Apa yang Dilakukan Guru di Hari Pertama Tahun Ajaran Baru?

Usai upacara bendera hari pertama masuk sekolah, para guru berkumpul di ruang rapat untuk mendapatkan pengarahan dari pimpinan sekolah. Para guru yang ditunjuk sebagai wali kelas agar masuk ke kelasnya masing-masing. Di kelas para wali kelas diminta memimpin pembentukan struktur kelas dan pemilihan ketua ketua kelas secara demokratis.

Ibu Entin Gunawati memberikan Arahan kepada siswa

Ibu Entin Gunawati memberikan Arahan kepada siswa

Alhamdulillah, pembentukan pengurus dan struktur kelas berjalan dengan lancar. Salah seorang siswa yang bernama Ihsan Indra terpilih menjadi ketua kelas. Lalu ketua kelas terpilih meminta teman sekelasnya untuk menjadi pengurus kelas sesuai dengan posisi yang tersedia. Mulai dari wakil ketua kelas, bendahara, sekretaris, seksi kebersihan, kekeluargaan, keamanan, ketertiban, keindahan, Olahraga dan kesehatan, kerohanian Islam, dan Kristen.

Obu Entin menjelaskan Tentang Tugas  Pengurus Kelas

Ibu Entin menjelaskan Tentang Tugas Pengurus Kelas

Sebagai wali kelas, saya ditemani oleh ibu Entin Gunawati sebagai wali kelas VIIIC SMP Labschool Jakarta. Ibu Entin menjelaskan secara detail tentang tugas pengurus kelas.

Setelah ibu Entin menjelaskan job description pengurus kelas, saya menjelaskan tentang tata tertib yang berlaku di sekolah. Buku panduan tata tertib siswa sudah dimiliki oleh para siswa, dan penjelasan singkatnya sudah ditempel di dinding kelas.

Buku Panduan Tata Tertib Siswa SMP Labschool Jakarta

Buku Panduan Tata Tertib Siswa SMP Labschool Jakarta

Saya mengingatkan kepada para siswa untuk mentaati tata tertib sekolah dengan baik. Jangan sampai ada siswa yang melanggar, karena ada hukuman buat siswa yang melanggar tata tertib. Namun sebaliknya, akan ada penghargaan buat siswa yang dapat menjalankan tata tertib dengan baik.

Sayapun tak lupa meminta biodata para siswa yang terdiri dari nama lengkap, nama panggilan, Tempat tanggal lahir, alamat rumah, no telepon, dan no ponsel. Biodata itu dikirimkan ke email saya di wijayalabs@wijayalabs.com.

Pukul 10.00 wib, siswa sudah diperbolehkan pulang di hari pertama masuk sekolah, dan kami berdoa dulu sebelum pulang. Setelah berdoa, kami saling bersalaman dan merapihkan bangku masing-masing.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

by

Teacher, Trainer, Writer, Motivator, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, Simposium, Workshop PTK dan TIK, Edupreneurship, Pendidikan Karakter Bangsa, Konsultan manajemen pendidikan, serta Praktisi ICT. Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis. Semua perjalanan itu ia selalu tuliskan di http://kompasiana.com/wijayalabs. Omjay bersedia membantu para guru dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) online, dan beberapa Karya Tulis Ilmiah Omjay selalu masuk final di tingkat Nasional, dan berbagai prestasi telah diraihnya. Untuk melihat foto kegiatannya dapat dilihat dan dibaca di blog http://wijayalabs.wordpress.com Hubungi via SMS : 0815 915 5515/081285134145 atau kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau klik hubungi omjay yg disediakan dalam blog ini, bila anda membutuhkan omjay sebagai pembicara atau Narasumber.

2 thoughts on “Apa yang Dilakukan Guru di Hari Pertama Tahun Ajaran Baru?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.