Resensi Buku: Saya Pengen Jadi Pilot

13207449841110350446

Membaca buku terbaru pakΒ  Chappy Hakim, membuat saya teringat kembali cita-cita saya untuk menjadi seorang pilot. Saya pengen jadi pilot adalah cita-cita saya yang terpaksa saya kubur dalam-dalam ketika menyadari bahwa diri ini tidak tinggi, dan berkacamata pula. Namun, melalui buku pak Chappy Hakim yang berjudul saya pengen jadi pilot, rasa kecewa itu terobati. Setidaknya saya menjadi tahu bahwa menjadi pilot itu tidak mudah, tetapi juga tidak susah-susah amat. Asalkan berbadan sehat dan memenuhi persyaratan, menjadi seorang pilot bukanlah sesuatu yang sulit.

Memang harus diakui, butuh perjuangan keras agar mampu menerbangkan pesawat terbang. Tidak semua orang bisa melakukannya. Hanya orang pilihan, dan beruntung yang bisa menerbangkannya. Itulah sedikit kisah yang saya baca dari pengalaman nyata seorang Chappy Hakim. Kita akan banyak belajar dari pengalaman pak Chappy Hakim mewujudkan cita-citanya menjadi seorang pilot.

Saya tertawa cekikikan di malam hari ketika dalam halaman awal buku pak Chappy Hakim saya temukan gambar-gambar lucu yang mendukung kisah yang dituliskan. Betapa lucunya pak Chappy Hakim ketika kecil. Chappy kecil langsung beranjak pergi dari tempatnya, ketika terdengar ada pesawat terbang di angkasa. Chappy kecil langsung berteriak dan berlari, padahal dirinya saat itu sedang buang hajat dengan pispot yang masih menempel di pantatnya. Lucu sekali bila melihat gambar karikaturnya di halaman cover belakang buku.

Cita-cita beliau akhirnya terwujud. Setelah dewasa beliau mampu mewujudkan cita-citanya untuk menjadi seorang pilot. Namun untuk mencapai itu tidaklah mudah. Banyak cerita beliau kisahkan dalam buku ini. Saya sendiri sangat terkesan dengan kisah beliau ketika pertama kali melihat pesawat terbang, sampai beliau mengantar sendiri Jenderal (purn) M. Jusuf pulang kampung ke Makasar. Namun yang paling berkesan bagi saya adalah kisah tukang kerupuk di halamn 50.Β  Para penerjun dan penerbang dilatih mental kejujurannya melalui makan kerupuk itu. saya pun menjadi teringat dengan kantin kejujuran yang ada di sekolah kita.

Buku yang terdiri dari 6 bab ini, bercerita tentang pengalaman pak Chappy Hakim dalam mewujudkan cita-citanya menjadi seorang pilot. Dengan tebal 312 halaman, buku ini serasa menjadi obat perangsang bagi anak muda yang bercita-cita menjadi pilot. Apalagi buku ini langsung diedit dan dibaca Tascha Liudmila, M.Sc yang bertindak sebagai editor buku ini. Anak dan bapak bersatu mempercantik buku sehingga enak dibaca khalayak ramai. Sungguh sebuah kolaborasi dahsyat yang patut ditiru oleh para orang tua lainnya.

Membaca buku saya pengen jadi pilot karya pak Chappy Hakim membuat saya berpikir keras agar buku ini tersampaikan pesannya kepada para peserta didik saya. Setidaknya, buku ini telah menginspirasi saya untukΒ  memotivasi peserta didik agar mampu mewujudkan cita-citanya untuk menjadi seorang pilot.

 

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

 

 

 

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

297 thoughts on “Resensi Buku: Saya Pengen Jadi Pilot

  1. buku itu sangat menginspiarasi bagi kita-kita yang ingin menjadi pilot. buku ini menceritakan perjuangannya ya. memang butuh usaha kerasa untuk mencapai usaha kita om. saya rasa buku ini wajib dibaca, agar kita bisa berbagi pengalaman dan pelajarannya

  2. M.Iqbal Ramadhan 7b

    wah!!ayik dong kalau jadi pilot kita bisa terbang kemana saja yang kita mau!! sepertinya sy juga ingin jadi pilot… haha..
    yang paling keren pas mau nerbangin pesawat!! karena butuh konsentrasi yang penuh.. dan jangan sampai ada yang keliru..haha.. asyiknya kalau jadi pilot !! πŸ˜› πŸ™‚ πŸ™‚

  3. Nadhira Pratiwi Destyana 7b Absen 32

    Keliatannya lucu. Apalagi yang dia lari-lari gara-gara ada pesawat padahal lagi buang hajat dengan pispot masih menempel di pantatnya (HAHAHA) Hmm iya kayaknya nerbangin pesawat itu susah ya. hehe

  4. Amira Tsania Zahra

    Saya berfikir jadi pilot itu mudah. Tetapi sebenarnya sangat sulit. Sepertinya kalau kita berusaha kita akan meraih cita-cita kita, seperti Pak Chappy Hakim. Amiin…

  5. Mohammad Reihansyah 7B 26

    Bapak ternyata mau menjadi pilot ya.. Walaupun impian bapak belum tercapai bapak jangan putus asa.Memang butuh perjuangan keras agar mampu menerbangkan pesawat terbang. Tidak semua orang bisa melakukannya. Hanya orang pilihan, dan beruntung yang bisa menerbangkannya.

  6. saya setuju dengan buku yang bapak baca itu, buku ini dapat memotivasi anak anak muda agar tidak gampang menyerah dalam meraih cita-citanya seperti menjadi pilot atau menjadi yang lainnya,. semua itu susah untuk dilakukan, butuh perjuangan yang keras dan keinginan yang tinggi agar dapat sukses dikemudian hari.

  7. M. Fadhil Mufid 7B-28

    ternyata jadi pilot itu susah ya, kirain saya kadi pilot itu gampang, tinggal nerbangin pesawat doang. ini juga memotivasi saya untuk menjadi pilot karena dulu saya takut jadi pilot karena saya takut jatuh seperti Adam Air yang jatuh ke laut lalu hilang.

