Menyusun KOSP di Hotel The Mirah Bogor

Pagi ini kembali berada di hotel The Mirah. Saya berangkat ikut mobil sekolah. Pak Irawan mengantarkan kami berempat ke hotel The Mirah. Ada Pak Kasdi, Pak Erwin, Pak Pandu, dan saya sendiri (Omjay). Mobil Inova Hitam meluncur kencang ke arah Bogor dari Rawamangun Jakarta Timur. Saya sempat tertidur di dalam mobil yang dingin AC-nya.

Sampai hotel, kami diarahkan ke lantai 2 menuju ruang Aula Pakuan. Di Aula ini kami akan mengadakan acara workshop sekolah penggerak SMP Labschool Jakarta. Rencana akan dilaksanakan dari Sabtu sampai Minggu, tanggal 13-14 November 2021. Kepala sekolah, Bapak Drs. H. Asdi Wiharto bersama pimpinan sekolah rencana yang akan membuka acara Workshop.

Saya duduk di kursi dan meja yang sudah disediakan panitia workshop. Saya berada di Komisi 1 Kurikulum Operasional Sekolah Penggerak (KOSP). Saya dan temen-teman Komisi 1 diminta menyiapkan bagian pendahuluan dan penutup buku KOSP. Alhamdulillah sekolah kami ditunjuk menjadi salah satu sekolah penggerak yang ada di DKI Jakarta.

Dari sekian banyak unsur sumber daya pendidikan, kurikulum merupakan  unsur yang memberikan kontribusi  signifikan untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik. Jadi tidak dapat disangkal lagi bahwa kurikulum yang dikembangkan dengan berbasis pada kompetensi sangat diperlukan sebagai instrumen untuk mengarahkan peserta didik menjadi: (1) manusia berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah; dan (2) manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri; dan (3) warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Di Hotel The Mirah Bogor kami berkumpul untuk yang kedua kalinya. Ini adalah tahap kedua kami melaksanakan Workshop Sekolah Penggerak. Semoga apa yang kami kerjakan dapat bermanfaat untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan di Indonesia.

 

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

 

 

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

16 thoughts on “Menyusun KOSP di Hotel The Mirah Bogor

  1. Metrin Evivi

    Selamat merencanakan isi KOSP. Rancang yang terbaik dan semoga kurikulum paradigma baru membawa perubahan yang maju pada peserta didik. Rule dan goal KOSP tercapai.

  2. Hendra Ishak

    Mantap om Jay semoga dengan dilaksanakannya workshop KOSP dapat menginspirasi sekolah sekolah lain dan memberikan. Gambaran bagaimana penyusunan KOSP yang baik dan benar

  3. I. S. Agustiany Agoestian

    Workshop bagi sekolah penggerak amat diperlukan dan harus. Workshop secara offline lebih tepat guna dan bisa langsung mencapai sasaran, karena ada interaktif yang lebih mengena. Jika workshop secara online tidak tepat guna, interaktif bagai bicara dengan robot.

    Dan yg paling enak dari workshop offline ada coffee breaknya dan dihotel pula, apalagi klo nginap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.