Posted on: October 14, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Warisan Terakhir Seorang Blogger (3)

Mas Budi Putra, Tokoh Blogger Indonesia

Setelah intan selesai membaca pesan dari almarhum ayahnya, maka kini giliran Berlian anak kedua dari blogger handal membuka kotak emas pemberian ayahnya.

Dibukanya kotak itu perlahan-lahan, dan dilihatlah sebuah kertas berwarna pink. Ayahnya tahu benar warna kesukaan Berlian, dan dengan cepat segeralah dibuka pesan ayahnya itu.Lalu dibacalah pesan ayahnya itu di depan ibunda dan saudara-saudaranya dengan perlahan-lahan.

Anakku Berlian, ayah tak bisa memberikan kamu warisan yang besar seperti layaknya ayah-ayah lainnya. Ayah hanya bisa memberikanmu sebuah blog yang telah ayah kelola dengan baik. Blog ayah ini pernah mendapatkan juara pertama lomba blog tingkat nasional dari balai bahasa Bandung. Hadiahnya diberikan pada saat hari guru di pusat bahasa pada tahun 2009.

Belajarlah berbagi seperti penemu blog wordpress, Matt Mullenweg. Dengan banyak berbagi, kamu akan menjadi orang besar. Bukan hanya besar badanmu saja, tetapi besar dalam arti yang sesungguhnya. Anak muda ini patut diacungi jempol, karena berkat jasanya banyak orang yang akhirnya menjadi seorang blogger.

Matt Mullenbeg, Penemu WordPress

Matt Mullenweg adalah pencipta situs penyedia blog gratisan: WordPress. Ia mulai baru berusia 19 tahun ketika mulai menciptakan cikal bakalnya. WordPress menjadi tenar dalam waktu singkat. Alasannya, situs ini mudah dipakai dan selalu diperbarui. Hingga tahun 2008, tercatat ada 230 juta pengakses tetap dengan 6,5 miliar halaman WordPress yang bisa dilihat. Lalu, ada 35 juta posting baru dengan tambahan rata-rata empat juta posting setiap bulan.

Matt, pernah datang ke Jakarta pada Januari 2009 ini dan mengatakan, “ia tidak akan menjual WordPress ke perusahaan besar dengan harga selangit”. Ia juga bilang, tidak mencari keuntungan dari WordPress. Keuntungan sudah ia dapatkan dari beberapa perusahaan, yang dimilikinya.

Anakku Berlian, hiduplah seperti Matt, yang mau berbagi kepada orang lain. Oleh karena itu, ayah berikan blog ayah yang beralamat di http://wijayalabs.wordpress.com untuk kamu kelola dengan baik. Dulu ayah pernah diajarkan oleh mas Budi Putra dalam memposting video di blog wordpress.com. Sungguh senang sekali waktu itu, apalagi bisa berkenalan dengan blogger handal macam mas Budi Putra. Tokoh blogger Indonesia yang ramah dan suka berbagi.

Bersama ini, ayah tuliskan username dan password untuk bisa masuk ke blog ayah. Updatelah blog ayah ini dengan teratur. Di blog ini banyak sekali makalah-makalah ayah sewaktu kuliah di pascasarjana UNJ, dan banyak teman-teman mahasiswa yang mampir dan mengucapkan terima kasih karena tertolong tugas kuliahnya. Mereka berterima kasih kepada ayah, karena ayah rajin sekali membuat resume dari bapak/ibu dosen. Artikel tentang model-model pembelajaran dan sistematika penulisan karya tulis ilmiah menjadi artikel teratas yang paling sering dikunjungi.

Semoga, blog ini dapat terus terupdate dengan baik, dan BISA MENJADI INSPIRASI, bagi teman-teman blogger lainnya, bahwa ngeblog bukanlah sebuah pekerjaan yang sia-sia. Katakan pada dunia bahwa menjadi blogger adalah sebuah pilihan untuk mampu berbagi tanpa harap kembali.

Ayah harapkan, kamu terus meng-update blog ayah ini, dan memotivasi teman-teman mahasiswa di perguruaan tinggi agar tak melulu menjadi mahasiswa download. Mereka harus belajar untuk mampu menjadi mahasiswa upload, yang mampu menuliskan buah pemikirannya sendiri dan tidak terjebak kepada plagiarisme. Jangan pernah menjadi mahasiswa plagiat. Belajarlah menulis karya tulis ilmiah melalui blog.

Ayah yakin, seyakin-yakinnya, sepeninggal ayah kelak, kamu bisa menjaga blog ayah ini dengan baik, dan berjanjilah untuk menjadi seorang mahasiswa yang hoby upload dan bukan hoby download melulu. Biasakan menulis dari hasil pemikiranmu sendiri, dengan demikian otakmu akan terbiasa untuk berpikir secara ilmiah.

Pesan ayah adalah, tuliskan apa yang kamu kerjakan, dan kerjakan apa yang kamu tuliskan.

Setelah membaca pesan ayahnya itu, berlinanglah air mata Berlian, dan ia pun berjanji akan melanjutkan warisan ayahnya. Warisan terakhir seorang blogger.

Kini tiba giliran anak ketiga yang bernama permata membuka kotak emas ketiga pemberian ayahnya. Apakah isi dari kotak emas itu? Mohon pembaca untuk bersabar. Saya pun sedang memikirkannya, hehehehe…….

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Cerita sebelumnya, dan penting untuk dibaca:

http://media.kompasiana.com/group/new-media/2010/10/13/warisan-terakhir-seorang-blogger/

Catatan:

Tulisan  bersambung ini dibuat untuk merayakan hari blogger nasional yang akan jatuh pada tanggal 27 Oktober 2010.

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.