  8. alifa shavira 7B

    ceritanya hampir sama ketika saya kecil,memang sru mengejar-ngejar pesawat,dan saya juga suka memanggil-manggil taruna,saat kecil,berhubung rumah saya di lanud adi sutjipto tahun 2002.walaupun bapak tidak menjadi pilot,tetapi bapak adalah guru yang baik dan berprestasi,banyak menang lomba seperti yang dikatakan shofiya

  9. M. Ariel Pratama 7B Absen 27

    memeng benar jadi pilot itu sulit butuh latuhan rutin. karena ketika menerbangkan pesawat bukan hanya nyawanya yang jadi resiko tapi nyawa penumpangnya juga di tanggungnya, …saya juga ngeri.

  10. Novica Ghina Ranalia 7C (28)

    Bukunya sangat menginspirasi dan juga sangat lucu ya pak… artikel ini juga memberikan motivasi agar kita yang masih kecil tidak mudah berputus asa untuk mencapai cita-cita yang kita inginkan πŸ˜€

  11. Medina Azahara 7C/19

    menurut saya buku ini sangat bagus, dari penampilan saja sudah menarik apalagi isinya pasti sangat menarik dan memberi inspirasi bagi banyak orang

  12. adiva reyhan puteri

    memang menjadi pilot itu sudah , karena seorang pilot harus bertanggung jawab atas keselamatan penumpang dalam perjalanan di pesawat. sungguh tanggung jwb yang besar. selain itu, mengendarakan pesawat itu bukan lah hal yang mudah , karena jika salaah satu ada mesin pesawat yang mati,maka ada kemungkinan besar terjadi kecelakaan,oleh karena itu dr kecil saya tidak ingin jadi pilot.hehe

  13. muhamad ariq naufal

    kelihatannya buku ini bagus untuk para pilot sekarang dan untuk pilot masa depan.sepertinya isinya bagus, sama seperti covernya.berguna nih buat pilot-pilot.

  14. Zharfan Adib Ardhana 7c

    Wah !!! buku ini bagus sekali pak buku ini dapat meninspirasikan orang orang agar menjunjung tinggi ilmu ilmu tentang pilot dan dapat memotivasi oraang orang agar lebih bersemangat belajar untuk menggapai cita-cita.

  15. nadya sekar putri 27 kelas 7c

    hahahahaha lucu pak blognya… kakak saya juga pengen jadi pilot loh… tapi saya ga yakin kakak saya bisa jadi pilot.. hahaha kalo jadi pilot enak kali ya pak? keren gitu ngeliat tempat tempat kerennn.. kalo saya jadi penyanyi aja deh pak pilot kayaknya susah banget hehehehe keren deh pak

  16. Wah wah, saya nggak nyangka omjay cita-citanya ingin jadi pilot! Saya jadi tertarik baca buku tersebut karena saya penasaran terhadap penulisnya sewaktu kecil melihat pesawat lalu berteriak dan berlari tanpa menyadari pispot yang masih nempel di pantatnya. Wuahh pasti lucu banget πŸ˜€

  17. farah augusta pusparosa-7C-absen 10

    menurut saya,menjadi sebuah pilot tidak harus tinggi,dan gagah.Asalkan badan kita sehat dan dapat menyetirkan pesawat saja.sudah mernjad syarat untuk menjadi pilot:D

  18. sabilla tri s.-7C-33

    buku ini dapat menjadi memotifasi anak-anak agar tdk putus asa
    dalam menggapai cita-cita.butuh perjuangan yang keras dan keinginan yang tinggi agar dapat sukses dikemudian hari. πŸ˜€

  19. Mohammad Rayhan Arida 7C (20)

    Wah, bagus nih pak bukunya tentang penulisnya (Chappy Hakim)
    yang bercita-cita ingin menjadi Pilot. Bukuny menarik. Dimana belinya, pak?

  20. Muhammad Rasydan Ali Nur Angdhita

    Menurut saya, buku ini dapat menjadi motivasi bagi anak-anak yang ingin menjadi pilot. Tetapi impian saya ini sudah kandas.. karena saya sudah memakai kacamata. Bahkan saya mempunyai cacat mata yang parah yaitu Cyl : 4,0 dan Min : 0.75 mata kiri dan kanan..

    Kalau ingin jadi pilot tapi berkacamata, belilah pesawat sendiri

  21. SalsabelaLiani,7E,33.

    Sebuah buku yang dapat memotivikasi dan menginspirasi anak muda seperti kita. Dan, seperti yang telah dikatakan di atas, memang , pilot itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena, butuh kesabaran, kosentrasi yang tinggi untuk menerbangkan pesawat itu.

  22. Saya setuju dengan buku yang bapak baca itu, buku ini dapat memotivasi anak anak muda agar tidak gampang menyerah dalam meraih cita-citanya seperti menjadi pilot atau menjadi yang lainnya.kelihatannya buku ini bagus untuk para pilot sekarang dan untuk pilot masa depan.

  23. shafira andini 7e

    Saya setuju dengan buku yang bapak baca itu, buku ini dapat menginspirasikan orang yang bercita-cita menjadi pilot. Buku ini juga menjelaskan bagaimana jadi pilot.. ternyata tidak mmudah ya pak.. kita harus menjaga mata kita agar sehat supaya bisa jadi pilot πŸ˜€

  24. Arin Nuzullita Vashti 7E

    sepertinya buku itu sangat memotivasi ya pak, saya jadi ingin membelinya. Saya juga terkesan oleh pilot karena om saya sendiri adalah seorang pilot.

  25. ravi armanda/32 kelas 7E

    bapak ingin jadi pilot bagus tuh pak dan dapat membangun motivasi anak bangsa dan bapak jangan pantang menyera untuk jadi pilot . berusaha pak!

  26. Aulia Laily Nur Sabrina

    VII E/9

    Buku ini menginspirasikan orang orang yang mau jadi pilot. Dan ternyata untuk jadi pilot itu lumayan susah juga ya pak…

  27. manggar pangestu ramadhani absen 24 kelas 7 E

    wah, sepertinya bukunya bagus pak! saya jadi ingin membacanya,mungkin itu bisa menjadi inspirasi buat kita semua, karena pengalaman yang diceritakan, mulai dari susah sampai dia menjadi sukses.

