat mereka yang sedang merunduk kebawah. Akhirnya aku naik dan saat aku melihat, mereka sedang berdoa. Saat itu juga aku langsung duduk dan ikut berdoa. Saat kulihat hasil foto ibuku, ada fotoku di situ.

    Ternyata, ada pintu masuk juga di puncaknya. Aku keluar lewat dari situ dan aku melihat ada sebuah warung yang tak terlalu kecil ukurannya. Aku duduku dan menikmati segelas minuman yang bernama wedang uwuh, uwuh itu berarti sampah, jadi itu adalah wedang sampah. Minuman pun datang, ada gelas yang cukup besar, berisi air yang terlihat berwarna coklat, hmmm, itu gula merah. Ada sesuatu yang hancur disana dan agak gosong. Hmmm, itu jahe. Dan ada sesuatu seperti daun. Saat kulihat dari jauh, memang bentuknya seperti sampah dedaunan kering. Tetapi, bentuk tak sebanding rasanya. Rasa pegal pun minggat.
    Saat aku bermain di sekitar situ, aku melihat ada jalan yang sangat menanjak di bagian kiri jalan. Aku melihat ke atas dan aku tidak melihat apa-apa. Aku pun naik bersama sepupu-sepupuku dan sesampainya diatas, hembusan angin bertiup, bau rumput tercium, terlihat puncak yang dikelilingi rerumputan, yang disertai pemandangan kota Yogyakarta yang sungguh indah dikelilingi oleh pegunungan, terlihat pula garis pantai selatan berwarna biru. Tiba-tiba terdengar suara teriakan,”hooooooiy….”aku menengok dan melihat sepupuku itu sedang berteriak menghadap ke pegunungan berusaha mendapatkan gema-gema. Aku pun mengatakan,”ini kuburan tau!” mereka pun langsung diam. Tapi, aku memiliki rasa ingin mencoba juga, eh, jadi malah makin berisik deh.
    Banyak orang berpikir kalau turun tangga itu lebih enak daripada naik, tidak, yang sebetulnya lebih menyakitkan kaki. Ditambah,tanteku dan ibuku membeli 1 kantong wedang uwuh, 4 sisir pisang, beberapa peyek, dan anak-anaknya lah yang disuruh membawakan. Aku pun berada di urutan terakhir. Dan kulihat kebelakang, ibuku sedang mengedit foto-foto yang ku ambil di atas puncak tadi. Aku pun langsung masuk kedalam mobil melonjorkan kaki, dan kembali pulang ke rumah.
    Sate Klathak, cukup terkenal di Yogyakarta. Setelah capek naik-turun tangga, aku mandi, dan siap-siap pergi ke Sate Klathak Pak Pong, ya, namanya adalah pong, sepupuku sering menyebutnya Om-Pong. Restoran itu sangat ramai meskipun agak jauh dari rumah. Mencari mejapun sangat susah. Pelayanan pun cukup lama karena ramainya restoran saat liburan. Walaupun seperti itu, rasanya pun cukup enak.
    Pantai Drini merupakan destinasi terakhir di Yogyakarta. Pantai ini terletak di selatan Pulau Jawa. Letaknya lumayan dekat dengan Pantai Indrayanti, yaah, sejejeran lah. Tapi banyak yang mengatakan,”sekarang pantai Drini tidak sebagus yang dulu”. Memang benar, air menjadi lebih keruh. Tidak banyak sih yang bisa diceritakan disini, tapi serunya adalah, keluarga besar bisa berkumpul.

    Tahun Baru tiba! Saat yang ditunggu-tunggu. Keluargaku mengadakan acara bakar-bakar sate. Tempo hari, ibuku sudah memesan 300 tusuk sate yang setengah matang. Aku yang bertugas membalik satenya. Saking serunya, aku lupa untuk makan dan ketika kulihat piringnya, satenya tinggal sedikit. Sate sudah habis, mau makan jagung bakar pun sudah kenyang. Jadi kita bermain kembang api dan menunggu hingga jam 00:00 datang.
    Hari terakhir, hari terakhir di Jogja merupakan suatu kesedihan yang terpendam sampai sekarang. Apalagi yang kuingat adalah Rapor yang belom diambil. Jam setengah 6 sore pun aku berangkat ke bandara, padahal, 1 jam sebelumnya terjadi kehebohan, maklum baru beres-beres. Pada saat itu, boarding delayed 10 menit. Pesawat yang akan kunaiki adalah pesawat Lion Air JT 563. Saat kulihat dari jendela Bandara Adisucipto yang meghadap ke pesawat itu terlihat Lion Air yang akan kunaiki, aku sudah mulai curiga, apakah landing akan tidak mulus? Karena saat kulihat pesawat itu selalu mengerem dengan sangat kencang.
    Memang benar, landing tidak mulus. Aku sampai terbangunkan oleh suara dan guncangan pesawatnya. Apalagi, terakhirnya, pilot mengucapkan sesuatu menggunakan bahasa spanyol. Sesampai di rumah sudah jam 12, jadi aku langsung tidur. Dan menjalankan aktivitas seperti biasa. Yaa, begitulah liburanku pada tahun 2013.

