Posted on: August 23, 2013 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Lomba Karya Tulis Untuk Pelajar

surat undangan juri LKTIP

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH PELAJAR 2013

YAYASAN PRESTASI ANAK BANGSA

PENDAHULUAN

Pelajar adalah bagian dari kaum intelektual, setidaknya mereka adalah cikal bakal pemimpin masa depan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sejarah sudah membuktikan betapa banyak orang besar yang memiliki pemikiran cemerlang dan mereka berasal dari kamu muda, tanpa menafikan kebijaksanaan orangtua yang tentu lebih bisa melihat masalah lebih jelas karena pengalaman hidupnya.

Namun jiwa berfikir mendalam dan belajar menjadi orang besar karena ilmu dan wawasan pada diri pelajar tidak tumbuh begitu saja. Jiwa itu harus dikondisikan dengan asupan ilmu pengetahuan yang baik, stimulan dari lingkungan dan kebijaksanaan orangtua dan guru sebagai raw model pertama.

Sayangnya perkembangan teknologi dengan berbagai gadget yang sangat menarik bagi jiwa petualang dan imajinasi kaum muda menyebabkan semakin jauhnya jarak antara orangtua dengan anak, guru dengan murid, bahkan teman dengan teman. Jika disurvey kecil-kecilan remaja lebih baik kehilangan teman di dunia nyata daripada kehilangan gadget yang membuatnya bisa terkoneksi dengan teman-temannya di dunia maya.

Waktu yang begitu berharga akhirnya hanya dihabiskan untuk hal-hal yang sangat sepele padahal mereka punya potensi besar untuk menelorkan pemikiran-pemikiran cerdas jika mampu memanfaatkan waktunya untuk mengobservasi, mengamati, memikirkan, menuliskan, dan pada akhirnya melakukan aksi nyata untuk kebaikan dirinya, keluarganya, bangsa dan negaranya terlebih lagi agamanya.

Atas dasar inilah Bidang Pendidikan Yayasan Prestasi Anak Bangsa menggagas mengadakan kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Pelajar  (LKTIP) dengan tema besar “Mengubah dengan Pena”, berharap dapat lebih menstimulasi kebiasaan berfikir mendalam dan ilmiah tentang masalah-masalah sosial dan kependidikan di masyarakat. Agar mereka bisa menjadi bagian dari ‘agent of change’ dalam mewujudkan negara yang adil dan sejahtera.

 

LANDASAN PEMIKIRAN

“ Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah dibelakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu , hendaklah mereka bertakwa kepada Allah” (QS Annisaa: 9)

“ Barangsiapa yang mengajak pada kebaikan, maka baginya pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Barangsiapa yang mengajak pada kesesatan, maka baginya dosa mereka tanpa dikurangi sedikitpun.” (HR muslim)

 

SASARAN DAN TUJUAN

Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa/siswi pelajar tingkat Sekolah Menengah baik SMP maupun SMU dan sederajat. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun jiwa ilmiah, sikap kritis, dan kepedulian pelajar terhadap permasalahan sosial di sekitarnya juga sebagai langkah awal pembentukan Klub Menulis Pena Bangsa.

TARGET

Target peserta kegiatan ini adalah 100 orang dengan 100 karya tulis yang kemudian diseleksi hingga mendapatkan pemenang I,II dan III

BENTUK KEGIATAN

Kegiatan LKTIP ini berbentuk lomba dimana peserta diberikan waktu untuk meneliti dan membuat karya tulis sesuai dengan pilihan tema yang diberikan. Bagi yang masuk semifinalis juga harus mempresentasikan hasil penelitiannya untuk dipilih yang terbaik sebagai pemenang. Pemenang berhak untuk mendapatkan piala, sertifikat, dan kenang-kenangan baik dari pihak Yayasan maupun sponsor.

TEMA KEGIATAN

Tema besar LKTIP ini adalah “Mengubah dengan Pena”, dengan pilihan topik:

  1. “Peran Sosial Media dalam Mengubah Masyarakat”
  2. “Telaah Kritis Kurikulum Pendidikan di Indonesia”
  3. “Menyikapi Fenomena Permasalahan Sosial di kalangan Pelajar” (pilih salah satu dari permasalahan berikut:  tawuran, narkoba, minuman keras, freesex)

Semua topik diharapkan dikaitkan dengan tinjauan Al Qur’an dan hadist Rasulullah.

AGENDA KEGIATAN

Berikut insyaa Allah adalah agenda kegiatan LKTIP 2013 Yayasan Prestasi Anak Bangsa

Sosialisasi Kegiatan, 15 Juli-25 Agustus 2013

Seleksi Administrasi   , 26-31 Agustus 2013

Batas Akhir Pengumpulan Karya Tulis       29 September 2013

Pengumuman Seleksi Peserta yang lolos Semifinal       11 Oktober 2013

Presentasi hasil karya tulis (final) dan Pengumuman Pemenang         27 Oktober 2013

Sosialisasi Pemenang LKTIP ke sekolah,   28 Oktober 2013

TIM JURI DAN PENILAIAN

Tim juri dan Penilai berasal dari praktisi pendidikan, pengamat sosial, dan psikolog pendidikan. Kriteria penilaian meliputi : keterkaitan penelitian dengan topik yang dipilih, isi dan kemanfaatan penelitian bagi masyarakat luas, tata bahasa dan ketajaman ulasan hasil penelitian, serta orisinalitas hasil karya tulis. Untuk tiap kriteria kisaran nilai adalah skala 1-100. Pemenang didapat dari yang memperoleh skor total paling tinggi. Untuk form penilaian akan kami kirimkan ke email masing-masing juri.

SYARAT DAN KETENTUAN

  1. Peserta merupakan siswa/siswi SMP atau SMU di wilayah Kecamatan Pasar Rebo dan sekitarnya dan melengkapi persyaratan administratif seperti CV dan fotokopi Kartu Pelajar atau KTP, dan surat keterangan dari sekolah yang bersangkutan.
  2. Setiap sekolah boleh mengutus lebih dari satu perwakilan untuk mengikuti lomba
  3. Karya tulis merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah dilombakan atau dipublikasikan
  4. Karya tulis diketik pada kertas A4 spasi 1,5 dan maksimal 15 halaman
  5. Hasil karya pemenang akan menjadi hak milik Yayasan Prestasi Anak Bangsa dan berhak dipublikasikan oleh YPAB
  6. Hasil Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat

HADIAH BAGI PEMENANG

Juara I, II, dan III untuk nsetiap kategori (SMP dan SMA) berhak atas piala dan sertifikat, serta bingkisan sponsor

Juara I mendapat Tabungan Pendidikan senilai Rp1.000.000,-, juara II senilai Rp 750.000,-, dan juara III senilai Rp 500.000,-

KONTAK PANITIA (PIC)

Prasetyo Rudi Hartono 0818 0807 2016

Muharani Widiastuti  0857 7048 2787

Kelengkapan administrasi dan Hasil karya ilmiah dikirimkan ke alamat email berikut:

pabangsa@gmail.com

 

 

 

 

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.