  28. Hani Syahirah(15)-7E

    mengispirasikan sekali pak,baca cuplikannya saja sudah terasa terinspirasirasi apa lagi baca semua….Tapi memang lumayan susah sih pak kelihatannya dr awal masuk…Latihannya,apa lagi belajar menyetir pesawat,belum lagi kalau jadi pilot berarti menanggung nyawa banyak orang -_____- tapi kalo namanya cita-cita pasti dikorbanin πŸ˜€

  29. shabrina mega azhara- 7e-35

    baguss sekali pak buku yg bapak baca ini. Selain untuk memotivasi&menginspirasi bagi anak2 yang ingin bercita2 menjadi pilot. Selain itu buku ini juga memuat bagaimana cara untuk menjadi pilot, pokoknya semangat terus deehb omjay terus posting dan nge-blog! πŸ˜€

    salam buat,
    Omjay

  30. fitra khairani (14) 7E

    bukunya sangat memotivasi kita agar kita mencapai cita cita kita dan menginspirasi kita. untuk menjadi pilot itu perlu perjuangan, maupun cita cita yang lainnya. buku itu wajib dibaca untuk yang ingin menjadi pilot.

  31. Amanda Fitri N 7E

    bukunya menginspirasi pak. dan ternyata jadi pilot itu susah ya. saya pun baru tahu kalo ingin menjadi pilot tidak boleh pakai kacamata

  32. hanumwardahasyifa@yahoo.com

    ternyata Omjay awalnya bercita-cita sebagai pilot πŸ˜€ setelah saya membaca artikel ini, saya jadi tahu bahwa jadi pilot harus memiliki tubuh yang tinggi, sehat dan tidak memakai kacamata. Juga, jadi pilot harus menanggung nyawa-nyawa banyak orang. Wah, banyak sekali ya risiko jadi pilot

  33. buku ini bagus untuk karena menginspirasi dan memotivasi saya dalam bekerja keras untuk mencapai suatu hal. Kita harus berusaha terlebih dahulu untuk mencapai sesuatu, misalnya ingin menjadi pilot. Ternyata menjadi pilot itu susah ya , tidak seperti yang saya bayangkan.

  34. rizka dwi aulia 7a(35)

    saya sih takut jadi pilot tapi pak kayaknya bapak sudah menerbitkan buku lagi weiisss mantap. walau saya tidak ingin jadi pilot tapi refrensi ini bagus untuk dibaca karena ceritanya menarik karena gambar gambar karikatur yang kocak kocak.

  35. M.Raditya Hadiprawira 7B 30

    buku ini sangat bagus bagi yang ingin menjadi pilot, disana terdapat kisah seseorang yang ingin jadi pilot, jadi,yang ingin jadi pilot dapat mengetahui bahwa menjadi pilot tidaklah mudah.

  36. Irene Rahma Artanti 7b/23

    Menurut saya buku ini sangat bagus,menginspirasi dan memotivasi. Ternyata untuk mendapatkan sesuatu itu tidak mudah, termasuk untuk menjadi pilot.

  37. buku ini sepertinya sangat bagus untuk dibaca dan akan memotivasi generasi bangsa yang bercita-cita sebagai pilot seperti buku ini yang mengisahkan pengalaman Bapak Chappy Hakim. Walaupun Om Jay tidak tercapai cita-cita bapak sebagai pilot namun bapak dapat menjadi guru yang baik πŸ™‚

  38. namira khalda 7a-29

    buku ini sangat bagus untuk orang-orang yang ingin menjadi pilot ataupun yang ingin mencapai cita-citanya.
    sukses terus ya om jay =)!!!

  39. M. Akmal 7A absen 25

    Buku yang bagus dan dapat memotivasi seseoranguntuk meraih cita2 yg diinginkan walau pun itu pekerjaan yg sulit dan beresiko.menjadi pilot tidak lah mudah karena butuh latihan dan banyak syarat-syarat nya khususnya bagi kesehatan mata dan tubuh.

  40. Buku yang bapak baca sangat menginspirasi pak, memang menurut saya untuk menggapai cita-cita itu susah pak, tapi setelah membaca artikel ini, buku tersebut sangat memotivasi dan menginspirasi anak muda termasuk saya untuk menggapai cita-cita kita. pokoknya ga putus asa deh buat gapai cita2! πŸ˜€

  41. Bukunya bagus pak…sangat menginspiratif anak bangsa yang pingin jadi pilot…Jadi rupanya jadi pilot itu gk gampang.Bukunya juga lucu, dan menaerik jadi mudah dipahami dan dibaca serta tidak membosankan…Two thumbs up buat omjay sama Pak Chappy πŸ™‚ πŸ™‚

  42. buku ini sangat memotivasi orang lain! jadi pilot memang tidak gampang, tapi juga tidak susah2 banget sih… saya juga pengen jadi pilot nih πŸ™‚ bukunya menarik dan bagus menjadi bahan bacaan yang dapat menginspirasi anak muda skrg

  43. allam ubaidillah 7f absen 03

    “saya pengen jadi pilot” enggak sih pak saya maunya jadi pemain bola :D. tapi buku yang bapak tulis ini bagus. karena untuk menjadi seorang pilot harus berjuang karena menjadi pilot adalah pekerjaan yang susah di banding korupsi. buku ini karangan Pak Chappy apa buku karangan Omjay ?. sekali lagi buku ini bagus loh pak, jadi pengen liat bukunya kayak gimana.

  44. nicholas ramos 7F absen28

    Buku buatan Pak Chappy memang bagus tersimpanpesan moral didalamnya, mungkin omjay ingin menjadi pilot tetapi walau tidak sampai namun omjay harus bersyukur karna omjay menjadi guru TIK di labschool

  45. raisya aurellia-7f-30

    buku itu sangat mengispirasi sekali, memang pak, jadi pilot itu sangat sulit sekali tapi ini tidakl menghalangi untuk menggapai cita cita kita yang lainnya pak!

  46. Arif fauzi

    Bagus sekali mempunyai cita_cita yg dapat dicapai dan dengan adegan masih membuang hajat di pispot yg masih menempel, pokoknya bagus deeh

  47. sekar ayu adityaningrum/7F/32

    sama dong pak, saya juga pengen jadi pilot. buku ini bisa memotivasikan anak anak yang ingin jadi pilot pak. saya jadi pengen beli buku ini pak. terlihat sangat menarik

  48. Tasya Lailinissa D.-7F-36

    Bukunya berguna untuk orang-orang yang pengen menjadi pilot tetapi belum mengerti caranya menjadi pilot, seperti temanku yang ingin menjadi pilot, tetapi dia memakai kacamata. Mungkin setelah membaca buku ini dia akan mengerti dan tak akan kecewa.