  3. HIDUP ITU INDAH

    Hidup itu indah. Sangat indah. Percayalah.

    Siapakah di antara kita yang tak pernah dirundung kecewa, diperihi luka, dilumat kegagalan, dihancurkan pengkhianatan, diluluhlantakkan fitnah, digerogoti permusuhan, direjam kesalahfahaman, dihinakan pengabaian, dan ditinggalkan? Adakah satu orang saja di antara kita ¬¬¬yang tak pernah disesakkan tangisan, disandera penyakit, diracuni stress, dan terhenyak dalam kesepian? Apakah ada manusia yang isi hidupnya cuma kisah panjang penderitaan yang dibalut kesedihan tak terperi? Semua kita, tanpa terkecuali pastilah pernah merasakan indahnya senyuman, dan manisnya gelak tawa. Pernah nikmati gurihnya kebahagian.

    Itulah hidup manusia. Hidup manusia sungguh kaya warna, dicoraki oleh banyak asesori emosi. Tak pernah lurus lempang, banyak kelokan, tanjakan dan turunan, jalan berbatu, berlumpur dan berduri. Apakah bisa kita hindari? Taqdir manusia adalah hidup dalam keberagaman nuansa, yang disesakpadati oleh anugerah, berkah, bencana, dan petaka silih berganti, tak kenal henti. Justru di situlah indahnya.

    Tidak sedikit di antara kita yang pernah merasakan sakitnya dimusuhi, disakiti, dan dicampakkan oleh orang lain. Kadang dengan alasan yang tak begitu jelas. Beberapa waktu kemudian, orang lain itu datang pada kita mohon pertolongan, seakan-akan tidak pernah terjadi apa-apa. Peristiwa kayak gini yang membuat hidup itu indah. Akan bertambah indah, bila dengan ikhlas orang tersebut kita tolong. Itu namanya air tuba dibalas cocacola.

    Seorang karibku, tukang bajaj di Rawamangun bercerita. Suatu kali, pada pagi buta, baru saja berangkat, ia sudah dapat penumpang. Saat penumpang itu turun di tujuan, sudah menunggu penumpang lain yang mau naik. Ia alami ini berkali-kali. Ia sungguh sangat gembira. Di pangkalan tempat biasa nongkrong, ia memesan nasi uduk dengan ayam goreng, telur dadar dan tempe goreng, masih ditambah lagi sambalado telur. Selesai makan ia ngeledek teman-taman sesama tukang bajaj. Ia tempelkan uang kertas di keningnya sambil berjoget-joget. Ia fikir, hari ini akan mendapat penghasilan berlebih. Sebab di pagi buta saja, ketika teman-temannya belum mendapat penumpang atau baru dapat satu penumpang, dia sudah dapat lebih banyak. Setelah makan ia duduk sambil kipas-kipas di bajajnya. Satu persatu teman-temannya pergi membawa penumpang, ada yang sudah balik lagi, tetapi dia belum juga dapat penumpang lagi. Saat ada penumpang yang sudah naik, mesin bajajnya tidak bisa hidup. Terpaksa penumpang itu pindah bajaj, ternyata hari itu ia sama sekali tidak mendapat penumpang lagi sampai malam. Penghasilannya pagi tadi bahkan tidak cukup untuk setoran. Ia sedih betul. Semalaman ia tidak bisa tidur memikirkan kejadian sepanjang siang tadi. Menjelang dini hari, ia mulai bisa tersenyum. Ia merasa mendapat pelajaran yang sangat bermakna atas kejadian tadi siang. Ia merasa betapa indahnya hidup.

