Desa Taraju, Tasikmalaya yang Indah

Selama 2 hari ini, saya bersama keluarga berlebaran ke Taraju Tasikmalaya. Sebuah desa dan kecamatan yang sungguh mempesona hati. Udaranya yang sejuk karena alam pegunungan, dan juga dikelilingi perkebunan teh yang luas membuat desa ini terkenal ke seantero negeri. Hasil pertanian seperti Cabai, sangat terkenal kualitasnya. Cabai Taraju banyak diminati pasar dan selalu masuk pasar induk Caringin dan lainnya.

1376222069202500444
Indahnya desa Taraju di Tasikmalaya Jawa Barat (Dokumentasi Pribadi)

Ketika kami datang, ada orang India yang datang ke rumah Mang Mamad (tempat saudara dari istri) untuk silahturahmi. Saya pun bertanya kepadanya tentang kunjunganya ke desa Taraju. Katanya, desa taraju itu indah dan membuatnya betah berlama-lama di daerah ini. Kebetulan beliau sedang berdakwah dan melakukan studi banding di desa ini. Beliau juga bercerita tentang keunikan desa ini. Misalnya, pasar taraju yang hanya buka hari Rabu dan Sabtu.

1376222588781357694
Pasar Domba dan Kambing yang ada hanya di hari Rabu dan Sabtu (Dokumentasi Pribadi)

Ketika waktu sholat subuh tiba, kami bertemu kembali di mushollah dekat rumah, dan ternyata ada beberapa temannya yang ikut juga ke desa ini. Saya benar-benar menikmati suasana subuh di desa taraju tasikmalaya yang dingin. Rasa dinginnya terasa sampai tulang sumsun, Untunglah saya memakai jaket sehingga rasa dingin ini agak berkurang. Usai sholat subuh, saya langsung pergi ke kantor kelurahan dan di depannya ada tukang bubur dan gorengan. Saya menijkmati sarapan bubur di desa taraju yang dingin.

13762225001213873304
Menikmati Sarapan Bubur di Desa Taraju Tasikmalaya (Dokumentasi Pribadi)

Ujian terberat di tempat dingin seperti taraju adalah bangun pagi di saat subuh. Panggilan suara adzan di masjid bisa tak terdengar ketika rasa kantuk menguasai diri. Kita pun akan terus tertidur hingga mentari pagi menyinari dunia. Untunglah saya manfaatkan pagi dengan berjalan-jalan kaki melihat indahnya desa. Saya sempat mampir ke polsek Taraju yang kebetulan dekat dengan rumah saudara saya di taraju.

13762230651395193387
Kantor Polsek Taraju (Dokumentasi Pribadi)

Tak terasa, selama dua hari ini saya berada di desa taraju tasikmalaya untuk berlebaran bersama keluarga. Indahnya desa taraju membuat kami sekeluarga betah berlama-lama di tempat ini. Selain hawanya sejuk dan dingin, desa penghasil cabe merah kualitas eksport ini juga memiliki keunikannya tersendiri. Penduduknya sangat ramah dan memegang teguh adat sopan santun yang sudah dicontohkan oleh para leluhur. Anda akan disapa dengan penuh kekeluargaan dan keramah tamahan, meskipun mereka belum mengenal anda dengan baik. Tak heran bila Traju terkenal aman, dan hampir tak ditemui tindakan kriminal di desa ini. Polsek taraju akan siap membantu anda bila ada gangguan keamanan di desa ini.

13762231982016638664
Kantor Polsek Taraju (Dokumentasi Pribadi)

Secara kebetulan juga di desa taraju sedang ada tamu dari negara india. Para tamu itu menginap di mushollah dekat rumah. Mereka juga berbagi ilmu tentang dakwah islamiyah. Saya menyebutnya jamaah tabligh. Sebab mereka menyampaikan dakwahnya lewat ceramah. Mereka saling bergantian memberikan kultum sehabis sholat fardhu dan didampingi seorang penterjemah. Bagus-bagus isi ceramahnya dan membuat iman ini kembali bertambah kepadaNya. Sayang saya tak sempat mengambil gambar mereka.

13762233611476720739
Kantor Kramil Taraju (Dokumentasi Pribadi)

Terkadang saya menjadi suka tersenyum-senyum sendiri. Saya tersenyum melihat para tamu dari india itu berbicara. Seperti menonton film india saja rasanya. Jadi ingat film kuchu kuchu hutahe atau film 3 idiot yang terkenal itu, hehehe. Kalau ada sharukh khan pasti rame ke desa itu, hahaha.

13762236681161662032
Jalan Mulus dan Bagus Menuju Desa Taraju

Saya terus berjalan pagi sambil berolahraga menikmati udara dingin di desa taraju ini. Mulailah saya bermain ke kantor kecamatan taraju, dan tempat-tempat lainnya. Inilah hasil jepretannya!

1376223744879825099
Desa Taraju Memang Top(Dokumentasi Omjay)

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.