  49. Safiya Nada Arina 7F/31

    Buku “Saya Pengen Jadi Pilot” sangat menginspirasi kita agar dapat menjadi pilot dan juga buku itu sangat bermanfaat dan sangat asik dibaca.

  50. Buku ini memang bagus pak, selain memotivasi anak – anak maupun orang dewasa yang ingin menjadi pilot, juga dapat memberi pengertian bahwa “jika ingin menjadi itu tidak mudah, tetapi juga tidak susah-susah amat” seperti kata OmJay. Lagipula jadi pilot lumayan seru sih, soalnya kalau jadi pilot Internasional bisa ke negara apa saja, walaupun cuma numpang mendarat disana, yang penting udah pernah ke negara itu heehehehe, tapi jadi pilot juga perlu konsentrasi tinggi, kalau menerbangkan pesawat tapi tidak konsentrasi penuh, bisa – bisa kehilangan kendali dan…. Tau lah apa yg terjadi :P……………………..

    OkOk

  51. Anindya Permata Putri Adhi - 7F - 7

    buku yang dibuat oleh capt. Chappy sangat memotivasi anak skrg agar lebih semangat menggapai cita2 bukan semudah membalikkan tangan. saya gak bercita2 jadi pilot tapi penasaran sama bukunya.

  52. Putri Adrienne Khairunnisa

    menurut saya buku ini sepertinya sangat bagus buat orang yang mempunyai cita-cita menjadi pilot dan juga menjadi motivasi buat semua orang

  53. averio alvarez

    dulu saya ingin menjadi pilot pak, cuma karena saya pikir mengendalikan pesawat itu tidak mudah, makanya saya tidak mau jadi pilot sekarang. kalau bapak wijaya sudah menjadi pilot, bapak ajarkan saya ya..

  54. sherina milenia 7F

    buku ini sangat menarik pak! memotivasi anak-anak muda sekarang. saya jadi pengen beli buku ini. kelihatannya isinya bagus dan menginspirasi πŸ˜€

  55. Farah Rahmadini 7F/14

    sepertinya buku ini sangat bagus ya pak! karena dapat menginspirasikan anak2 yg ingin menjadi pilot. Saya jadi tertarik untuk membeli bukunya pak. oiya saya tidak nyangka kalo omjay juga mau jadi pilot πŸ™‚

  56. Dimas Yudhistira Henuhili 13 (7F)

    Buku “saya pengen jadi pilot” sangat bagus pak. buku tersebut bisa membuat kita pantang menyerah dan terus berusaha untuk mencapai cita-cita

  57. Aisyah Khoirunnisa (7f 01)

    Menurut saya buku ini sangat memotivasikan kita, apalagi yang bercita-cita menjadi pilot. Jika cita-cita kita ingin terwujud, kita harus berusaha semaksimal mungkin.
    Saya ingin membeli buku ini dan membacanya, mudah-mudahan bisa memotivasikan saya!

  58. M. Rizky Siddiq 7F Abs 24

    Saya juga bercita -cita menjadi pilot omjay,tapi memang menjadi pilot itu tidak mudah. bukunya sepertinya sangat bagus untuk dijadikan motivasi. Agar kita pantang menyerah demi cita-cita yang kita raih.

  59. Mutia Annisa 7F/25

    Buku itu sangat memotivasi seorang anak untuk bisa lebih berusaha demi cita-citanya. Jadi yang sudah punya cita-cita, janganlah berhenti untuk meraih cita-cita tersebut. Karena, di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin.

  60. Khairunnisaa G-7f-18

    wah… sepertinya buku ini sangat menginspirasi kita kalau semua hal itu butuh perjuangan yang tidak mudah dan kita harus semangat! semoga buku ini juga menginspirasi banyak orang πŸ˜€

  61. julio dewo wicaksono (17) 7f

    sulu saya juga ingin jadi pilot tapi karena saya buta nwarna saya gak bisa jadi pilot,mungkin kalo baca buku ini bisa enakan,

  62. andi trudy shalima 7f/6

    menurut saya buku ini sangat menarik dan sangat menghibur. walaupun saya tidak ingin menjadi pilot… tapi buku ini sangat menginspirasikan.

  63. Amelinda Gusrianti (5) 7F

    berarti mencapai sebuah mimpi itu tidak gampang ya pak,perlu perjuangan keras hingga bisa mencapai inspirasi. sungguh membangkitkan semangat! πŸ™‚

  64. M.fadlan (7F-21)

    buku itu menurut saya sangat bagus untuk memotivasi kita untuk tetap berjuang dengan keras untuk mencapai cita cita kita.

  65. Diya Tabina Joebhaar 8c (7)

    menurut saya buku ini akan sangat menginspirasi anak muda yang membaca buku ini.buku ini juga mengajarkan kepada kita bahwa semua orang harus bekerja keras untuk mencapainya cita-citanya baik menjadi pilot atau profesi yang lainnya.

  66. waaaaaaaaa, saya kepengen banget beli buku itu. saya juga maunya jadi pilot. tapi selain itu, saya juga mepunyai cita- cita menjadi pramugara atau pengusaha penerbangan. sungguh saya harus membeli buku ini segera baik berapa pun harganya! semoga terpenuhi!

  67. R.A.Bianda Ayesha8C/25

    Pak menurut saya buku ini sangat menarik dan memotifasi saya untuk tetep berusaha menggapai cita-cita dan pantang menyerah.

  68. rizka amalia shafira-8c-30

    menurut saya buku ini sangat bagus untuk menginspirasi kita untuk tetap teguh menggapai cita-cita. menurut saya orang yang tidak bercita-cita menjadi pilot pun patut membaca buku ini untuk membangkitkan semangat.

  69. Buku itu sangat memotivasi seorang anak untuk bisa lebih berusaha demi cita-citanya dan buku itu juga memotivasi saya untuk mengejar cita-cita saya sepertinya buku itu bagus pak…. dan buku itu juga membuat saya tidak menyerah untuk mengejar cita-cita saya. terima kasih pak…..

