Posted on: April 10, 2013 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 9

Surat Untuk Presiden SBY

sbyYth. Bapak Presiden SBY.

Semoga bapak presiden selalu dalam keadaan sehat. Semoga pula pintu kesuksesan senantiasa mengiringi hari-hari bapak dalam mengurusi rakyat indonesia. Bapak senantiasa diberi kesabaran dan kebijaksanaan dalam menghadapinya.

Bapak presiden sby yang saya hormati, dan banggakan. Perkenalkan saya adalah seorang guru yang sudah mengabdikan diri selama 23 tahun di dalam dunia pendidikan. Terus terang saya sungguh bergembira dengan akan diberlakukannya kurikulum baru. Kurikulum ini diberinama oleh kemdikbud kurikulum 2013. Kurikulum yang saya harapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Namun sayang, setelah beberapa kali saya mengikuti proses sosialisasi kurikulum 2013, saya menemukan kekecewaan. Kurikulum 2013 ini ternyata belum siap pakai untuk digunakan atau diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia. Masih banyak hal yang harus diperbaiki dan disempurnakan. Terutama tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar yang banyak dikritisi oleh para pakar dan praktisi pendidikan.

Kami sudah banyak memberikan masukan dan kritik yang membangun kepada tim pengembang kurikulum. Tetapi selalu saja mentok dan tak didengar. Mereka terlalu percaya bahwa kurikulum 2013 sangat tepat diterapkan di tahun ini. Mereka seolah tuli, dan merasa benar sendiri. Kami dianggap tidak memahami kurikulum yang sedang disosialisasikan.

Berdasarkan pengalaman saya menjadi guru selama 23 tahun, kurikulum 2013 ini yang banyak mengundang kontroversi. Bahkan staf khusus menteri di DPR ada yang mengatakan bahwa kurikulum tingkat satuan pendidikan atau ktsp 2006 melanggar undang-undang. Tentu tidaklah bijak mengatakan seperti itu tanpa kajian ilmiah dan terbuka. Kita akui Ktsp 2006 memang bermasalah. Namun kami ingin tahu dulu dimana letak masalah besarnya dari proses evaluasi yang cermat dan teliti. Pusat kurikulum dan perbukuan harus memberikan data yang jelas kepada publik.

Bapak presiden yang saya hormati dan banggakan. Baru-baru ini kami para guru berdemo ke DPR, dan didukung oleh berbagai kalangan yang mengkritisi kebijakan kemdikbud. Tujuan kemdikbud mengganti kurikulum sangat kami apresiasi, tapi nampaknya timing atau waktunya kurang tepat. Kurikulum 2013 lebih tepat disebut kurikulum ujicoba yang bisa kita teliti kelebihan dan kekurangannya, setelah diujicobakan. Barulah kita tahu apakah kurikulum ini layak diterapkan di seluruh indonesia ataukah tidak. Kita bisa mendiskusikannya melalui kajian ilmiah yang jelas. Bukan dengan pendekatan kekuasaan atau politik.

Bapak presiden SBYyang baik hatinya. Kami percaya bapak bisa melihat ini secara jernih. Kurikulum 2013 belum bisa diterapkan di tahun ajaran ini. Jangan korbankan peserta didik karena ketidaksiapan para guru menghadapi kurikulum baru. Alangkah baiknya jajaran kemdikbud melakukan terlebih dahulu pelatihan guru dari hasil uji kompetensi guru (UKG) yang sudah dilakukan. Di sana akan terlihat jelas masih rendahnya kualitas guru di negeri ini. Kitapun bisa melihat masih rendah pula kualitas kepala sekolah dan pengawas dari hasil UKG. Solusi yang terbaik adalah perbaiki kualitas guru dengan berbagai pelatihan yang efektif dan bukan direkayasa pelaksanaannya dari 5 hari menjadi 3 hari. Kejujuran dalam pelaksanaannya harus diperhatikan dan diawasi. Cara mengajar guru harus diperbaiki dan ditingkatkan.

Bapak presiden SBY yang saya hormati dan banggakan. Usul saya, lakukan debat publik agar rakyat indonesia tahu apa yang sesungguhnya terjadi tentang kurikulum 2013. Kemdikbud dan jajarannya nampaknya sulit sekali menerima kritik dan terus jalan sendiri tanpa memperhatikan usulan para pakar dan praktisi di bidang pendidikan. Tentu kita ingin pendidikan Indonesia menjadi lebih maju ketika dialog terus dikembangkan, dan inilah kehidupan demokrasi yang sebenarnya. Bukan melalui pendekatan kekuasaan dimana para guru diminta untuk tidak kritis dan menerima begitu saja kurikulum 2013 yang masih banyak kekuarangannya. Terutama dalam implementasinya di lapangan yang terkesan tergesa-gesa. Kami tak yakin akan berhasil, sebab negara kita adalah negara kepulauan yang lebih dari 13.000 pulau di dalamnya. Banyak masalah yang nanti akan ditemui ketika kebijakan ini diterapkan.

