Wujudkan Mimpi TERBITKAN BUKU BERSAMA 30 NARASUMBER HEBAT

Saya dikirimkan draft naskah buku ibu Raliyanti, S.Sos., S.Kom., M.Pd melalui aplikasi WhatsApp. Judul bukunya sangat menarik. WUJUDKAN MIMPI TERBITKAN BUKU BERSAMA 30 NARASUMBER HEBAT. Sebuah buku yang dikumpulkan dari belajar menulis di PGRI.

 

Jika memang mempunyai keinginan untuk menulis sesuatu, maka mulailah dengan mencari tahu bagaimana cara memulainya. Belajar bagaimana caranya agar bisa cepat menghasilkan tulisan. Itulah yang diinginkan setiap orang yaitu cara cepat agar dapat menghasilkan karya tulisan.

Menurut Ibu Sri Sugiastuti atau yang biasa disapa Bu Kanjeng dalam pelatihan menulis yang diadakan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), ada satu hal yang perlu diketahui. Satu hal yang paling utama agar kita bisa menghasilkan suatu tulisan. Apakah itu saudara-saudari semuanya?

Jawabannya adalah Jadikanlah kegiatan menulis sebagai suatu passion. Ya. Passion atau gairah. Mengapa? Karena jika menulis sudah dijadikan passion, maka otomatis akan menumbuhkan komitmen dalam diri. Komitmen itu diwujudkan dengan aksi nyata yaitu dengan cara mengatur dan meluangkan waktu untuk menulis. Membuat skala prioritas untuk  mengagendakan menulis, walaupun di tengah kesibukan. Kalau sudah begitu, nanti akan ada rasa yang kurang jika tidak menulis. Sebab menulis di saat sibuk itu sangat mengasyikkan.

Menulis itu harus sabar dan penuh kedamaian. Bagi penulis pemula yang paling diperlukan adalah ketekunan dan komitmen. Nantinya seiring dengan kebiasaan menulis dan mencari inspirasi, maka tulisan pun akan semakin berbobot. Jadi kita tidak perlu memaksakan diri untuk langsung menulis dengan sempurna.

Target waktu perlu dibuat untuk menentukan kapan tulisan kita selesai. Oleh karena itu, diperlukan kedisiplinan agar target waktu yang sudah ditentukan dapat tercapai. Dalam menulis tentunya diperlukan kenyamanan dan fasilitas yang mendukung. Tak kalah penting adalah mood booster agar tetap selalu semangat dalam menulis.

Bayangkan jika kita memiliki sebuah karya berupa buku. Pasti rasanya sangat menyenangkan. Apalagi menjadi penulis buku yang bukunya best seller. Tentu akan lebih keren lagi. Namun yang terpenting saat ini adalah bisa terus belajar dan berlatih untuk menghasilkan suatu karya. Bisa jadi kebanggaan di hati dan jadi buah cerita untuk anak cucu nanti. Kata Buya Hamka, Menulislah dan biarkan tulisanmu menemukan takdirnya.

Kami menerima banyak masukan dari kawan-kawan pengurus PGRI, teman-teman guru, dan anggota ikatan guru TIK PGRI untuk program menulis ini. Selain masukan kami juga menerima banyak umpan balik. Dari masukan merekalah ide ini muncul dan kemudian kami realisasikan menjadi sebuah program kegiatan belajar menulis dan belajar bicara yang sekarang ini sudah meluluskan peserta hampir 200 orang guru untuk kegiatan belajar menulis dan kegiatan belajar bicara sekitar 100 orang. Masukan dan umpan balik sangat penting dalam suksesnya sebuah program kegiatan.

Omjay ucapkan selamat kepada ibu Raliyanti, S.Sos., S.Kom., M.Pd yang telah sukses mewujudkan mimpinya menjadi seorang penulis. “Wujudkan Mimpi Terbitkan Buku” merupakan kumpulan resume dari pandangan, pemikiran dan pendapat para pakar pada pelatihan kelas menulis bersama OmJay dan kawan-kawan di Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Mereka adalah orang yang memiliki kesibukan yang luar biasa namun masih menyempatkan diri untuk melatih para penulis baru untuk mewujudkan karya. Dalam waktu 2 bulan pelatihan mereka telah menjadi mentor ratusan guru yang ingin bisa menulis. Mereka telah membantu membangkitkan semangat untuk komitmen dalam menulis. Semoga dengan hadirnya buku ini, ilmu yang mereka berikan tak terhenti sampai di saya saja, namun bisa tersebar kepada siapa pun di mana saja yang ingin belajar mengenal dunia penulisan.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog https://wijayalabs.com

 

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

3 thoughts on “Wujudkan Mimpi TERBITKAN BUKU BERSAMA 30 NARASUMBER HEBAT

  1. Raliyanti

    Alhamdulillah. Berkat ilmu yang diberikan dan dorongan semangat dari para narsum dan juga teman2 seangkatan akhirnya saya py buku solo… Legaa rasanya… Trimakasih banyak OmJay, bu Kanjeng, bu Aam dan teman2 semua..

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.