  70. dengan post rekomendasi buku ini saya juga merasakan pentingnya menjadi orang yang selalu optimis untuk meraih cita-cita kita baik itu menjadi pilot ataupun menjadi apapun, walaupun saya belum membaca bukunya tapi dengan sinopsis singkat yang ditulis saya sudah bisa membayangkan akan bagaimana isi bukunya. nice post pak! ;D

  71. Savier Aldyan 8F 36

    Bukunya bagus pak, semoga saja buku ini bisa menginspirasi dan memotivasi orang agar tetap berusaha meraih cita – citanya

  72. Kezia Indahsavira

    Mendengar cerita dari bapak saya jadi tertarik untuk membacanya hehe. Buku ini juga bagus sebagai motivasi bagi anak anak πŸ˜€

  73. Devienna Raissa 8F/7

    Sepertinya buku itu sangat memotivasikan anakanak agar meraih cita-citanya. Selain menjadi sumber inspirasi, buku itu juga dapat menghibur kita karena pengalaman pak chappy yang lucu.

  74. djalu amudra 8f

    kita sama pak, saya juga pengin jadi pilot. bapa kan pingin jadi pilot mending mainnya di komputer aja nama game nya X-PLANE atau juga Flight Simulator, saya sih main dua duanya.

  75. Anwar Bari Ibrahim

    wah, sepertinya bukunya bagus pak! saya jadi ingin membacanya,mungkin itu bisa menjadi inspirasi buat kita semua, karena pengalaman yang diceritakan, mulai dari susah sampai dia menjadi sukses.

  76. Anwar Bari Ibrahim 8F

    wah, sepertinya bukunya bagus pak! saya jadi ingin membacanya,mungkin itu bisa menjadi inspirasi buat kita semua, karena pengalaman yang diceritakan, mulai dari susah sampai dia menjadi sukses.
    (maaf double posting)

  77. Nida Ghitha Aulia 8F 24

    Menurut saya buku ini sangat menarik sekali dan bagus sekali, apalagi untuk yang bercitacita sebagai pilot. Dan buku ini menginspirasi pembaca. Dan juga buku ini kita diberitahu bahwa untuk mencapai cita-cita dibutuhkannya kerjakeras juga

  78. Amira Aulia 8F-03

    Bagus banget Pak, semoga bukunya makin banyak yang beli dan bisa menginspirasi dan memotivasi orang-orang yang pengen jadi pilot.

  79. gabriel hidayat 8f 11

    buku ini sangat bagus untuk siapa saja yang ingin menjadi pilot karena dengan membaca buku ini mereka bisa tau apa saja persyaratan jadi pilot.

  80. Rizka Annisa 8F (32)

    Hmm….kyknya sih bagus bukunya pak….tp saya g mau jd pilot == Ternyata bapak ingin jd pilot ya wkt dulu?~ Tdk menyangka~

  81. Firdausya Sabrinadevi 8F (10)

    buku yang bagus buat menginspirasi generasi muda yang bercita-cita menjadi pilot maupun enggak. mereka jadi banyak tau tentang perjuangan meraih cita-cita yang tinggi, walaupun gak gampang ngedapetinnya

  82. Madarinna Syahirah 8F/17

    Subhanallah… Bukunya sangat memberi inspirasi dan memotivasi Pak! Kita jadi didorong untuk tidak mudah putus asa dalam mengejar cita-cita kita Pak. Pengalaman Pak Chappy Hakim sebagai seorang sumber juga lucu sekali, ahhahahahahahhahahahhahahahahahhahahaha:D

  83. M. Faiq Dinoyu 8F [20]

    Assalamu’alailum Wr. Wb

    Walapun belum pernah membacanya, namun saya berpikir bahwa buku ini dapat menginspirasi setiap orang yang bercita-cita menjadi seorang pilot terutama guru saya Omjay. Semoga apa yang dilakukan oleh Omjay dapat tersampaikan kepada para peserta didiknya. Satu hal yang pasti “Apapun cita-citamu kejarlah hingga kau mendapatkannya”

    Salam,

  84. muhammad fakhri_7A_26

    buku ini akan menginspirasikan anak muda yang bercita-cita menjadi pilot,dengan sedikit lawakan yang ada di buku itu membuat mereka menjadi makin ingin menjadi pilot karena sebelumnya mungkin mereka agak ragu maupun takut,ternyata omjay mau jadi pilot sebelumnya???jalan hidup ditentukan oleh allah swt,sekarang bapak sudah menjadi guru komputer di labschool dan menjadi blogger sukses

    salam

  85. Bukunya sepertinya bagus pak. Walaupun saya belum belum membacanya, tapi saya sudah mendapat sedikit gambaran mengenai isinya dari artikel yang sudah bapak tulis.

    Buku tersebut juga membuat anak-anak yang ingin mencapai cita-citanya menjadi semangat untuk mengejar cita-citanya masing-masing.

  86. Menurut saya , buku ini menginspirasi orang orang yang ingin menjadi pilot . Menurut saya menjadi pilot itu susah , harus melalui tes tes yang susah . Namun jika kita berusaha pasti berhasil ( kayaknya sih ) …
    Saya pribadi sih ga mau jadi pilot . soalnya takut jatuh terus gga ketemu ketemu xD .

  87. buku ini menjadi motivasi bagi peserta didik bapak yang cita-citanya ingin menjadi pilot, buku ini membuat mereka menjadi lebih ingin mewujudkan cita-citanya yang ingin menjadi pilot itu, mungkin sebagian dari peserta didik bapak yang ingin menjdi pilot masih ragu dengan cita-cita mereka. jadi buku ini bisa meyakinkan mereka untuk menjadi pilot.

  88. Nabila Anindita 8E (29)

    Bagus ya pak sepertinya bukunya, jadi mau beli juga. Saya kira jadi pilot itu gampang, ternyata susah. Menurut saya, buku ini menginspirasi dan memotivasi orang-orang yang bercita-cita menjadi pilot maupun yang tidak ingin menjadi pilot. bagus pak! πŸ˜€

  89. sepertinya buku tersebut mampu menginspirasi siswa dan siswi smp labschool pak.buku yang sangat kreatif,dengan diberi sedikit bumbu cerita lucu membuat para pembaca tidak bosan dan juga para pembaca dapat mengambil hikmah yang terkadung dalam buku tersebut. pak Wijaya semangat! ^^

