Posted on: September 14, 2012 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Belajar dan Berbagi Ilmu PTK di SMKN 29 Jakarta Selatan

Jum’at, 14 September 2012 saya diminta untuk mengisi materi presentasi seminar hasil penelitian tindakan kelas (PTK) di SMKN 29 Jakarta Selatan. Sekolah ini terletak di Jl. Prof Joko Sutono Jak-Sel. Usai sholat jum’at saya langsung menuju ruang multimedia SMKN29 Jak-Sel (dulu STM Penerbangan). Di tempat ini telah berkumpul teman-teman guru yang mau belajar PTK, dan melaporkan hasil PTKnya. Supaya tidak mengantuk, presentasi saya selingi dengan cuplikan adegan film 3 idiot yang sangat menginspirasi para guru.

Putar Cuplikan Film Supaya tidak Mengantuk
Putar Cuplikan Film Supaya tidak Mengantuk

Seru dan asyik juga melihat presentasi seminar PTK teman-teman guru. Kami sama-sama belajar dan berbagi ilmu PTK di ruangan yang sangat mewah ini. Ruangan ber-AC dengan fasilitas multimedia lengkap yang membuat pembelajaran menjadi semakin menyenangkan. Saya berusaha agar terjadi interaksi positif di antara kami.

Presentasi PTK dari salah Seorang Guru SMKN 29 Jakarta
Presentasi PTK dari salah Seorang Guru SMKN 29 Jakarta

Sebelum mereka presentasi, saya menyampaikan sedikit materi tentang problematika PTK, dan startegi Implementasinya. Mulai dari kenapa guru takut melakukan PTK, sampai masalah-masalah penyakit guru yang menyebabkan mereka rabun membaca, dan lumpuh menulis. Saya pun memberikan kiat-kiat khusus dalam menuliskan karya tulis ilmiah.

Kami saling berdialog, dan berbagi pengalaman masing-masing dalam melakukan PTK. Hasilnya sungguh luar biasa, kami menjadi lebih tahu apa itu PTK, dan mengapa PTK itu penting bagi guru.

Latihan Presentasi laporan Seminar PTK di SMKN 29 Jakarta
Latihan Presentasi laporan Seminar PTK di SMKN 29 Jakarta

Ada 2 orang guru tampil mempresentasikan hasil PTKnya, dan sayapun memberikan masukan tentang PTK yang sudah dilakukannya. Rata-rata dari mereka sudah melakukan PTK dengan baik. Hanya saja dalam teknik penulisannya yang harus lebih ditingkatkan. Juga tentang penyajian presentasinya yang harus lebih baik lagi dengan memasukkan gambar secara visual, dan tak melulu teks yang merupakan hasil copy paste dari laporan PTK.

Foto Bareng teman-teman guru di SMKN 29 Jakarta
Foto Bareng teman-teman guru di SMKN 29 Jakarta

Usai kegiatan, kami berfoto bersama. Senang sekali berada di sekolah ini, semoga bisa kembali lagi ke SMKN 29 Jakarta dengan suasana yang berbeda. happy deh!

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.