Posted on: February 20, 2010 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 1

Belajar dan Berbagi Ilmu PTK di Kota Ukir Jepara

Bertempat di Gedung NU Jl. Pemuda Jepara selama dua hari ( 13-14 /02 ) telah berlangsung Pelatihan Guru Hebat yang melibatkan 290 guru TK/RA dan Tutor PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini ) se Kabupaten Jepara.

Pelatihan ini ditujukan untuk memprofesionalkan kinerja guru dalam rangka peningkatan kualitas peserta didik , mengatasi setiap permasalahan yang timbul di satuan pendidikan dan menumbukan sikap aktif dan kreatif para guru, terutama dalam hal pembuatan karya ilmiah yang berkenaan dengan PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ) dan Pembelajaran Dengan Holistic Brain Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk Anak yang sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan kualitas peserta didik .

Selain itu juga Dengan semakin globalnya kondisi lingkungan maka setiap waktu akan timbul permasalahan dalam satuan pendidikan dan harus dipecahkan bersama-sama.

” Lewat pelatihan ini kami mengharapkan guru RA/TK dan Tutor PAUD di kabupaten Jepara mempunyai solusi yang tepat dalam rangka mengatasi setaiap permasalahan yang timbul dalam dunia pendidikan . Selain itu pula agenda pelatihan semacam ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya dalam rangka peningkatan kualitas para pendidik ”, ujar Ibu Aminah Albar Ketua Panitia Pelatihan yang juga Kepala Sekolah TK Terpadu ” Tarbiyatul Atfal ” Muslimat NU Jepara.

Selanjutnya ibu guru yang enerjik ini mengungkapkan , pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas tenaga pendidik setiap waktu masih sangat diperlukan khususnya di kabupaten Jepara . Dari data yang ada guru-guru RA/TK dan Tutor PAUD di kabupaten Jepara yang berpendidikan khusus dan Sarjana belumlah banyak , oleh karena itu fihaknya terus bekerja sama dengan berbagai fihak akan mengadakan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas para pendidik itu. Namun demikian masalah dana yang menjadi kendala sehingga pelatihan itupun tidak dapat diadakan sewaktu-waktu , apalagi sarana dan prasarananya juga tidak mendukung . Oleh karena itu dia mengharapkan bantuan instansi yang terkait dalam rangka meningkatkan mutu atau kualitas guru.

Bantuan yang sangat diharapkan adalah sarana untuk pelatihan diantaranya Laptop,LCD beserta layarnya . Untuk materi fihaknya tidak merasa kesulitan karena seusai Pelatihan yang mendatangkan pamateri dari luar bahan-bahan latihan telah diberikan dalam wujud modul dan juga CD. Oleh karena itu jika fihaknya mempunyai peralatan tersebut diatas maka guru-guru yang belum mengikuti pelatihan akan dapat dilatih lagi dengan pemateri dari dalam sendiri yang akan menghemat biaya.

” Namun sayang sampai saat ini kami belum memiliki peralatan untuk pelatihan , semua masih sewa dan perlu biaya , oleh karena itu kami mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah atau instansi terkait agar kami bisa mengadakan pelatihan secara mandiri pada guru-guru TK/RA dan Tutor PAUD di kabupaten Jepara ”, Harap Ibu Aminatun Albar di sela-sela Palatihan..

Sementara itu Wijaya kusumah, S Pd pemateri yang juga guru SMP Labschool Jakarta dalam paparannya di hadapan peserta mengemukakan bahwa guru harus mempunyai kemampuan untuk menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ) . Membuat PTK erat kaitannya dengan kemampuan menulis , oleh karena itu guru harus mengembangkan kemampuannya dalam menulis dengan cara berlatih dengan sungguh-sungguh , serta banyak membaca. Dengan banyak membaca kemampuan kita menulis akan terus terasah apalagi jika buku yang dibaca cukup beragam , akan menambah perbendaharan tulisan kita.

” Bacaan itu bisa dari buku-buku, surat kabar, majalah dan juga dari web site atau blog di internet, oleh karena itu guru yang profesional adalah guru yang mempunyai kemampuan menguasai TI contohnya bisa mengoperasikan komputer dan juga internet . Dari internet kita bisa mendapatkan bahan bacaan utamanya untuk dunia pendidikan ”, ujar Wijaya Kusumah yang akrab dipanggil Om Jay yang juga blogger Kompasiana.com.

Pelatihan Guru PAUD Hebat yang berlangsung dua hari berlangsung cukup sukses selain jumlah peserta yang cukup banyak , juga interaksi antara pemateri dan peserta berjalan dengan lancar . Harapannya dari pelatihan ini akan meningkatkan kualitas pendidikan di RA/TK dan PAUD di kabupaten Jepara.

Berita terkait bisa dilihat juga di SINI

Categories:

1 people reacted on this

  1. Sukses untuk guru yang semangat ikut pelatihan ! Salut juga buat Om jay yang sudah dikenal banyak kalangan khususnya para pendidik. Mungkin perlu juga pelatihan workshop praktis langsung kepada peserta dari mulai buat proposal sampai dibimbing pada penelitian pada objek peserta didik.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.