    Pada kali lain si abang bajaj ini sempet kesal. Nongkrong di pangkalan bajaj dan berkeliling, sampai sore ia baru mendapat dua penampang, jaraknya deket lagi. Ia mulai marah dan berfikir negatif, berburuk sangka pada nasib dikenantian. Namun ia ingat pengalaman mendapat banyak penumpang pada pagi hari dan tidak mendapat apapun sampai malam. Ia bersyukur atas apa yang telah didapatnya hari ini dan mulai berfikir dan membangun harapan positif. Bukankah masih ada waktu untuk terus berusaha? Selepas senja, ia terus menerus dapat penumpang, sampai-sampai tak sempat berhenti lama. Ia pulang pada jam seperti biasanya. Sungguh, penghasilannya sangat besar, melebihi hari-hari sebelumnya. Ia merasa hidup itu memang indah.

    Bila sedang kurang beruntung atau tengah mendapat musibah, janganlah pernah berfikir bahwa kita adalah orang yang paling sial, bahwa kita sedang dihajar habis-habisan oleh nasib. Sepertinya kiamat sudah dekat dan akan beginilah terus hidup kita. Sebelum terkenal, hebat dan kaya raya, siapa itu Elvis Presley, Madonna, Lady Gaga, Sule, Azis Gagap, dan Bopak? Apakah mereka akan terus berada di puncak ketenaran?

    Sebaliknya, jika sedang beruntung, memiliki jabatan dan rezeki yang bagus, janganlah pernah merasa bahwa akan beginilah terus hidup berlangsung. Akibatnya jadi kurang hati-hati dan suka seenaknya. Ingatlah, Sukarno, Suharto, Anwar Sadat, Hosni Mubarak, Saddam Husein, Moamar Khadafi tidak pernah menyangka akan berakhir dengan tragis setelah lama menjadi penguasa dan memiliki segalanya. Inilah hidup manusia.

    Orang-orang tua bilang, hidup itu bagai roda. Kadang di atas, kadang di bawah. Bisa jadi, sekarang hidup lebih mirip cuaca ekstrim. Tidak terduga dan sangat cepat berubah. Tak ada lagi kepastian. Karena itu yang penting adalah tetap yakin hidup itu indah, bila disyukuri dan dinikmati, dimaknai dengan kerja dan karya yang positif dan baik.

    Ibn Taimiyah ulama Mesir yang berani dan konsisten, oleh penguasa dijebloskan ke penjara karena keberaniannya tetap pada kebenaran dan melawan penguasa. Buku-buku terbaik yang ditulisnya justru lahir di penjara. Hal yang sama dialami Sukarno, Buya HAMKA, Pramoedya Ananta Toer, Tan Malaka, Antonio Gramsci dan banyak pemikir besar lainnya. Sementara itu H.A.R Tilaar bahkan menjadi lebih produktif dan menulis karya-karya monumental setelah beberapa kali dibekap stroke. Ya, betapa hidup itu indah.

    APAPUN BISA TERJADI, TETAPI HIDUP ITU TETAP INDAH BILA DISYUKURI DAN DINIKMATI.

