Posted on: November 3, 2013 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 1

Menjadi Guru yang Menginspirasi

Semoga di saat anda membaca tulisan ini, anda sudah menjadi guru yang menginspirasi. Guru yang memang memiliki dedikasi tinggi untuk berprestasi, bertanggung jawab, dan melayani peserta didiknya dengan keikhlasan hati. Guru seperti ini adalah guru yang menginspirasi.

omjay di kampus unj
omjay di kampus unj

Saya belum sampai kepada tahap seperti di atas. Saya masih menjadi guru yang bekerja untuk diri sendiri. Jadi malu saya mengungkapkannya, tapi itulah realitasnya. Saya menjadi guru yang belum menginspirasi. Masih banyak yang harus saya benahi dalam diri ini.

Menjadi guru yang menginspirasi memang perlu perjuangan tersendiri. Namun hal yang pasti, guru itu sudah memenangkan pertempuran melawan dirinya sendiri untuk menjadi orang biasa yang luar biasa. Dia mampu melakukan praktik langsung untuk memberikan keteladanan dan bukan hanya sebatas teori saja. Indikatornya sederhana saja. Peserta didiknya akan menjadi orang yang hebat dan menerapkan apa yang diajarkannya.

Guru yang menginspirasi akan mampu menciptakan kelas inspiratif dan melahirkan peserta didik yang tidak biasa. Oleh karena itu, cara mengajarnya harus berbeda. Guru harus banyak membaca buku dan mempraktikkan apa yang dibacanya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya. Hal yang terpenting, guru harus memperbaiki cara mengajarnya menjadi lebih baik setiap waktu. Semakain lama mengajar, harus semakin baik.

Menjadi guru yang menginspirasi memang tidak mudah. Tapi anda bisa mencapainya bila anda mau belajar dan terus belajar sepanjang hayat. Jangan biarkan diri anda menjadi guru bermental pengeluh dan buatlah pembelajaran yang mengundang di kelas anda yang inspiratif.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

1 people reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.