Posted on: April 20, 2020 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 22

Pelatihan Prakerja yang Perlu Anda Ketahui.

Seorang kawan bertanya kepada saya bagaimana mengurus kartu pra kerja. Bagi saya ini sesuatu hal yang baru dan kurang banyak membaca informasinya. Lalu saya mulai cari informasinya di internet. Lalu dapatlah web prakerja.go.id.

Mengikuti Program Kartu Prakerja merupakan solusi untuk menambah penghasilan dan mendapatkan sumber penghasilan baru di tengah wabah corona ini. Banyak kawan-kawan saya yang terpaksa dirumahkan oleh perusahaannya.

website https://skillacademy.com/prakerja

Kemudian saya mulai mendapatkan informasi lengkapnya di pelatihan Program Kartu Prakerja di Skill Academy by Ruangguru, dengan sangat detail. Saya mendapatkan informasinya melalui website Skill Academy dan anda bisa membukanya di https://skillacademy.com. Lalu saya dapatkan informasinya lebih detail lagi di halaman kelas-kelas pelatihan Prakerja di Skill Academy yang ada di https://skillacademy.com/prakerja. Lebih seru lagi, ternyata infonya telah menyebar luas ke sosial media Skill Academy (Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, LinkedIn).

Saya mulai baca-baca dan memahami apa itu program kartu prakerja dan pelatihan-pelatihan yang disediakannya. Sebab selama ini isu yang saya dengar di masyarakat kurang sedap. Katanya lebih enak jadi pengangguran karena dibayar pemerintah. Oleh karena itu saya penasaran, apa benar pengangguran dibayar? Apalagi ada seorang kawan yang bertanya tentang program prakerja ini.

Saya mulai memahami apa itu Program Kartu Prakerja melalui website prakerja.go.id dan mulai memahami kalau Skill Academy by Ruangguru sebagai mitra resmi Program Kartu Prakerja melalui web skillacademy.com/prakerja maupun dari Instagram Skill Academy. Sebab isu tak sedap di luar menyebutkan bahwa salah satu staf khusus presiden ikut andil dalam program ini. Bagi saya itu sih sah-sah saja asalkan memang programnya bagus dan dapat diterima oleh semua.

Website https://www.prakerja.go.id/


Kemudian saya mulai memahami fitur yang tersedia di Skill Academy. Mulai dari video beranimasi, rangkuman materi, sertifikat, post-test, exam, kelas flash sale, kelas best seller, dan fitur review. Semua tampilan fitur ada di file Profil Skill Academy dan membuat kita menjadi semakin tahu program pelatihan yang diberikan.

https://skillacademy.com/

Setelah saya memahami kelas yang ada di Skill Academy, saya mulai membuat sedikit review dari salah satu kelas yang ada di Skill Academy. Hal ini akan saya sampaikan kepada teman saya yang tertarik dengan program pelatihan prakerja ini. Supaya mereka mendapatkan informasi yang benar tentang program ini. Terutama tentang produktivitas menggunakan microsoft Excel bersama Adila Inda. juga tentang Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google bersama Ilman Akbar.

Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google

Ternyata Skill Academy memiliki ratusan kelas dengan lima kategori utama, yaitu: Persiapan Tes, Bisnis dan Keuangan, Pemasaran, Teknologi dan Software, dan Pengembangan Diri. Ada juga paket pelatihan Prakerja yang dapat dilihat di website skillacademy.com/prakerja.

mitra prakerja.go.id

Dari web tersebut, saya mulai mengetahui nama-nama instruktur dari kelas-kelas di atas, seperti Iman Usman, Hendra Hilman, Ritchie Goenawan, dan lain-lain. Juga mengetahui mitra lain selain Skill Academy sebagai platform pelatihan untuk Program Kartu Prakerja: Pintaria, Pijar Mahir, Tokopedia, Bukalapak, MauBelajarApa, dan Sekolahmu. Wah banyak juga ya mitra kerjanya. Saya juga baru tahu setelah buka web prakerja.go.id.

info miring di media

Saya mencoba mencari tahu lebih banyak informasinya di berbagai media, sampai suatu ketika seorang kawan di wa group komunitas guru TIK mengirimkan foto di atas. Lalu saya menjadi semakin penasaran untuk mencari informasi yang benar dan bukan hoaks. Sebab info hoaks tentang hal ini banyak sekali di media sosial.

Kami sendiri di organisasi komunitas guru TIK sudah berkeliling Indonesia untuk memberikan pelatihan elearning kepada kawan-kawan guru dengan tajuk elearning untuk rakyat. Server dikelola langsung oleh bapak Onno Widodo Purbo sebagai salah satu pembina kami. Sehingga banyak sekolah yang sudah menjalankan elearning dan memiliki server sendiri. Lebih dari 44 kota kami kunjungi melalui program ini.

Berdasarkan pengalaman itu, saya ingin tahu lebih jauh tentang:

  1. Apa itu Program Kartu Prakerja & bagaimana cara mendaftarnya?
  2. Mengapa kita harus mengikuti pelatihan Prakerja di Skill Academy ?
  3. Fitur-fitur apa saja yang ada Skill Academy?
  4. Mencari tahu Paket Online Pelatihan Kombo / Paket Prakerja yang ada di skillacademy.com/prakerja dan bonus paket Ruangguru selama 3 bulan & Skill Academy yang akan mendonasikan 10% dari nilai pelatihan, yaitu sebesar Rp100.000 (untuk paket pelatihan senilai Rp1.000.000) yang katanya akan langsung ditransfer ke pengguna.
  • Kartu Prakerja adalah kartu yang disediakan oleh pemerintah untuk warga negara Indonsia (WNI) yang ingin bergabung menjadi anggota dan sudah berusia menimal 18 tahun, serta tidak mengikuti pendidikan formal.
  • cara mendapatkan Kartu Prakerja adalah bisa mendaftarkan diri secara online di website https://dashboard.prakerja.go.id/daftar, setelah itu akan ada konfirmasi email dari pengelola. Ada juga videonya yang menuntun kita mendaftar secara online.
  • cara daftar Kartu Prakerja, persyaratan Kartu Pra Kerja, pendaftaran Kartu Pra Kerja dapat anda baca di web http://prakerja.go.id.
pengenalan seo
  • Anda akan diminta untuk mengikuti tes secara online selama 25 menit.


Categories:

22 People reacted on this

  1. Saya secara pribadi pernah ikut di Skill academy. Kontennya bagus luar biasa. Bermanfaat bagi peserta. Namun saya belum mencoba di aplikasi lain. Bagi saya apapun program pemerintah dalam kondisi seperti ini kita dukung. Yang kurang kita perbaiki bersama.

  2. Terima kasih informasinya omjay, sangat membantu alumni utk lebih memahami tentang kartu pra kerja, izin share ya omjay 👍

  3. Saya Guru TIK pernah ikut kelas Gratis Skill Academy, sistemnya simple materinya to the Point, sangat profesional, marketingnya cerdas dengan Cash back 100k untuk kartu prakerja sangat memanjakan konsumen

  4. Terima kasih informasinya, Omjay! Rekan saya ada juga yang membuat kartu prakerja. Mungkin bisa saya share ini juga 🙂

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.