  4. M. Daffa Ihsan, 8E

    Liburan Semester Satu

    Haisemuanya.Gimanaliburannya, serutidak.Sayaakanberceritatentangliburansaya.Liburandimulaipadatanggal 20 Desember 2013. Padasaatitujugakitasekeluargalangsungmembahastentanghal yang akandilakukansaatliburan. Keluargasayamerencanakanpergike Bali padatanggal 26 Desember 2013. Untungsajamasihadatempatuntukmenginap di Bali danpesawatberangkatke Bali walaupunpesawatsayaberangkat jam 22.05. Sesampaidisanapukul jam 02.00 WITA. Masihsangatgelapdisana, tetapisudahadaaktifitasbeberapawarga yang sayalihat di pinggirjalan.Hotel kami bernamaNovotel Bali.Kita beristirahatketikasudah di kamarmasing-masing.Sayasekamarbersamakakaksaya.Ketikasayamautidur, kakaksayamalahmembukatassayadanmengambilplaystation 3 danmenghubungkanketelevisi di kamarsaya. Ituadalahhalgila yang dialakukankarenasaatitusudah jam 03.25 WITA, danbenarsajapadasaatpagiharisayadankakaksayamengantuk.
    Di pagihari kami semuamenyantapmakanpagi di hotel.Saudarasayabersemangatuntukberenangtetapisayatidak.Olehkarenaitusayahanyaduduk di pinggirkolamberenang.Yang unikdari hotel ituadalah, jarakdarikolamberenangkepantaisangatdekat.Sayatidaktahunamapantaiitu, yang sudahpastiitubukanPantaiKuta. WalaupunbukanPantaiKuta, tetapsajaramaidikunjungiolehwisatawanbaikwisatawanasingmaupunlokal.Sayatertarikdanberjalanmenujupantaiitu.Setelahsampaidisana, sayamelihatsekitardanbanyakpedagang yang menawarkanjasamengikatrambutseperti Bob Marley. Ada jugatempatpenyewaan speed boat, banana boat dan yang lainnya. Tiba-tibasayamendengarsuaratangisan, ternyataitusuaratangisansaudarasaya.Diamenangiskarenamencarisaya.Diahanyaingindifotosaatberenang. Huh gara-garadiasekolamberenangmemperhatikansaya, kejadianituhanyamembuatmalu.
    Setelahselesaiberenangsaudarasayamandi.Diamadisangat lama karenaadabath tub.Setengah jam kemudiandiabarukeluar, untungsajasaya yang duluanmandisaatpagihari. Sore harinya kami pergikeacaraibusaya.Padasaatitusayabarutahubahwaitumerupakanacaraibusaya.Disanasayamakanbanyaksekalikarenamakanandisanasangatenakdansepertinyamahal. Jadisaatmendapatkanmakananmahal yang gratis, sayalangsungmakanbanyak.Disanadisajikanminumansepertisirup, setelahsayamencobanyarasanyapahitsekali.Olehkarenaitusayamembuangminumanituketanaman yang adadisana.Acaraitusangat lama hingga jam 11.00 WITA. Saudarasayasudahtertidursaat jam 08.00 WITA. Huh diahanyamembuat repot saja, sudahberatbadannyamanja pula. Sesamapi di hotel sayabermainplaystation3 dengan game yang banyakseperti Prototype 2, WWE 2K 14, Call of Duty Black Ops 2, danbayaklagi. Dan sepertibiasa, sayadankakaksayatidurpadamalam yang larut.Pagiharisayamengajakkakaksayapergikepantaitetapi orang tuasayapergiketempatbelanjabersamasaudarasaya.Banyakjajanan yang sangatenakdanternyatapantaiitusangatbesardanmenghubungkandengan hotel-hotel yang lain. Sayainginmencobamenaikiparaceling, sayamelihatantreandanternyatasangatpanjang.Akhirnyasayakembalike hotel dankembalibermainplaystation 3.Ibusayamenelponsayadanmengatakanbahwadiaakanmengajaksayadankakaksayamakandiluar.
    Dalamperjalananbanyakturisasing yang adadisana.Sayaberpikirbahwasebenarnya Indonesia memilikikawasanwisata yang banyakdantersebardimanamana.Daripadamungkin Malaysia atauSingapur.Jikaberada di sanahanyatempatitu-itusaja yang kitalihatataukitakunjungi. Tetapibanyak orang yang menganggapitulebihbagusketimbangdari di Indonesia.Sesampai di tempatmakanternyataitutempatmakan sea food.Banyaktemanibusaya yang berada di sana. Mungkinsajainisudah di jadwalkan.Makanan di sanajugasangatenak ,sungguhinimerupakanwisatakuliner di Bali. Setelahmakansayadiantarpulangkle hotel dan orang tuasayapergimencarioleh-olehmungkin.Karenamakanterlalubanyaksayatertidur.
