Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar

Pelatihan Pembuatan bahan ajar

Pelatihan Pembuatan bahan ajar

Selasa, 27 Oktober 2009, di laboratorium Komputer SMP Labschool Rawamangun Jakarta Timur telah dilaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan bahan ajar dengan program camtasia 5. Pelatihan ini dibimbing langsung oleh mas bowo dari warung ilmu. Senang sekali mengikuti pelatihan ini. Teman-teman guru menjadi semakin kreatif dalam membuat media pembelajarannya. Berusaha keras membuat pembelajaran menjadi semakin menyenangkan siswa. Para guru pun tertantang untuk melakukan inovasi baru dalam pembuatan media pembelajaran yang interaktif. Sehingga terjadi interaksi antara guru dan siswa. Siswa pun bisa belajar secara mandiri dari program yang dibuat oleh guru. Pembelajaranpun tidak hanya terjadi di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas.

Pelatihan pembuatan bahan ajar dengan menggunakan program camtasia ini adalah pelatihan lanjutan yang sebelumnya juga pernah dilaksanakan pada bulan Maret 2009. waktu itu para gur belum mengenal sama sekali apa itu camtasia dan untuk apa pemanfaatannya. Banyak guru yang tercerahkan adanya pelatihan ini dan kami mengucapkan terima kasih banyak kepada mas bowo yang dengan sabar dan telaten membimbing kami para guru agar bisa menggunakan program ini.

Pelatihan Pembuatan bahan Ajar dengan Camtasia

Pelatihan Pembuatan bahan Ajar dengan Camtasia

Dalam penyampaian materinya, mas bowo mengatakan bahwa untuk membuat sebuah media pembelajaran yang baik dengan menggunakan program camtasia 5 para guru dituntut untuk dapat membuat presentasi yang menarik dengan menggunakan program power point. Oleh karenanya, mas bowo memberikan tips, bagaimana membuat presentasi yang efektif menggunakan power point. langkah-langkah itu adalah:

  1. Tentukan tema/judul
  2. Kumpulkan bahan/materi yang didapat dari berbagai sumber belajar, bisa buku, internet, dan lain-lain.
  3. Simpan materi ke dalam flashdisk atau hardisk komputer atau laptop anda
  4. Buatlah presentasi yang menarik dengan power point
  5. Siapkan program camtasia yang telah dinstall terlebih dahulu dan rekamlah presentasi anda.
  6. Ikuti langkah-langkah yang ada, dan perhatikan mic yang anda gunakan agar suara tetap bening dan bersih, sehingga suara anda enak terdengar di telinga.

Demikianlah sedikit informasi pelatihan pembuatan bahan ajar dengan camtasia 5 yang dapat saya sharingkan kepada teman-teman semua. Bagi yang ingin mengetahui dan memperdalam tentang program camtasia 5 lebih lanjut, dapat segera meluncur ke blog pribadi omjay di sini.

Salam Blogger persahabatan

Omjay

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

2 thoughts on “Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.