Posted on: October 26, 2012 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 5

TOR dari IPB untuk Mengisi Workshop ICT, Ada Usulan???

TERM OF REFERENCE

PESTA SAINS NASIONAL 2012

WORKSHOP “Pemanfaatan ICT untuk Pengajaran Kreatif  dan Fun

http://wijayalabs.blogdetik.com/2010/11/13/dahsyatnya-pesta-sains-2010-di-ipb-darmaga-bogor/

 

Narasumber                 : Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd

Waktu                         : 13.00 – 15.00 WIB

Tempat                        : Gedung Sylva Pertamina IPB

Hari/tanggal                : Jumat, 9 November 2012

Durasi :

Penjelasan tentang narasumber selama 5 menit,penyampaian materi selama 45 menit,dan 60 menit pelatihan ICT.

Alat Bantu :

LCD, Giant Screen, Laptop, Mimbar, Mic dan Sound System

Dresscode :

Formal

 

Deskripsi Tema         :

Merupakan pelatihan ICT untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar berbasis Teknologi sehingga dapat tercipta suasana belajar yang  kreatif dan fun serta mendorong respon aktif anak didiknya.

 

Point Materi               :

  1. Profil pribadi dan pandangan umum tentang sains
  2. Persuasif Ekspresi Teknologi dan Komunikasi : Dorongan Semangat untuk Terus Berkarya, Mengembangkan dan Mengaplikasikan Teknologi dan Komunikasi untuk Nusa dan Bangsa.
  1. Penggunaan Teknologi  oleh guru-guru SMA di Seluruh Indonesia : Sisi Positif dan Kiat-kiat sukses Memanfaatkan Teknologi dan Komunikasi sesuai Passion.

 

 

Target Pencapaian    :

  1. Peserta mendapat pengetahuan tentang etika pemanfaatan teknologi dan komunikasi
  2. Peserta dapat mengetahui contoh-contoh pemanfaatan teknologi untuk memaksimalkan bakat
  3. Peserta memiliki semangat untuk berperan dalam merespon aktif anak didiknya

 

 

Rundown Singkat

Workshop

ICT Guru

Pembukaan 13.00 – 13.10 Pembukaan Workshop oleh MC
Perkenalan Pembicara 13.10 – 13.15 Pembacaan CV pembicara
Penyampaian Materi 13.15 – 14.00 Penyampaian Materi
Praktik ICT 14.00 – 15.00 Praktik menggunakan ICT
Penutupan 15.00 – 15.05 Pemberian pelakat dan kenang-kenangan

 

           

Peserta :

Guru-guru SMA dari seluruh Indonesia.

 

PS  :

Narasumber diharapkan datang 20 menit sebelum acara dimulai.

 

Contact Person

Panitia Pelaksana Pesta Sains 2012 – Sekretariat BEM FMIPA IPB,

Gd Student Centre FMIPA IPB Darmaga Bogor.
Nomor Telepon : (0251) 8621638

Contact Person : Rizki Muhammad Perceka  (0857 1139 5602)

Categories:

5 People reacted on this

  1. Tips Jitu Untuk Mulai Menulis
    OPINI | 29 May 2011 | 17:29
    http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/05/29/tips-jitu-untuk-mulai-menulis/

    Menulis merupakan sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat. Salah satu manfaat dari menulis adalah sebagai sarana pertukaran informasi yang efektif dan efisien. Lewat sebuah tulisan bisa didapatkan banyak orang yang menjadi pembacanya bandingkan bila kita hanya berbicara saja, informasi yang kita sampaikan hanya diterima oleh orang yang mendengar pembicaraan kita saja. Terlebih lagi tulisan adalah sebuah bentuk fisik sehingga dimungkinkan untuk diperbanyak dan memudahkan untuk disebarluaskan agar lebih banyak lagi orang yang membacanya.

    Kegiatan menulis merupakan sarana untuk membebaskan diri karena kita dibebaskan untuk menulis seperti kemauan kita sendiri sehingga kegiatan menulis juga bisa meningkatkan kreativitas dan membentuk pola pikir penulis untuk menjadi lebih baik. Apalagi sebuah tulisan bisa menjadi cerminan dari penulisnya sehingga tulisan dapat menjadi indikator seberapa cerdas penulisnya dan seberapa luas pengetahuan yang dimiliki oleh penulis.

    Menulis juga merupakan sebuah kegiatan aktualisasi diri. Dikatakan demikian karena biasanya seorang penulis menyadari bahwa untuk meningkatkan kualitas tulisannya maka ia perlu untuk banyak membaca tulisan lain. Sehingga bukan rahasia lagi bila seorang penulis biasanya memiliki pengetahuan yang lebih luas dibandingkan dengan orang yang tidak biasa menulis.