Akhirnya, saya harus mengakhiri surat saya ini dengan sebuah pesan kepada bapak bahwa guru adalah pemain inti dalam kurikulum. Apapun kurikulumnya, guru profesionallah yang akan membuat kurikulum itu mencapai tujuannya. Guru profesional adalah guru tangguh berhati cahaya yang mampu menghantarkan peserta didiknya ke pintu gerbang kesuksesan di dunia dan akhirat.

Salam blogger persahabatan
Omjay
https://wijayalabs.com

Categories:

9 People reacted on this

  1. Assalamu’alaikum Omjays yang senantiasa bersemangat..
    semoga curahan nikmat sehat dan rahmat Illahi selalu menaungi hari-hari aktifitas kita sebagai “agent og change”

    Saya terharu membaca berbagai tulisan Omjays belakangan ini, sangat terasa kerisauan kita ini sama. Intinya,kurikulum kita sepertinya hasil pesanan para pihak yang sangat ambisius padahal sejatinya tak didasari ruh pendidikan sejalan pemikiran kaum pendidik yang berada di lapangan. “Terlalu dipaksakan dan bernuansa ada kebohongan publik.” Kemdikbud bertindak refresif plus bumbu-bumbu propaganda lewat media rasanya berlebihan dan jauh dari kenyataan.

    Satu kalimat yang menyedihkan tertanam di hati ini,
    ” Rasanya kita sebagai bangsa,belum merdeka dan tidak siap untuk berdemokrasi”

    Salam perjuangan.. Bismillah

    Radea Jatnika
    (Insan Kolong Langit)

  2. Kepada Yth.Presiden Indonesia di tempat
    Saya murid eks-RSBI SD kelas tiga di salah satu SD negeri di Indonesia menyayangkan dihapuskannya pelajaran Bahasa Inggris,TIK,Bahasa Daerah dan Kesenian Daerah pada kurikulum baru ini.Bahasa Inggris dan TIK adalah sarana untuk mempelajari ilmu dan berkomunikasi dengan orang lain, sedangkan Bahasa Daerah dan Kesenian Daerah berguna untuk melestarikan budaya nasional dan sebagai jati diri atau identitas bangsa. Saya juga mengamati bahwa kurikulum 2013 terkesan dangkal dalam materi dan tidak selengkap materi kurikulum RSBI.Jika memang pendidikan itu ditujukan untuk semua,pemerintah harus memberikan kurikulum yang sama tingkatannya dengan kurikulum 2013.Kalau belum ada, biarkanlah kami melanjutkan kurikulum RSBI.Biarkanlah kami bebas berlari dengan kemampuan yang kami miliki.Janganlah pemerintah memaksakan kurikulum baru kepada anak eks-RSBI yang akan memundurkan proses belajar kami.Terimakasih.

  3. Assalamualaikum, Omjay kami mengharapkan semoga Bapak Presiden membaca surat kita ini, dan bisa memberikan tanggapan positif yang dapat mengubah keteguhan hati Kemendikbud agar tidak lagi memaksakan kehendaknya kepada kita para guru dinegara ini, tidak banyak harapan yang kita minta kepada Bapak Presiden mohon batalkan kurikulum 2013..

  4. Yth.Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
    Dengan hormat,
    Sebagai orangtua murid eks-RSBI SD negeri di Jawa Tengah, izinkanlah kami memberikan masukan agar kurikulum 2013 dibatalkan karena:
    1.Ada kesenjangan yang sangat jauh antara kurikulum 2013 dengan kurikulum RSBI,dan ini sangat merugikan siswa eks-RSBI. Siswa RSBI sudah terbiasa mendapatkan pelajaran dengan materi yang jauh lebih tinggi dan sulit,KKM tinggi.Kalau kurikulum 2013 dipakai sama artinya dengan kemunduran mutu pendidikan. Benar kata Adik Galang,kurikulum 2013 ini sangat dangkal.Pemerintah harus memberikan kurikulum yang sesuai dengan tingkatan pelajaran yang telah didapat oleh anak eks-RSBI.Lebih baik lagi kalau sekolah eks-RSBI tetap diizinkan memakai kurikulum RSBI.
    2.Kurikulum 2013 dibuat tergesa-gesa tanpa riset yang cukup terhadap kurikulum sebelumnya,yaitu KTSP dan outputnya. Tirulah negara Eropa yang tidak mudah mengganti kurikulum. Mereka mengganti kurikulum setelah 50 tahun dan dengan pemikiran yang matang.
    3.Kurikulum bukan sekedar proyek pemerintah,jadi perlu dengar pendapat dalam ruang lingkup yang luas. Guru,murid,praktisi pendidikan,dan orangtua murid perlu dilibatkan dalam pembuatan kurikulum.
    4.Uji publik belum dilakukan tetapi Mendikbud sudah memanggil penerbit buku.Ada apa Pak?Rakyat curiga nih.
    5.Anggaran kurikulum 2013 yang makin membengkak, dikhawatirkan rawan mark up dan korupsi.2,49 trilyun itu jerih payah rakyat jadi jangan dihambur-hamburkan.
    6.Kurikulum 2013 belum jelas kelanjutannya karena Mendikbud tinggal menjabat setahun lagi dan pasti diganti.
    Demikianlah surat saya.Harap menjadikan perhatian dan pertimbangan dalam memutuskan sesuatu agar tidak merugikan rakyat.Sebagai pemimpin contohkanlah demokrasi dan bukan otoriter.Terimakasih.

