Posted on: April 12, 2013 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Workshop Penyusunan Buku Ajar BP2IP Tangerang di Hotel Jayakarta Anyer, Banten

Workshop Penyusunan Buku Ajar
Workshop Penyusunan Buku Ajar

Kamis, 11 April 2013, saya diundang oleh panitia untuk mengisi Workshop Penyusunan Buku Ajar BP2IP Tangerang di Hotel Jayakarta Anyer.

Cukup Letih juga perjalanannya menuju lokasi acara. saya berangkat dari sekolah labschool pukul 14. wib dan sampai di lokasi puku 17.30 wib. Untunglah masih sempat mengambil gambar matahari terbenam (sunset) di pantai Anter yang indah.

Para pengajar bp2ip dari departemen perhubungan meminta saya untuk berbagi pengalaman dalam workshop penyusunan buku ajar di hotel jayakarta, anyer banten.

Sebenarnya, menyusun buku ajar tidaklah terlalu sulit asalkan kita mampu mengumpulkan bahan-bahan bacaan yang ada dan mengembangkannya dalam bahasa yang mudah dipahami peserta didik. Pengalaman saya membuat dan menyusun buku ajar untuk peserta didik lalu diterbitkan oleh penerbit besar tidaklah mudah. Kesulitan akan berbuah kemudahan ketika kita fokus dalam mengerjakannya dan tahu tujuan ke arah mana buku itu akan dituliskan. Oleh karena itu, outline atau daftar isi itu penting dalam menyusun buku ajar yang berkualitas. Kita pun membutuhkan jasa seorang editor agar bahasa yang digunakan mudah dipahami.

Dalam workshop penyusunan buku ajar, saya mencoba mempraktikkan hal-hal yang sangat sederhana. Saya mencoba menguji mereka dengan membuat sebuah karangan tentang indahnya alam desaku. Dari praktik menulis itu saya dapatkan puluhan cerita dengan versi berbeda dan menarik. Mereka bercerita tentang keunikan desanya masing-masing. Saya mencoba menampilkan slide dengan wajah pengunungan berlatar sawah yang saya ambilkan fotonya di daerah Garut, Jawa Barat.

Ketika kita menulis dengan persepsi kita, maka akan banyak didapatkan tulisan dengan pemikiran masing-masing. Oleh sebab itu dalam pembuatan atau penyusunan buku ajar, kita sudah harus tahu dulu materi atau kompetensi apa yang harus dikuasai oleh peserta didik. Dari situlah kita dapat mengembangkannya menjadi beberapa bab. Hal-hal yang sifatnya teoritik, anda bisa mencarinya di google, dan anda akan dapatkan materi penyusunan buku ajar dari berbagai pakar. Bagi saya, intinya sama, mereka mengajarkan kita untuk membuat buku ajar yang berkualitas.

Ciri buku ajar yang berkualitas adalah disukai pembaca dan mereka mendapatkan ilmu pengetahuan baru yang didapatkan dari buku yang dibacanya. Hal itulah yang saya sampaikan kepada 40 orang pengajar bp2ip tangerang yang banyak sekali pengalamannya di bidang pelayaran dan kelautan. Mereka sengaja menginap di hotel jayakarta Anyer untuk menyusun buku ajar yang baik dan berkualitas.

Latihan Praktik Menulis, lalu membacakan hasil tulisannya
Latihan Praktik Menulis, lalu membacakan hasil tulisannya

Saya memotivasi meraka untuk membuat buku ajar kelas dunia dengan mencontoh buku-buku dari luar negeri yang mereka dapatkan. Terus terang saya juga banyak mendapatkan ilmu dari dialog tanya jawab yang mereka kemukakan. Terutama tentang slide cara membuat buku ajar yang belum saya tampilkan.

Lalu bagaimanakah menyusun buku ajar yang berkualitas? Langkah pertama adalah kumpulkan buku-buku bagus menurut anda yang dapat digunakan sebagai referensi dalam kita menyusun buku ajar. Kedua, pelajari cari penulisnya menyampaikan pemikirannya lewat buku, dan perhatikan gaya menulisnya, dan ketiga fokus dengan buku yang akan kita susun agar materinya tak melenceng jauh dari standar kompetensi atau kompetensi dasar yang sudah disepakati bersama.

Pengalaman saya membuat buku ajar adalah lebih enak membuatnya bersama tim daripada sendirian. Dengan membuat buku ajar bersama tim, buku itu akan menjadi saling melengkapi karena setiap orang memiliki kontribusi dari pandangannnya masing-masing. Di sinilah terjadi kolaborasi dan kerjasama saling melengkapi daftar bacaan agar buku ajar dilandasi dari teori-teori yang ada dan bukan hanya pemikiran sendiri. Hasilnya akan sangat dahsyat bila kita mampu berkolaborasi dengan baik dalam pembuatan buku ajar.  Selamat mencoba!

Latihan Praktik Menulis, lalau membacakan hasil tulisannya
Latihan Praktik Menulis, lalau membacakan hasil tulisannya

Salam blogger persahabatan
Omjay
https://wijayalabs.com

 

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.