    Sore harinyasayamandidanbersiapsiappergimakanlagi.Entahdimana kali inikitaakanmakan. Ternyatakitamakan di restoranmakanansunda.Rasanyasangatberbeda, rasanyasangatnikmat.Pokoknyawalaadeh. Di sanajugaada ice cream yang sangatenakdantentunya ,manis. Kami pulangke hotel.
    Padamalamtahunbaru, banyakbunyipetasan di mana-mana.Itumembuatsayasusahuntuktidur. Saat kulihat di jendela banyak petasan yang mewarnai langit. Saya berpikir jika semakin malam pasti akan semakin berisik, jadi saya mencoba untuk tidur agar tidak terganggu pada saat malam harinya. Ternyata hanya sia-sia. Entah kenapa tiba-tiba saya mengantuk dengan sendirinya dan akhirnya tidur.
    Saya bersiap membereskan koper karena jam 11.00 WITA saya sudah harus check-out dari hotel. Ternyata oleh-oleh sudah siap dan kita menuju bandara. Sebelum itu saya juga mengunjungi saudara yang ada di Bali. Mumpung bisa mengunjungi Bali. Setelah sampai di Bandara, kita langsung check-in ke pesawat. Selagi menunggu pesawat datang, kami menunggu di lounge di suatu perusahaan bank. Setelah mendengar panggilan pesawat saya, saya dan sekeluarga langsung menuju pesawat.
    Setelah perjalanan yang lama, akhirnya saya sampai pukul 02.00 WIB di Jakarta. Untung saja supir saya sudah datang di bandara dan membuat kita tidak menunggu lama di bandara. Sesampai di rumah saya langsung menuju kamar dan langsung tertidur. Saya tidak menyangka perjalanan saya membuat saya langsung mengantuk. Saya heran karena pilot dan awak pesawat yang lain tidak pernah lelah dalam perjalanan melayani penumpang.
    Untung saja ke esokan harinya masih libur, sehingga saya masih punya waktu untuk istirahat. Namun hari itu sangatlah susah. Banyak permasalahan yang datang kepada saya. Saya merasa semua menyalahkan apa yang saya lakukan, dan puncaknya adalah saat nenek saya jatuh. Semua orang terkejut atas kejadian itu. Semua menyalahkan saya karena saya tidak ada saat kejadian itu. Saya sedang berada di ruang keluarga dan sedang membereskan mainan yang diberantakan oleh saudara saya. Dia hanya tertawa melihat saya disalahkan oleh semua orang. Saya tidak tahu salah saya dimana karena banyak orang disana, sementara saudara saya hanya sedang bersantai dan tidak melakukan apa-apa. Padahal dia sedang berada lebih dekat dari nenek saya.
    Setelah kejadian itu saya hanya mengurung diri di dalam kamar. Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan. Semua orang di rumah saya juga tidak peduli dengan saya pada saat itu. Saya akhirnya keluar karena ibu dan ayah saya memanggil saya. Saya berpikir bahwa mereka hanya akan memarahi saya. Ternyata berbeda dari pemikiran saya, mereka hanya ingin saya agar tidak mengurung diri di dalam kamar. Mereka tidak ingin saya terlalu sedih atas kejadian itu. Pada saat itu juga nenek saya dibawa ke rumah sakit. Setelah ada hasil ct-scan ternyata terlihat ada patah tulang didaerah pinggul.
    Dari kejadian itu saya mendapatkan pengalaman yang sangat berarti. Para manula atau kakek nenek lu sudah tua. Mereka tidak sekuat saat masih muda dahulu dan butuh perhatian lebih. Apalagi jiga kedua orang tua lu sudah tua dan anda tidak merawatnya, pasti mereka sangat sedih.
    Akhirnya tak terasa sudah akan masuk. Saya menyiapkan barang yang akan saya bawa ke sekolah. Itulah akhir dari cerita saya. Semoga memberi manfaat.