  5. Kemendikbud tenang-tenang saja walaupun mendapat kritikan dari seluruh Indonesia,kelihatannya ini untuk meredam konflik.
    Menurut saya kurikulum 2013 sangat dangkal materinya,dan bukan merupakan penyempurnaan dari kurikulum terdahulu. Sebagai orangtua dari dua anak kembar yang masih duduk di tingkat SD, saya mohon saran kepada para pembaca tentang kemungkinan menyekolahkan anak di luar negeri.Di negara manakah yang ada sekolah dasar bermutu dengan kurikulum yang baik?Biaya berapapun tidak masalah demi kebaikan mereka, karena saya dan suami terlanjur tidak percaya dengan pejabat Indonesia,kebanyakan hanya tahu korupsi,makan anggaran proyek negara dan mengorbankan masa depan bangsanya.
    Mohon jawaban lewat blog ini.

  6. Kepada Yth.Presiden Indonesia
    Saya kurang setuju dengan kurikulum 2013 karena:
    1.Kurikulum 2013 belum matang karena dibuat secara tergesa-gesa tanpa evaluasi terhadap kurikulum sebelumnya. 2.Kurikulum 2013 terkesan hanya proyek Kemendikbud dengan anggaran yang terus menerus meroket.3.Kurikulum 2013 dibuat dengan menabarak dasar hukum UU Sisdiknas 4.Kurikulum 2013 tidak jelas kelanjutan dan pertanggungjawabannya karena masa jabatan Mendikbud tinggal setahun lagi dan tidak mungkin terpilih kembali.5.Kurikulum 2015 tidak sesuai dengan sekolah eks-RSBI karena materinya jauh lebih rendah dibandingkan dengan kurikulum RSBI. 6.Kurikulum 2013 adalah kekerasan dan hukum rimba dalam dunia pendidikan,bagi anak/pelajar,bagi guru/pengajar dan bagi masyarakat luas. 7.Kurikulum 2013 tidak memperhatikan kesinambungan pendidikan, tetapi hanya menciptakan pembodohan belaka. 8.Kurikulum 2013 adalah proyek yang rawan korupsi.
    TOLAK KURIKULUM 2013.

  7. Kepada Presiden Indonesia,
    Mohon dicermati berbagai usulan dari masyarakat mengenai kurikulum 2013.Jika kurikulum 2013 diterapkan,akan terjadi kehancuran dunia pendidikan Indonesia karena kurikulum ini masih mentah sekali.Ibaratnya masih berupa benih.Kita tidak tahu apakah benih ini masih bisa tumbuh selaras dengan kemajuan zaman.Kalaupun bisa tumbuh,belum diketahui apakah kurikulum ini mampu berbuah manis untuk pendidikan Indonesia.
    Masih perlu evaluasi mendalam terhadap kurikulum ini.Untuk itu perlu adanya diskusi terbuka di setiap propinsi di Indonesia,melibatkan pakar-pakar pendidikan setempat,pihak komite sekolah,pihak orangtua murid,dan pihak siswa.
    Semoga hal ini bisa dilakukan sehingga didapat hasil terbaik dan benar-benar keinginan rakyat,bukan sekedar ambisi Mendikbud yang merusak rakyat dan mengotori kesucian kabinet Anda.

    1. Sebagai tambahan,TIK sangat penting untuk komunikasi,berbagi informasi,mencari ilmu di era globalisasi.Pak Presiden saja sekarang punya facebook dan twitter,masa kurikulum 2013 hanya mencantumkan TIK sebagai ekstra kurikuler?Namanya ekstra kurikuler itu sifatnya tidak wajib diikuti,berarti boleh ikut boleh tidak,mengakibatkan kemampuan anak tidak sama.

  8. S. B. Yudhoyono ‏@SBYudhoyono 21 Apr
    3. Anak Indonesia, teruslah berprestasi. Harumkan nama bangsa kita di pentas dunia. *SBY*
    Pak SBY,bukankah ini himbauan dari twitter Anda?
    Anak Indonesia mampu berprestasi jika kurikulumnya bagus dan matang dipersiapkan,guru-gurunya unggul,dan fasilitas memadai.Maka itulah kami menghimbau agar kurikulum kilat 2013 tidak dilaksanakan karena kurang persiapan dan materinya tidak berbobot.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.