  90. Assalamu ‘Alaikum Wr. Wb.
    Sepertinya bukunya sangat menarik untuk dibaca, walaupun saya hanya mendapat gambaran isi buku ini dari tulisan Bapak ini saja. Selain menarik, mungkin buku ini dapat dibilang wajib dibaca juga, karena siapa tahu, masa depan semua kendaraan menjadi terbang, dan pendidikan mengendarai kendaraan bermotor yang terbang dapat menjadi suatu hal yang wajib. Jaman sekarang, sudah terlihat bahwa transportasi udaralah yang terlihat paling maju. Karena suatu produksi massal kendaraan udara dapat membangkrutkan perusahaan kedirgantaraan itu sendiri.
    Wassalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

  91. walaupun bapak tidak bisa menjadi pilot karna tidak memenuhi persyaratn tapi bapak tetap memenuhi syarat-syarat untuk menjadi blogger yang hebat, kalau bapak bilang tidak semua orang bisa menerbangkan pesawat, tidak semua orang juga bisa menjadi bloggger seperti bapak;)

  92. Assalamu alaikum wr.wb .

    Dari ketikan Om Jay saya merasa bahwa buku itu bagus dan memotivasi anak bangsa yang ingin menjadi pilot.Tetapi untuk menjadi harus belajar tentang pesawat dan cara mengendalikannya.Setidaknya selain menerbangkan pesawat mereka juga bisa membuat pesawat atau perusahaan pesawat.Jadi,Indonesia tidak terlalu tertinggal jauh dari negara lain dalam hal penerbangan pesawat.

  93. ramadhana fajar t 8E/35

    menurut saya buku ini sangat menarik bagi orang orang yang ingin menjadi pilot. dan seperti kata bapak menjadi pilot itu tidak mudah dan harus melalui perjuangan

  94. Buku ini sangat menginspirasi anak-anak bangsa yang juga ingin menjadi pilot. Buku ini juga tidak membosankan, diisi dengan kata-kata yang familiar sehingga dapat lebih dimengerti. Sangat dianjurkan untuk membaca, jadi pengen baca juga hehe πŸ™‚

  95. muhmmad farhan

    assalamualaikum
    bukunya menarik untuk dibaca , kita harus memasang cita-cita yang tinggi seperti yang ada dibuku ini. menjadi pilot memang susah dan membutuhkan persyaratan yang bermacam – macam dan banyak yang tidak berhasil akibat kurang memenuhi persyaratan , memang pilot memang membutuhkan tanggung jawab yang besar untuk di segala medan. kita harus selalu mengejar cita-cita yang kita impikan…

  96. buku ini sepertinya bagus pak . dapat memberikan motivasi atau bayangan untuk menjadi pilot. apalagi yang membuat deorang pilot pasti tau betul untuk urusan menjadi pilot. semoga dengan buku ini dapat memotivasikan anak-anak indonesia menjadi pilot. karna pada saat sekarang indonesia sangat sekali membutuhkan banyak pilot-pilot anak bangsa. dan sepertinya saya juga akan mencoba membeli buku itu karena sepertinya buku itu sangat menarik..

    -bestregard-

  97. Wah, pak Wijaya ternyata cita-citanya mau jadi Pilot. Tapi gak papa pak, garis hidupkan telah dibuat oleh Allah SWT. meskipun bapak tidak bisa mewujudkan cita-cita bapak menjadi Pilot, setidaknya sekarang bapak telah menjadi salah satu dari guru Labschool yang disegani. Dan bapak juga telah menjadi salah satu blogger berpengaruh.

    Mengenai buku itu, saya rasa hal ni dapat membelokan pikiran saya bahwa seorang pilot harus selalu terlihat serus. Ternyata bsa menciptakan buku yang ( mungkiin ) tidak menggunakan bahasa yang terlalu baku. πŸ™‚

  98. menurut saya buku ini bagus, menceritakan pengalaman pribadi seorang pilot. tentunya kepada generasi muda yang bercita-cita jadi pilot, supaya mereka bisa mempelajari pengalaman pendahulunya dalam bekerja menjadi pilot.

  99. Saya baru tahu kalau sebelum memutuskan menjadi seorang guru, bapak pernah bercita-cita untuk menjadi seorang pilot.
    Membaca post-an bapak mengenai buku ‘Saya Pengen Jadi Pilot’, membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, asalkan kita mau berusaha keras untuk mencapainya.
    Meskipun begitu, keputusan bapak menjadi seorang guru tidaklah salah, bapak tetap bisa memberikan sesuatu yang ‘berarti’ kepada para penerus bangsa Indonesia, bahkan mungkin lebih berarti dari pada apa yang diberikan pilot untuk bangsa ini.:)

  100. Alfisar Shidqi 7D

    Sesuatu banget ya ternyata guru kita ingin bercita2 menjadi pilot tapi walaupun bapak mengajar di labschool kita pasti akan mendukung bapak supaya bisa nebeng di pesawatnya pak hehehehehe…..

  101. menurut saya buku ini sangat bagus untuk menginspirasikan kepada anak muda bahwa jika kita ingin mencapai sesuatu kita harus berusaha keras. dan ini juga dapat menginsipirasikan kepada anak muda udah berusaha keras dalam mencapai citacita:D

    shalindra s.r.a 7D/36

  102. wah kayaknya menarik sekali buku ini. pas baca tulisan omjay “Chappy kecil langsung berteriak dan berlari, padahal dirinya saat itu sedang buang hajat dengan pispot yang masih menempel di pantatnya.” wkwkwk syak ketawa. tetap semangat om jay, walau nggak jadi pilot. bapak udh jadi orang berperan di dunia blogger

  103. Maulidia Ain Bening 7D

    Wah pak, betul sekali. Buku tersebut sangat mengispirasi, untuk anak-anak supaya tidak lengah dalam meraih cita-cita. Ya, walaupun bapak tidak bisa menjadi pilot, kan bapak sudah jadi Blogger yang hebat (y) πŸ˜€

  104. aisyah putri (2) 7D

    ternyata bapak ingin menjadi pilot. saya kira sudah diari dulu bapak ingin menjadi guru. walaupun keinginan bapak tidak terpenuhi, tapi bapak tidak putus asa. walaupun sekarang bapak jadi guru tapi bapak tidak putus asa.

  105. aisyah putri (2) 7D

    ternyata bapak ingin menjadi pilot. saya kira sudah dari dulu bapak ingin menjadi guru. walaupun keinginan bapak tidak terpenuhi, tapi bapak tidak putus asa. walaupun sekarang bapak jadi guru tapi bapak tidak putus asa.

