Menulis di Blog Pribadi atau di Kompasiana?

Semoga di saat anda membaca tulisan ini, anda dalam keadaan sehat dan kebahagian hidup senantiasa mengiringi hari-hari bahagia anda bersama keluarga tercinta.

 

1389370665697599217

Menulis di Blog Pribadi atau Kompasiana?

Ketika anda sudah mulai asyik ngeblog, tentu anda akan lebih bebas mencurahkan segala isi hati di blog pribadi. Di blog pribadi itu anda bisa menuliskan apa yang disukai dan dikuasai. Perlu kreativitas tersendiri untuk membuat blog anda dilirik netter di dunia maya. Trafik blog akan naik dengan sendirinya manakala tulisan anda disukai oleh pembaca atau mereka yang membutuhkan tulisan anda.

 

Namun, bila anda ingin belajar menulis dan dimoderasi oleh admin yang bukan anda sendiri, maka masuklah kompasiana. Di blog keroyokan ini anda akan belajar menulis seperti layaknya seorang jurnalis. Jurnalis warga biasa yang kualitas tulisannya tak kalah dengan jurnalis profesional. Di kompasiana anda bisa belajar bersama penulis hebat lainnya.

 

Sebagai seorang blogger, saya memilih keduanya. Selalu menulis di blog pribadi, dan juga menulis di kompasiana. Wow tak terasa sudah begitu banyak tulisan mengalir deras begitu saja. Seperti air yang cukup deras keluar dari puncak gunung yang tinggi. Rasanya saya tak pernah kehabisan ide dalam menulis.

 

Sebenarnya lebih enak menulis di blog pribadi. Di sana anda bisa sesuka hati menulis. Anda adalah admin absolut atau penguasa dari blog sendiri. Namun di blog kompasiana, anda dibatasi oleh ketentuan-ketentuan yang sudah dituliskan oleh pengelolanya. Di situlah bedanya. Anda tak bisa menulis semaunya.

 

Persamaannya adalah, di blog pribadi atau di blog keroyokan macam kompasiana, kita harus punya tanggung jawab dan berani mempertanggungjawabkan apa yang ditulis. Oleh karena itu, sebaiknya tak perlu menggunakan nama samaran. Gunakanlah namamu sendiri, dan nikmatilah kebersamaan dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama di saat kopdar. Rasakan kehangatan ketika kopi darat dengan blogger lainnya, dan belajarlah dari cara mereka menulis dan mengelola blognya dengan baik.

 

 

salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

4 thoughts on “Menulis di Blog Pribadi atau di Kompasiana?

  1. tongato

    Salam Omjay
    Saya akan belajar menulis. ingin membuktikkan ketika kita menulis, maka akan muncul keajaiban. dan itu sudah terbukti. benar kalau kita rajin menulis akan ada keajaiban. ide atau gagasan akan mengalir deras.
    terima kasih Omjay.
    salam kenal. tongato

  2. wow, artikel nya bikin merinding, sangat bagus dan perlu di contoh.

    sekedar walking om wijaya, sekalian sdikit curhat ini ya, cara ngblog / post di kompas/kompasiana gimana sih ? kok selalu dilarang akses ya…

    thanks om wijaya. semoga semakin jaya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.