Posted on: May 24, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 3

Blog, Alat Rekam yang Ajaib

Temukan Manfaat ngeblog di Kompasiana

Buat anda yang belum merasakan manfaat blog, barangkali tulisan singkat saya ini bisa memotivasi anda untuk ngeblog. Bahkan mungkin anda akan menjadi seorang blogger handal di era global seperti mas budi putera atau paman tyo yang mewakili blogger Indonesia di ajang lomba blog internasional “the bob” di Jerman.

Dulu sebelum mengenal blog, saya menganggap blog itu hanya mainan Anak Baru Gede (ABG) yang kurang kerjaan dan kepengen eksis di dunia maya. Tetapi ternyata saya salah, blog bukan mainan anak ABG. Blog adalah mainan semua orang yang akan membuat penulisnya menjadi orang besar dan terkenal, karena mau berbagi. Berbagi apa yang disukai dan dikuasai melalui tulisan yang dibuatnya dengan sepenuh hati. Menulis dengan hati dan membaca dengan empati.

Baban Sarbana  dalam blognya yang berjudul menulis sepenuh hati menuliskan bahwa,  menulis adalah pekerjaan seluruh indera pada tubuh manusia. Menulis bukan hanya pekerjaan mata; karena Hellen Keller yang tunanetra pun tulisannya telah mengguncang dunia. Menulis bukan hanya pekerjaan tangan; karena Stephen Hawking yang lumpuh tubuhnya, bisa menghasilkan karya fenomenal.. Brief History of Time. Menulis adalah pekerjaan seluruh indera yang diperintah oleh otak dan dikendalikan ritmenya oleh hati. Menulis yang dikerjakan secara akumulatif oleh seluruh indera, diperintah otak dan melibatkan hati; akan menghasilkan ‘ruh’ dalam tulisan. Orang yang membaca bisa berurai air mata; tertawa terbahak-bahak, bahkan emosi yang meledak-ledak. Hanya karena ruh tulisan menyeruak, nampak dan menyentuh jiwa pembaca. Di situlah kekuatan penulis handal di era global melalui blog.

Blog adalah alat rekam yang ajaib yang akan anda temui seiring dengan berjalannya waktu. Kebermanfaatan blog telah teruangkap setelah saya menjalaninya dengan terus menulis setiap hari di blog keroyokan yang bernama http://kompasiana.com. Melalui blog ini, dunia serasa dekat, dan teman baikpun akan di dapat. Bukan hanya itu saja, kepekaan dalam menata huruf demi huruf, kata demi kata, kalimat demi kalimat, paragraf demi paragraf, bab demi bab hingga menjadi kerangka pikir yang utuh menjadi lebih terasah karenanya.

Blog memang alat rekam yang ajaib, kebermanfaatannya telah penulis rasakan ketika hampir dua tahun ini asyik ngeblog. Salah satu manfaat itu adalah membuat saya menjadi lebih terampil menulis dan gemar membaca. Seperti orang yang baru bisa bersepeda, lalu mengayuh sepeda kemana-mana dengan lancar dan tak jatuh bangun lagi.

Adanya blog minat membaca dan menulis para blogger menjadi meningkat. Mereka pun menjadi kreatif dalam menulis. Bila pekerjaan menulis itu dilakukan setiap hari dengan penuh komitmen yang tinggi, maka dalam setahun bisa dihasilkan sebuah buku dari hasil ngeblog.

Masalahnya adalah sering kita tidak konsisten dalam menulis dan pada akhirnya kita tak menemukan media blog sebagai alat rekam yang ajaib.

Blog adalah media di dunia maya yang dapat menghantarkan siapa saja menjadi terampil menulis. Blog mirip seperti diary online yang bisa menjadi sarana untuk bisa sharing and connecting dengan semua orang, dan disanalah keajaiban blog akan menyertainya menjadi terampil menulis.

Tanpa disadari, para blogger telah menciptakan informasi baru di internet. Masing-masing penulis blog yang disebut narablog berlomba-lomba agar tulisannya dibaca oleh orang banyak. Mereka bukan hanya sekedar narsis dalam dunia maya melalui blog mereka, tetapi ada pengetahuan dan pengalaman yang didapat dari blog mereka yang unik.

Keunikan itu terlihat dari berbagai desain blog yang pasti akan berbeda walaupun dengan template yang sama. Mereka pasti akan mengubahnya sesuai dengan selera dan kreativitas mereka. Siapa yang kreatif dan mandiri, pasti akan mampu menguasai pernak-pernik blog dengan baik. Begitu banyak pernak-pernik blog yang bisa kita dapatkan dengan mudah di internet. Bila kita kesulitan, bertanyalah pada Om Google. Dijamin, beberapa saat kemudian anda akan menemukan jawabannya.

Dalam dunia blog yang ajaib itu, ada 5K yang akan bisa saling disinergikan. Kelima K itu adalah Konvergensi, Konektivitas, Konten kreatif, Kolaborasi, dan Kontekstual.

Banyaknya blog akan menyatu menjadi konvergensi yang utuh dan menghasilkan konektivitas yang saling berhubungan antar satu blog dengan blog lainnya (link) dan didalamnya ada banyak konten kreatif yang berisi pengetahuan baru atau pengalaman para blogger, sehingga terjadilah kolaborasi cantik di antara mereka yang saling melengkapi. Batas negara tiada lagi. Merekapun saling berbagi walaupun dibatasi oleh ruang dan waktu. Apa yang mereka lakukan jelas akan bersinggungan dengan dunia nyata dan terjadilah kontekstual yang terus terjadi secara alami. Semua dilakukan dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan.

Kebermanafatan blog sebagai alat rekam yang ajaib akan terungkap bila anda telah menjadi seorang blogger handal di era global. Menulis dan terus menulis sampai akhir menutup mata. Berbagi dan terus berbagi ke seluruh negeri. Membaca dan terus membaca sebagai makan penting seorang blogger. Tanpa makanan penting itu, tulisanmu tak akan bernyawa dalam menyampiakan pesan kepada orang lain. Harus ada proses interaksi dan saling berkomunikasi dengan saling memberikan komentar di antara sesama blogger itu. Mungkin kenikmatan berinteraksi itu akan anda dapatkan dalam rumah sehat kompasiana.com yang ramah ini.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Categories:

3 People reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.