Management Sekolah Unggul

Bahagia rasanya dapat materi baru dan wawasan keilmuan yang baru dari pimpinan Labschool Jakarta. Kami dapatkan itu semua dalam rapat kerja (RAKER) guru SMP Labschool Jakarta hari ini, Jumat, 5 Juni 2015.

Materi ini disampaikan oleh Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd yang merupakan guru besar UNJ dan penasehat kami di Labschool Jakarta. Beliau juga ketua harian komisi nasional Indonesia untuk Unesco.

Ada 10 management sekolah yang unggul, yaitu:

  1. Kepemimpinan sekolah yang profesional
  2. Semua warga sekolah memahami dan melaksanakan visi dan misi sekolah dengan baik
  3. Suasana pembelajaran di sekolah menyenangkan
  4. Kegiatan pembelajaran di sekolah sangat beragam seperti intra, co, dan ekstrakurikuler berjalan seimbang dan saling mendukung.
  5. Guru mempunyai perencanaan pembelajaran
  6. Semua program-program yang positif mendapatkan penguatan dari sekolah, orang tua, dan siswa
  7. Sekolah melakukan monitoring dan evaluasi secara terprogram dan berdampak terhadap perbaikan sekolah
  8. Hak dan kewajiban siswa dipahami dan dilaksanakan dengan baik di sekolah
  9. Kemitraan antara sekolah dengan rumah tangga/orang tua
  10. Munculnya kreativitas dalam organisasi sekolah untuk pengembangan pendidikan.

Kesepuluh hal di atas tidak harus berurutan. Bisa jadi tidak sama urutannya dengan sekolah lainnya, karena setiap sekolah memiliki budaya sekolah yang berbeda-beda.

Ketika saya tanyakan mana yang paling baik dari kesemuanya itu, Pak Arief mengatakan semuanya saling terkait dan melengkapi. Semua sama-sama unggul. Intinya semuanya penting dalam meningkatkan prestasi akademis siswa.

Proses pembelajaran yang meningkatkan prestasi kepribadian dan akademis yang sukses juga harus memperhatikan keterampilan akademik dan personal untuk sukses.

Ada 10 keterampilan akademik dan personal untuk sukses yaitu:

  1. Moral
  2. Aktualisasi diri
  3. Semangat motivasi
  4. Target prestasi
  5. Hubungan sehat orang tua, guru, dan teman sejawat
  6. Tanggung jawab
  7. Kegemaran menyelesaikan masalah
  8. Keterampilan berkomunikasi
  9. Rasa kebersamaan dan senang membantu
  10. Minat kepada budaya/isyu lokal, regional, dan global.

Kesepuluh hal di atas juga tidak harus berurutan seperti yang dituliskan, bisa jadi tidak sesuai dengan diri kita. Hal itu tergantung dari kondisi dan lingkungan kita masing-masing.

Selain mendapatkan materi tentang management sekolah yang unggul, kami juga mendapatkan materi sekolah ramah anak dari pak Sukardjo dan ibu Indira. Nah untuk materi ini akan saya postingkan dalam materi yang lainnya.

Alhamdulillah, senang sekali dapat ilmu baru tentang management sekolah yang unggul. Jadi terinspirasi untuk membuat workshopnya untuk semua anggota ikatan profesi guru Indonesia (IPGI) di seluruh Indonesia. Mau?

 

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.