    Kemajuan teknologi saat ini salah satunya adalah teknologi internet menghadirkan sarana blog untuk kegiatan publikasi, sehingga memungkinkan untuk lebih banyak lagi orang yang membaca tulisan kita. Ok, sudah banyak alasan kenapa kita harus mulai menulis, tapi menulis juga tidak boleh secara sembarangan. Ada beberapa trik yang cukup jitu agar kita bisa lebih mudah dalam menulis.

    Berikut beberapa trik jitu yang bisa dilakukan untuk mulai menulis:

    1. Perhatikan keadaan sekitar, temukan inspirasi.

    Inspirasi dinilai sangat penting bagi seorang penulis. Inspirasi bagaikan kendaraan yang membawa penulis untuk menyelesaikan tulisannya. Terkadang banyak orang yang berpergian jauh untuk mencari inspirasi. Sebenarnya inspirasi bisa didapatkan di mana saja tergatung seberapa peka penulisnya dan imajinasi penulis untuk mengangkat hal yang bisa menjadi inspirasinya dalam membuat tulisannya.

    Perhatikanlah keadaan di sekitar anda. Luangkan waktu sejenak untuk memperhatikan hal-hal detail yang mungkin selama ini belum pernah anda hayati. Sebuah tulisan yang bagus biasanya berawal dari hal yang ada di sekitar penulisnya sendiri, sehingga tulisan yang dihasilkan nantinya akan terasa nyata dan memungkinkan pembaca untuk merasa juga pernah mengalaminya. Tulisan seperti ini mampu menghubungkan penulis dengan pembaca untuk memahami makna yang sama.

    2. Bawa catatan kecil.

    Kegiatan ini mungkin agak sedikit merepotkan namun sebenarnya sangat membantu bagi kita yang mudah melupakan sesuatu. Sebenarnya kegiatan ini bermula dari disadarinya bahwa terkadang inspirasi dapat muncul di mana saja dan kapan saja. Kadang ketika inspirasi muncul namun kita dalam keadaan sibuk dan tidak sempat untuk membuat tulisan.

    Misalnya ketika kita sedang bekerja di kantor lantas menemukan sebuah ide inspirasi untuk menulis akan tetapi karena kita sedang sibuk akhirnya ide itu terbuang percuma dan tidak sempat menjadi sebuah tulisan. Maka dengan membawa catatan kecil kita bisa menuliskan ide itu secara garis besarnya dahulu dan ketika ada waktu luang baru kita lanjutkan ide yang ada di catatan untuk menjadi sebuah tulisan.

    3. Sesuaikan tulisan (Bahasa yang digunakan dan ukuran tulisan).

    Sebelum membuat tulisan ada baiknya kita mampu membuat perkiraan terlebih dahulu, kira-kira tulisan yang kita buat ini akan menjangkau pembaca yang seperti apa. Pemilihan bahasa dalam sebuah tulisan sangatlah penting, terkadang pembaca merasa agak bosan dengan tulisan yang bahasanya terkesan sangat formal. Namun pertimbangan lain bila memang tulisan yang kita buat mengandung informasi penting maka pilihan menggunakan bahasa yang formal bisa menjadi pilihan tepat karena mungkin saja pembaca menyertakan tulisan kita untuk sebuah tulisannya yang bersifat ilmiah atau formal.

    Ukuran tulisan juga sangat berpengaruh, kadang pembaca merasa jenuh dan tidak tertarik dengan tulisan yang terlalu panjang. Buatlah sebuah tulisan dengan menggunakan kata-kata yang singkat, jelas dan padat. Kira-kira kriteria yang diminati pembaca memang tulisan yang seperti itu.

    4. Judul itu penting.

    Judul adalah bagian paling penting dari sebuah tulisan. Biasanya pembaca memilih sebuah tulisan dengan cara melihat dari judulnya. Terlebih lagi tulisan yang ditayangkan di blog, biasanya pada halaman utama hanya judulnya saja yang ditampilkan dari sebuah tulisan. Usahakan membuat judul yang semenarik mungkin agar menarik minat pembaca untuk melihat tulisan kita. Namun judul yang baik tetaplah harus merepresentasikan isi tulisan yang kita buat secara keseluruhan. Harus ada keterkaitan antara judul dengan tulisan yang kita buat.

    5. Buat pikiran utama.

    Cara mudah untuk membuat sebuah tulisan adalah dengan membuat kata-kata atau point penting dari tulisan yang ingin kita buat terlebih dahulu. Dari sebuah kata penting misalnya nanti akan bisa kita kembangkan untuk menjadi sebuah paragraf. Dengan begitu fokus tulisan tidak akan ada yang terlewat dan memudahkan kita untuk menulis. Dari cara ini menulis akan menjadi bagaikan bercerita karena kita hanya perlu mengembangkan ide pokok yang sudah ditentukan sebelumnya.