  106. Widiih sepertinya menarik sekali buku ini. Mungkin saya juga akan tertawa cekikikan seperti bapak, tidak hanya lucu saja, buku ini juga menginspirasi pembaca untuk terus mengejar cita-citanya tanpa menyerah, khususnya menjadi pilot. Bapak yang cita cita menjadi pilotnya sudah terkubur, jangan bersedih pak, bapak sudah jadi guru yang hebat dan sangat berperan di SMP Labschool Jakarta, bahkan bapak dikenal masyarakat lain. Hebat!! πŸ˜€

  107. wah menarik sekali bukunya. jadi penasaran ingin beli. jadi pilot memang bukan sesuatu yang mudah untuk dicapai. perlu mental dan fisik yang kuat. tapi jika cita-cita kita bisa dicapai dengan berusaha. yang penting semangat!

  108. Nisrina Afifahtul Aqilah 7D- 32

    Tetap semangat pak walaupun tidak menjadi pilot tapi bapakkan sudah jadi guru dan juga guru itu pekerjaan mulia. semoga dengan buku itu anak-anak indonesia bisa terus bercita-cita

  109. Shofi salsabila syifa-7D-37

    Sepertinya buku ini memang bagus dan cocok dibaca untuk semua orang yang ingin jadi pilot. jangan menyerah ya pak tidak jadi pilot πŸ˜€

  110. M. Imam R, Hakim

    Sepertinya bukunya menarik, menceritakan seorang anak yang ingin mewujudkan cita-citanya untuk menjadi pilot. Namun seperti yang bapak katakan tadi, tidak mudah menjadi pilot. Harus kuat mental dan bertanggung jawab besar, karena membawa tidak sedikit jumlah jiwa. Itu berarti pilot bukan merupakan pekerjaan yang main-main.

  111. Ternyata jadi pilot itu tidak semudah yang saya bayangkan ya pak..Ternyata cukup sulit..Tetapi buku ini juga bagus bagi para generasi muda yang bercita-cita menjadi pilot. Saya juga tidak menyangka bahwa Pak Wijaya ingin menjadi pilot juga..Walaupun Pak Wijaya sekarang sudah menjadi guru. Tetapi jika anak Pak Wijaya ingin jadi pilot, anak Pak Wijaya bisa terinspirasi dengan buku ini.

  112. Filia Khansa 13/7D

    Menurut saya buku ini sangat bagus,karena memotivasi anak untuk menggapai cita citanya menjadi pilot.Karena ada bagian lucunya,membuat orang tidak bosan membaca.Maupun omjay ga jadi pilot tapi jadi orang yang berperan di dunia blogger

  113. Febrina Noorifti

    Menurut saya, bukunya menarik dan bisa menginspirasi anak-anak muda jaman sekarang. Tapi yang terpenting dalam meraih cita-cita adalah belajar,berjuang dan berusaha tentunya.

  114. Fionna Padmasari 8D (15)

    Saya baru tahu kalau sebelum memutuskan menjadi seorang guru, bapak pernah bercita-cita untuk menjadi seorang pilot.
    Membaca post-an bapak mengenai buku β€˜Saya Pengen Jadi Pilot’, membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, asalkan kita mau berusaha keras untuk mencapainya.
    Meskipun begitu, keputusan bapak menjadi seorang guru tidaklah salah, bapak tetap bisa memberikan sesuatu yang β€˜berarti’ kepada para penerus bangsa Indonesia, bahkan mungkin lebih berarti dari pada apa yang diberikan pilot untuk bangsa ini.:)

  115. ibra khaliq 8D (17)

    Ternyata jadi pilot itu tidak semudah yang saya bayangkan ya pak..Ternyata cukup sulit..Tetapi buku ini juga bagus bagi para generasi muda yang bercita-cita menjadi pilot. Saya juga tidak menyangka bahwa Pak Wijaya ingin menjadi pilot juga..Walaupun Pak Wijaya sekarang sudah menjadi guru.

  116. M.Barry sulthan 21/8D

    bukunya bagus pak buat menambah wawasan menjadi pilot serta terima kasih bagi Pa Chappy hakim yg sudah menulis buku ini

  117. menurut saya bukunya bagus, lucu, dan dapat menginspirasi kita, pak. buku ini menarik karena menceritakan tentang bagaimana seorang anak yang berusaha untuk mewujudkan cita-citanya menjadi pilot. mungkin orang-orang yang ingin menjadi pilot dapat belajar banyak dari buku ini. beli bukunya dimana pak?

  118. Aussie Gusti Darmawan (8D)

    Menurut saya buku yang bapak perlihatkan ini sangat bagus,karena bisa memotivasi anak bangsa untuk menggapai cita citanya yang ingin menjadi pilot

  119. itu buku yang dapat memotiviasi dan menginspirasi anak muda pak. buku ini menceritakan perjuangannya ya. memang butuh usaha kerasa untuk mencapai usaha kita om. saya rasa buku ini wajib dibaca, agar kita bisa berbagi pengalaman dan pelajarannya. bukunya dapat dibeli dimana ya pak?

  120. itu buku yang dapat memotiviasi dan menginspirasi anak muda pak. buku ini menceritakan perjuangannya ya. memang butuh usaha kerasa untuk mencapai usaha kita om. saya rasa buku ini wajib dibaca, agar kita bisa berbagi pengalaman dan pelajaran. buku yang wajib dibaca

  121. Ternyata jadi pilot itu tidak semudah yang saya bayangkan.Ternyata cukup sulit.Tetapi buku ini sangat bagus bagi para generasi muda yang bercita-cita menjadi pilot, meskipun saya tida bercita-cita menjadi pilot .Walaupun Pak Wijaya sekarang sudah menjadi guru. Tetapi buku ini bisa menjadi penyemangat bagi sumua generasi muda yang ingin bercita-cita menjadi pilot.

  122. Sepertinya buku itu sangat memotivasikan anakanak agar meraih cita-citanya. Buku ini sangat bermanfaat bagi anakanak seusia kita. Selain menjadi sumber inspirasi, buku itu juga dapat menghibur kita karena pengalaman pak chappy yang lucu.

  123. wah menarik sekali bukunya. jadi penasaran ingin beli. jadi pilot memang bukan sesuatu yang mudah untuk dicapai. perlu mental dan fisik yang kuat. tapi jika cita-cita kita bisa dicapai dengan berusaha. yang penting semangat! dan terus tingkatkan semangat tentang impian kita dimasa depan. buku ini sangat menginspirasi bagi orang yang membacanya.

