Posted on: July 6, 2013 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Indahnya Berbagi bersama Guru-Guru Hebat

Sabtu-Minggu, 6-7 Juli 2013 saya bertemu dengan guru-guru hebat. Kehebatan mereka terasakan ketika saya membaca  tulisan mereka yang dikirimkan melalui email. Wow, keren sekali tulisannya! Saya sampai tak beranjak dari tempat duduk. Sampai-sampai makan siang pun terlupakan.

IMG_1014

Kegiatan Teacher Writing Camp 2 (TWC2) yang diadakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) mempertemukan kami. Di Wisma UNJ Kampus A Rawamangun kami saling berbagi ilmu pengetahuan, dan pengalaman menulis dan ngeblog. Saya pun bertemu dengan para nara sumber yang hebat di kegiatan TWC2 hari itu.

IMG_1011

Acara TWC2 dibuka oleh pak Hotben Situmorang, salah seorang pengurus IGI pusat bidang SDM dan Litbang. Setelah itu dilanjutkan dengan presentasi dari ibu Meis Musida dari Xl-Axiata. Bagus sekali presentasinya dan saya merasa termotivasi untuk terus menulis dan ngeblog. Satu hal yang saya ingat dari pesan bu Meis adalah Your Blog is your passion. Alumni IKIP Bandung ini begitu menyenangi travelling. Blognya semakin terus diupdate dengan adanya fasilitas mobile blogging. Beliau memberi judul presentasinya, “Tulisan adalah harta warisan”.

IMG_0514

Di sesi kedua, mbak Dita dari Acer menjelaskan panjang lebar tentang program guru era baru (guraru). Setiap tahun Acer Indonesia akan memilih guru yang dianggap menginspirasi guru lainnya dalam berbagi pengalaman dan pengetahuan melalui blog pribadinya.  Acer Indonesia berinisiatif untuk meningkatkan literasi teknologi informasi di kalangan guru Indonesia. Acer juga mengadakan berbagai kegiatan Seminar, Pelatihan, Acer Guraru Award, Komunitas online di blog http://guraru.orgProgram pemilikan notebook dengan penawaran khusus dan sistem pembayaran berkala termasuk: Sistem operasi, Fungsi aplikasi dasar perkantoran, Edukonten, Buku sekolah elektronik, Paket data, dan Sertifikasi.

Program ini dimulai pada tahun 2011, Guraru hadir di komunitas digital dan social media meliputi blog, Twitter dan Facebook. Mengapa digital? Karena digital satu-satunya platform yang memungkinkan para guru untuk berbagi dan berinteraksi dari manapun dan kapanpun melalui dunia maya.

Acara TWC 2 lebih terasa cetar membahana ketika para guru berprestasi tampil. Pak Dahli Ahmad dan Ibu Siti Mugi Rahayu berbagi pengalamannya menulis dan ngeblog. Saya bangga melihat kehebatan mereka. Tak salah bila banyak blogger menuliskannya tentang kiprah mereka.

Hal yang lebih menggetarkan hati ketika penulis buku Best Seller Guru Gokil, Murid Unyu menceritakan pengalamannya menulis buku dan menerbitkannya. Pak Sumardiyanto, bercerita panjang lebar tentang cara praktis menulis dan menerbitkan buku.

Di Akhir sesi, datanglah pemenang guraru tahun 2012. Pak Dedi Dwitagama langsung memberikan kami materi motivasi berprestasi. Rasanya semakin tersulut, dan membuat hati ini semakin yakin bila guru berprestasi, maka akan ada orang lain yang memperjalankannya. (bersambung)

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.