    Berikut adalah contoh ide pokok yang saya kembangkan untuk menjadi tulisan ini.

    1306663449829447972

    6. Baca kembali tulisan anda.

    Ketika anda sudah menyelesaikan sebuah tulisan jangan terburu-buru untuk langsung mempublikasikannya. Baca kembali tulisan yang anda buat sejak awal. Perhatikan apakah semua tulisan sudah sempurna dengan tidak ada kata yang kurang atau salah. Perhatikan penempatan tanda titik, koma untuk memudahkan pembaca menyelami tulisan anda.

    Baca dengan kritis setiap gaya bahasa pada tulisan anda, perbaiki bila dirasa ada yang kurang tepat. Pastikan adanya hubungan antara satu kalimat dengan kalimat berikut, satu paragraf dengan paragraf berikut hingga tulisan anda memang sudah baik. Periksa tulisan anda sebanyak dua sampai tiga kali. Meski anda bukan penulis profesional namun saya yakin anda mampu membuat tulisan yang bagus dan menarik.

    7. Tetaplah menulis.

    Kadang anda merasa sedang benar-benar kehabisan ide dan rasanya percuma saja bila membuat tulisan maka tulisan itu akan menjadi tidak bagus. Saya sarankan agar anda tetap menulis, ya tetaplah menulis. Meski mungkin hanya akan menjadi satu kalimat atau satu paragraf bukankah nanti anda masih bisa menuliskannya kembali. Malah tulisan anda yang tanpa inspirasi itu sudah menjadi sebuah tulisan, maka yang perlu anda lakukan adalah baca kembali tulisan anda dan cobalah untuk memperbaikinya. Bisa saja inspirasi baru datang ketika anda sedang menulis atau saat anda membaca kembali tulisan anda.

    8. Publikasikan tulisan.

    Publikasikanlah tulisan yang sudah anda buat. Tak usah malu melakukannya malah akan terasa percuma bila anda membuat tulisan namun tidak ada yang membacanya. Tunjukkan tulisan itu kepada teman anda, mintalah pendapatnya tentang tulisan anda. Segala saran dan masukkan yang anda terima dapat membantu meningkatkan kualitas tulisan anda yang selanjutnya.

    9. Jangan berhenti menulis.

    Jangan merasa cepat puas dan berhenti untuk menulis, karena saya yakin anda mampu membuat tulisan yang lebih baik lagi dibandingkan dengan tulisan yang sudah pernah anda buat. Cobalah untuk menulis sesuatu yang baru, misalnya tulisan dengan tema baru. Bila anda selama ini baru membuat tulisan berbentuk artikel maka cobalah tulisan bentuk lain, menulis puisi misalnya atau cerpen bahkan novel dan buku. Banyak mencoba membuat tulisan baru yang berbeda akan mengasah kemampuan anda dalam menulis.

    Ada beberapa hal yang harus diketahui sebagai seorang penulis yang pemula. Terkadang ada sebuah tulisan ringan yang tidak berisi informasi penting namun memiliki banyak pembaca, ada juga tulisan yang untuk membuatnya dibutuhkan penelitian terlebih dahulu namun hanya memiliki sedikit pembaca. Jangan berkecil hati bila tulisan anda hanya sedikit yang membacanya, teruslah berlatih dan belajar untuk membuat tulisan yang menarik.

    Bila sudah banyak tulisan yang anda buat maka anda akan menemukan identitas anda dalam membuat tulisan. Seperti seorang penulis yang handal biasanya ia memiliki karakter khas yang ia tuangkan pada tulisannya. Karakter khas seperti ini yang akan membuat anda sebagai penulis menjadi istimewa karena tulisan yang anda buat memiliki perbedaan dibandingkan tulisan orang lain.

    Simpanlah semua tulisan yang anda buat dengan baik. Karena saat ini banyak seorang blogger yang bisa menerbitkan sebuah buku yang isi buku tersebut adalah kumpulan tulisan dari aktivitasnya sebagai blogger. Cukup awali kegiatan menulis dengan hal yang ringan, menulis catatan harian misalnya. Ketika anda sudah terbiasa untuk menulis maka anda pun biasanya akan mencari tantangan yang lebih besar lagi dalam membuat tulisan.

    Pesan terakhir adalah cintailah kegiatan menulis karena ketika anda sudah menyukai kegiatan menulis maka menjadi penulis bukanlah lagi sebuah pekerjaan atau tuntutan tapi kegiatan menulis akan menjadi sebuah kebutuhan dalam hidup anda.

    Seperti sebuah ungkapan yang baru saja saya dapatkan ketika menyelesaikan tulisan ini:

    “Writing is Exciting”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.