Posted on: March 9, 2013 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 4

Kisah Nyata: Betti Risnaleni Mendirikan Sekolah Sendiri dengan Modal Niat yang Kuat

Inspiratif banget apa yang disampaikan oleh ibu Dra. Betti Risnaleni, M.Pd. Beliau adalah pendiri yayasan Insan Kamil Utama yang mengelola sekolah TK dan SD Insan Kamil di Bantargebang Bekasi. Sekolah ini juga menerima siswa tidak mampu dan memberikan beasiswa.

Ibu Betti Risnalenni, Founder TK-SD Insan Kamil
Ibu Betti Risnalenni, Founder TK-SD Insan Kamil, bersama Guru Barunya

Segudang prestasi sudah banyak beliau peroleh. Selain sebagai guru berprestasi, beliau juga terpilih sebagai kepala sekolah berprestasi di propinsi Jawa Barat. Juara pernah menjadi juara pertama guru entrepreneur yang mampu mengembangkan kewirausahaan.

Beliau menceritakan pengalamannya dalam acara inspirasi guru yang sukses mendirikan dan mengelola sekolah sendiri. Kesempatan yang langka ini langsung disampaikannya kepada sekitar 50 orang guru yang hadir memenuhi ruang Aula STMIK Bani Saleh lantai 1 Kota Bekasi.

IMG_7378

Kegiatan berbagi inspirasi ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan ulang tahun Ikatan Guru Indonesia (IGI) wilayah Bekasi. Tak terasa IGI Bekasi sudah berusia hampir 3 tahun lamanya.

Bu Betti bercerita panjang bahwa tidak mudah mengelola sekolah. Membangun dan mendirikan sekolah itu mudah, tapi mengelolanya dengan baik dan guru-guru betah berada di dalamnya bukanlah perkara mudah. Harus ada kekeluargaan dan keterbukaan antara guru dan pengelola.

Bu Betti memulai mendirikan sekolah dengan mengontrak rumah orang lain terlebih dahulu. Setelah uangnya cukup, barulah beliau membeli tanah secara bertahap. Semua itu beliau lakukan dengan niat yang kuat. Semua dana yang ada dihasilkan dari hobi beliau yang senang berdagang. Berkat keuletan beliau, akhirnya terbangun juga bangunan gedung yang dikelola secara mandiri dan tanpa bantuan pemerintah.

Saya sungguh beruntung dapat hadir dalam acara yang sangat menginspirasi ini. Bu betti telah mengalami jatuh bangun dalam mengelola sekolah. Kini beliau menjadi kepala sekolah TK insan kamil, dan suaminya sebagai kepala sekolah sd insan kamil.

Dosen Pengampu mata kuliah pencak silat sewaktu mengajar di perguruan tinggi membuatnya selalu optimis dalam membangun dan mengelola sekolahnya dengan baik.

Selain ibu Betti yang memberikan inspirasi, ada juga pak Kusumo Suryoherjuno memberikan workshop ice breaker penyemangat belajar. Kami diberikan keterampilan bagaimana memecahkan kebekuan dalam belajar sehingga menyenangkan peserta didik.

Kegiatan Workshop ini dilaksanakan di STMIK Bani Saleh, Bekasi jl Hasibuan no.68 kota bekasi.

Bahagia rasanya bisa bertemu dengan orang-orang hebat hari ini. Semoga saya bisa meniru ibu betti dalam mengelola dan mendirikan sekolah sendiri. Sebagai seorang guru, saya bercita-cita memiliki sekolah sendiri secara mandiri. Dari sekolah itu saya akan mengembangkan ilmu-ilmu pendidikan yang saya kuasai. Semoga bisa seperti bu betti yang membangun sekolah dengan modal niat yang kuat.

Ibu Betti Risnalenni, Founder TK-SD Insan Kamil
Ibu Betti Risnalenni, Founder TK-SD Insan Kamil

Salam blogger persahabatan
Omjay
http:/wijayalabs.com

Categories:

4 People reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.