  124. Dari sedikit cerita dari bapak mengenai buku itu, saya mengira sepertinya buku itu sangat menginspirasi serta dapat memotivasi anak-anak bangsa untuk menjadi pilot. Sayang sekali baru SMP seperti ini saya sudah harus memakai kacamata, munngkin untuk jadi Pilot itu mustahil untuk saya skrg. Tapi dari buku ini, setidaknya secara tidak langsung dpt membuat anak-anak menjauhi barang2 yg mempunya radiasi tinggi seperti laptop&hp, bagi mereka yang menginginkan menjadi Pilot, agar matanya tidak rusak sehingga harus berkacamata

  125. postingan bapak kali ini bagus bagi anak-anak remaja yang ingin menjadi pilot. rekomendasi yang bapak berikan kali ini bagus bagi yang ingin menjadi pilot maupun yang tidak. seperti yang bapak jelaskan buku ini menarik untuk di baca karena selain bercerita tentang perjalanan seorang pilot, ada juga cerita-cerita lucu yang bisa membuat kita tidak terlalu bosan membaca buku ini. terima kasih bapak atas rekomendasi tentang buku “saya pengen jadi pilot”.

    Shafa Gendis N.N. – 35 – 8D

  126. Wah, ini buku bagus pak, ini adalah buku yang harus dibaca, yang meneceritakan sebuah perjuangan seseorang yang ingin menjadi pilot. Ceritanya pun sangat menarik, dan patut untuk menjadi contoh untuk anak muda jaman sekarang, agar tidak mudah menyerah untuk mengejar cita-cita atau sesuatu yang diinginkan, meskipun sangat membutuhkan perjuangan. Rasanya saya ingin membeli bukunya, meskipun saya enggak mau jadi pilot.

  127. Menurut saya, buku ini sangat memotivasi dan berguna bagi anak-anak dan remaja yang ingin menjadi pilot. Walaupun begitu, buku ini juga bermanfaat bagi yang tidak ingin menjadi pilot juga, kok. Selain itu, covernya yang menarik juga mendorong anak-anak untuk membaca lebih lanjut buku itu.

  128. setelah membaca artikel bapak kaliini dapat disimpulkan buku “Saya pengen jadi pilot” sangat bagus untuk orang-orang yang ingin menjadi pilot maupun tidak. Dipost bapak terlihat bahwa buku ini tidak hanya menceritakan bagaimana untuk menjadi pilot, tetapi menceritakan tentang pengalaman sebagai pilot, cerita-cerita lucu, dan lainnya. Jika kita berusaha menggapai cita-cita, insyallah pasti cita-cita kita akan terwujud. Terima kasih Pak Wijaya sudah merekomendasikan buku “Saya pengen jadi pilot”

  129. Membaca tulisan bapak, saya jadi tertarik untuk membaca buku “saya pengen jadi pilot”. Buku ini sepertinya sangat memotivasi seseorang yang ingin menjadi pilot. Dengan buku ini juga, kita bisa terinspirasi dan terhibur oleh kisah nyata Pak Chappy yang dari kecil sudah bercita-cita ingin menjadi pilot dan akhirnya terwujud ini. Rekomendasi buku yang bagus pak πŸ˜€

  130. azzahra lamuri 8b

    wah, saya sangat ingin mencoba untuk membaca buku ini. karena sudah terlihat dari cover depan yang menceritakan keinginannya untuk menjadi pilot, dan terwujudkan. amanat dalam buku ini pastinya sangat berarti bagi anak-anak dan remaja-remaja. karena di dalam buku ini kita akan mendapatkan hikmah tentang perjuangan untuk meraih cita-cita itu tidak lah susah apa bila kita memiliki kemauan dan memiliki niat. jika kita tidak mau dan tidak niat, otomatis kita tidak akan berusaha. semua orang pasti bisa menjadi seperti cita-citanya apabila memiliki kemauan yang kuat.

  131. menurut saya buku ini sangat bagus dan dapat memotivasi anak-anak dan remaja yang ingin menjadi pilot. dan tidak hanya itu, buku ini juga sangat menarik untuk dibaca oleh siapa saja, ditambah cerita-cerita lucu yang terdapat didalamnya yang akan membuat pembaca tidak bosan dan membaca lebih lanjut.

  132. saffanah 8b

    menurut saya, buku ini sangat bagus untuk memotivasi anak- anak. buku ini mungkin juga menarik bila dibaca oleh kalangan orang tua yang ingin memotifasi anak anaknya.

  133. Menjadi seorang pilot itu tidak mudah, karena butuh perjuangan keras agar mampu menerbangkan pesawat terbang. Tidak semua orang bisa melakukannya. Bayak persyaratan-persyaratan untuk menjadi seorang pilot. Tapi kalau kita berniat dan bekerja keras untuk itu tidak ada yang tidak mungkin.

  134. Menurut saya memendam cita cita tinggi itu wajar. tidak peduli keadaan bapak sekarang yang penting bapak punya mimpi yang tinggi! jelas anak anak indonesia harus bisa memiliki tekad besar seperti bapak :):):) buku ini akan memotivasi semua orang dan juga memperingatkan mereka bahwa mimipi tidak akan hanya bisa jadi sekedar mimpi tetapi bisa diwujudkan menjadi sesuatu hal yang nyata.

  135. Iya pak menjadi pilot memangbukan sembarang orang yang bisa tetapu cita cita memang harus tetap di gapai kalu misal kita tidak dapat meraih itu berarti kita harus memikirkan cita cita yg lain

  136. Bukunya sangat menarik untuk dibaca, walaupun saya hanya mendapat gambaran isi buku ini dari tulisan Bapak ini saja. Selain itu, mungkin buku ini dapat dibilang wajib dibaca juga, karena dengan membaca buku ini kita dapat memotivasikan anak bangsa untuk meraih citacitanya. Selain itu juga anak anak dapat terispirasi menjadi pilot.

  137. Beni

    Saya juga sangat bercita- cita menjadi penerbang, dan sekarang saya masih terus belajar Bahasa Inggris, Matematika, dan fisika, selain Fisik dan mental agar bisa memenuni syarat untuk menjadi pilot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.