  5. Halo,Para Pembaca! Saya akan menceritakan liburan semester satu saya yang menyenangkan.Liburan semester satu kali ini selama 2 minggu,pada tanggal 21 Desember 2013 sampai 5 Januari 2014 .Saya dan keluarga pada awal pecan pertama liburan,berkunjung ke Rumah saudara di daerah Bintaro.Disana kami sekeluarga menginap 2 hari 1 malam.Selain,menginap kami juga mengunjungi beberapa tempat hiburan disana untuk menyegarkan mata dan pikiran.Pada hari kedua,kami berkumpul bersama untuk membahas segala hal.Rasa rindu karena tidak berjumpa lama, terbayar sudah dengan 2 hari yang penuh kebahagiaan.
    Pada libur hari natal,tepatnya tanggal 24 – 26 Desember kami sekeluarga pergi liburan ke kota Kembang ,Bandunggg!!Lama tidak mengunjungi kota lautan api ini,membuat rindu akan ke-karismatikkan kota yang menawan.Saat sampai disana,saya sangat senang.Pikiran dan mata ini seperti terbang melayang jauh dari kehidupan nyata.Rasanya saat enjoy sekali!
    Di Bandung kami memilih untuk menginap di daerah Cihampelas tepatnya, di hotel Sensa,,CiWalk,Bandung.O’ya,selain liburan kami juga bertujuan untuk berbelanja disini makanya,kami menginap di hotel yang berdaerah di pusat perbelanjaan hihihi….. Di hotel saya dan adik – adik menghabiskan waktu dengan berenang.Kolam renang dengan pemandangan langsung ke kota yang berada di lantai 3 hotel,menambah kesujakan udara pada sore hari itu.Malam harinya,tepat waktunya Christmast Eve,hotel memberikan fasilitas dinner untuk special malam itu.Jadi,kami sekeluarga dinner di restaurant dengan pemandangan malam hari kota Bandung.Keesokan harinya kami berjalan-jalan di Cihampelas Walk.CiWalk dengan desaign Mall yanh unik membuat kami sekeluarga takjub.Disana kami melihat barang-barang yang unik-unik pula.
    Setelah dari Cihampelas, kami lanjut perjalanan menuju Lembang,Bandung.Perjalanan menuju Lembang tidak terlalu lancar karena kemacetan kota.Dua jam di perjalanan membuat bosan dan kesal.Mama saya telah memilih tempat untuk kami menginap disana jadi,rasa khawatir takut tak kebagian kamar hotel pun menjadi pudar.Saat sampai di Jadul Village yaitu hotel tempat kami menginap saya merasa senang.Karena bangunan hotel yang unik,bukan sebuah bangunan gedung tetapi,bangunan rumah-rumah jaman dahulu(jadul).Pertama sampai diasana aku sedikit takut karena kamar hotel yang kami tempati agak serem,mungkin karena modelnya yang jadul.Tetapi bukan jadul seutuhnya melainkan,jadul modern.Kamar mandi yang bermodel out door dengan private pool nya menambah kesyahduan dan ketenangan.Di dalam kamar mandi yang besar itu,selain terdapat private pool,juga terdapat tempat untuk spa.fasilitas yang lengkap dari hotel menambah kepuasaan kami.Pada pagi esok harinya,kami sekeluarga berolahraga badminton di halaman hotel yang besar.Tempatnya sejuk dan udaranya bersih menjadikan waktu dan tempat yang tepat untuk berolahraga.Pada siang harinya,kami check out dari hotel.
    Sebelum pulang ke Jakarta,kami menghampiri berbagai Factory Outlet di daerah dago,Bandung.Tujuan kami kesana bukan lain bukan alasan lagi adalah “Shopping”.Yap! Shopping adalah tujuan kami selain refreshing.Setelah berbelanja kami pulang ke Jakarta.
    Pada pekan kedua liburan tepatnya,tanggal 30 Desember – 2 Januari kami sekeluarga pergi ke Garut.Kami akan menginap disana selama 3 hari 2 malam.Dan sekaligus menghabiskan malam tahun baru di Garut.Sebelum,sampai di hotel kami menghampiri Rumah Makan yang paling terkenal disana yaitu RM. ‘Nasi Liwet Pa Asep Stoberi’.kemudian,kami mengunjungi outlet oleh-oleh khas garut yaitu ‘Chocodot’.Sehabis sholat dan makan serta berbalanja sedikit cemilan kami langsung bergegas menuju hotel.Kali ini kami akan menginap di Hotel Kampung Sumber Alam.Sampai disana saya begitu senang dengan bentuk hotelnya yang unik,alami,dan syahdu.Hotel dengan kolam-kolam ikan di sekitaran serta bunga teratai dan ilalang yang berada di depan kamar hotel menambah kesyahduannya.Kamar hotel kami tepat berada di atas rawa buatan yang menjadi pemandangan di hotel tersebut.Selain,rawa disan juga tersedia kolam pancing ikan.Dikarenakan menjelang tahun baru jadi,kami sekeluarga mendapat voucher paket tahun baru.
