Posted on: September 8, 2013 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 1

Lintas Juang Osis dan Peringatan Hari Olahraga Nasional

Pagi masih gelap. Mentari pagi belum menunjukkan sinarnya. Namun, serombongan siswa SMP Labschool Jakarta sudah berkumpul di SMPN 236 PIK (Pusat Industri Kecil) Cakung Jakarta Timur. Mereka bersiap diri untuk mengikuti lari lintas juang OSIS yang setiap tahun rutin dilaksanakan. Mereka berkumpul didampingi orang tuanya dan juga guru yang akan mengawal mereka dari Cakung sampai Rawamangun.

Calon Pengurus OSIS yang siap dilantik menjadi Pengurus OSIS
Calon Pengurus OSIS yang siap dilantik menjadi Pengurus OSIS

Mereka terlihat begitu bersemangat untuk menempuh jarak sekitar 15 km. Jarak sejauh itu harus mereka tempuh sebelum dilantik menjadi pengurus OSIS. Dengan riang gembira mereka mulai berlari dan keluar pintu sekolah SMPN 236 Cakung Jakarta Timur. Para orang tua dan guru yang membawa kendaraan segera mendampingi mereka.

Setelah melalui pusat industri kecil (PIK), rombongan mereka melaju kencang menuju kawasan industri pulogadung. Dalam hitungan menit saja, mereka sudah berlari cukup jauh. Bagi saya yang bertubuh tambun ini, tidaklah mungkin mengejar mereka. Saya cukup sadar diri dengan mendampingi mereka di dalam mobil sekolah.Pak Irawan, supir sekolah labschool dengan setia mendampingi saya mengawal anak-anak yang mengikuti lari lintas juang OSIS.

Di dalam lari lintas juang OSIS, pengurus MPK juga diikutsertakan. Mereka juga ikut berlari bersama-sama OSIS dengan memakai seragam kaos berwarna hijau. Pengurus OSIS lama memakai kaos berwarna biru, sedangkan pengurus OSIS yang baru memakai kaos berwarna merah.

Di dalam kawasan industri pulogadung, rombongan lari lintas juang beristirahat sejenak. Mereka yang haus dan lapar dibegaikan makanan dan minuman. Sambil beristirahat itu mereka terus diberikan semangat dan motivasi oleh para seniornya. Ada juga beberapa alumni pengurus OSIS yang ikut mendapingi mereka. Ramai sekali suasananya.

Mereka saling bahu membahau membagi makanan dan minuman. Nampak kerjasama yang baik dianatar sesama pengurus OSIS yang akan dilantik. Setiba di sekolah mereka akan dilantik oleh pimpinan sekolah. Para guru sebagai panitia kegiatan dengan setia mendampingi mereka sambil bernarsis ria. Begitu gembiranya mereka di foto dan tak terlihat wajah lelah sedikitpun.

Rombongan melanjutkan perjalanan kembali. Dengan semangat tinggi mereka terus berlari. Saya mencoba mengambil gambar mereka melalui ponsel jadul saya.

Dengan semangat 45 mereka terus berlari dan berlari hingga sampai perapatan tugas. Di tempat ini rombongan berhenti sejenak merapihkan barisan. Para guru dan orang tua yang mendampingi, mengawal mereka menyeberang lampu merah. Di perampatan tugas ini kondisinya ramai sekali. Mobil dan motor melaju tiada henti. Kami harus hati-hati melangkahkan kaki. Bila tidak hati-hati akan mengaibatkan kecelakaan diri. Alhamdulillah, perempatan tugas dapat kami lalui dengan lancar dan tak ada peserta yang tertinggal. Saya bertugas menjadi tim penyapu.

Rombongan lari lintas juang terus berlari kencang sepanjang jalan pemuda. Tak terasa, sebentar lagi akan sampai pintu gerbang sekolah. Bahagia rasanya melihat mereka berlari dengan riang gembira. Apalagi ketika memasuki halaman sekolah. Rasa lelah yang diderita terbayar sudah.

Lari lintas juang OSIS dan peringatan hari olahraga nasional di sekolah kami berjalan sangat meriah. Di sekolah anak-anak sedang asyik bersenam ria sambil menunggu rombongan. Kini kami siap melantik pengurus OSIS yang baru, juga pengurus MPK yang akan mengawasi jalannya kepengurusan OSIS. Inilah cara kami dalam mendidik mereka. Semoga mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

1 people reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.