    Di depan kamar hotel kami bisa mancing ikan langsung di balkonnya.Setelah di pancing ikannya dan bisa langsung di bakar.Ikan bakar yang lezat dan makan di tengah kesejukan dan kesyahduan alam membuat semakin tenang.jauh dari hiruk-pikuk kota Jakarta.Yap,itu tujuan kami berlibur disini.Setelah itu,kami jalan-jalan menglilingi hotel di sore hari dan mengabadikan moment-moment indah.O’iya,bentuk hotel disini adalah sebuah villa-villa.Hari pun semakin malam dan udara pun semakin dingin, kesyahduan dan kesejukan alam membuat hati tenang.Dengan suara lantunan ayat Al-Qur’an dari mama yang sedang tilawah pada saat itu menambah ketenangannnya.
    Keesokan harinya ,di pagi hari embun dan udara yang dingin dan sejuk mebangunkan saya untuk menikmati alam indah ini.Saya langsung bergegas untuk sholat dan setelah itu jalan-jalan mengelilingi hotel.Pemandangannya yang tidak membuat bosan mebuat nyaman disana.Setelah itu, kami sarapan di restaurant.Lalu,kami berenang di kolam rendam hangat yang di sediakan oleh hotel.Air panas yang langsung dari gunung Guntur membuat badan terasa segar.Setelah itu,kami pergi jalan-jalan dengan menggunakan andong mengelilingi kota garut.Rencananya kami akan mencari makan.Pilihan kami adalah bakso tetpi,karena kami menaikki andong jadi tidak memungkinkan itu mencari makanan yang berjarak jauh dari hotel.kami pun kembali ke hotel dan meilih untuk menggunakan mobil.Setelah itu, kami pergi ke Resto yang terkenal juga di garut yaitu ‘Domba dan Sapi Bakar’.Makanannya enak dan lezat disana.saya memesan domba bakar.Dagingnya ynag lembut dan bumbu yang begitu lezat membuat nafus ini tak bisa tertahan lagi.Habislah domba bakar itu saya santap.
    Pada sore harinya,saya menunggu saudara yang ingin datang ikut liburan bersama kami.Mereka adalah Sepupu dan bu’de serta pak’de saya dari Jakarta.Mereka akan menghabiskan malam tahun baru bersama saya dan keluarga.Senanga rasanya berkumpul bersama.Rasa rindu karena lama tidak berjumpa terbayar saar mereka dating menjelang maghrib.Mereka menginap di kamar hotel sebelah kamar kamiyang memang sudah kami pesan sejak lama.Mereka juga merasa takjub dengan pemandangan hotel.Mereka punlangsung bergegas untuk mengabadikan berbagai pemandangan alam.Malam pun mulai dating,suara kicauan burung mulai terdengar lagi.yap,seperti yang saya tebak mereka juga senang dengan alam yang syahdu ini.Malam harinya,kami dinner untuk tahun baru.Setelah itu,kami tidur untuk menunggu jam 12 malam.Suara kembang api yang selalu terdengar mebuat tidur tidak nyenyak.Pukul 12 dini hari,petasan semakin banyak dan menggelegar.Saya yang melihatnya dari kejauhan pun merasa senang dengan warna-warni di langit.Tahun baru 2014 telah dating,hari baru lembaran baru pun dibuka.O’iya kawan,’Selamat Tahun Baru 2014 yaa!!’
    Keesokan harinya,di hari dan tahun yang baru kami mengahabiskan setengah hari di dalam hotel.Ada yang berenang,foto-foto,dan lain-lain.Siang harinya pun kami check out dari hotel menuju Bandung.
    Dari Garut menuju Bandung kami dan keluarga menikmati perjalanan yang panjang ,lelah,dan membosankan.Tapi,sesampainya di Bandung tepatnya di Sensa hotel ,CiWalk lelah kami pun hilang.Yeayyy!!kami menginap disini lagi.Kami memang sangat suka menginap disini karena letak hotel yang strategis.Kali ini,saya kesini bersama sepupu-sepupu,jadi bisa main-main dan berenang sepuasnya.Malam harinya,kami mencari tempat kuliner untuk santap malam.Tapi,karena banyaknya orang yang berlibur di CiWalk kami sulit mendapat tempat kuliner.Pada saat itu,memang CiWalk sedang ramai karena bertepatan dengan libur tahun baru.Keesokan harinya,sebelum check out dan kembali ke Jakarta kami terlebih dahulu menghampiri factory-factory outlet yang ada di daerah Cihampelas.Dan siang harinya kami pulang ke Jakarta.Liburan yang sangat menyenangkan dan mengesankan sekali!!!!

    Sekian ~

    Adzra Syifa Shobrina / 8E

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.