Posted on: March 12, 2012 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

TUKPD

Apakah TUKPD itu? TUKPD adalah singkatan dari Ujicoba Kompetensi Peserta Didik. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang sudah memasuki tahap kedua pada Senin, 12 Maret 2012.

Kebetulan saya diminta untuk menjadi salah satu pengawas TUKPD. Ada 4 mata pelajaran yang diujicobakan, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Setiap hari, hanya satu pelajaran yang diujikan.

Saya gak tahu pasti kenapa MGMP DKI Jakarta membuat kegiatan TUKPD ini. Mungkin tujuannya adalah agar anak-anak SMP kelas 3 atau IX lebih siap lagi menghadapi Ujian Nasional (UN). Dengan mengikuti TUKPD, diharapkan anak-anak sudah banyak berlatih soal-soal sebelum UN. Dari hasil nilai TUKPD ini akan diketahui, siapa siswa yang mendapatkan nilai rendah. Dengan begitu, siswa yang belum mendapatkan nilai yang bagus akan segera mendapatkan layanan khusus dari guru matpel yang ditunjuk oleh sekolah.

Semoga, tujuannya benar-benar tercapai dan bukan membuat para peserta didik menjadi semakin stress menghadapi UN.  Saya hanya bisa berdoa, semoga para siswa kelas 9 mendapatkan nilai terbaik, dan TUKPD yang diselenggarakan secara bersamaan di seluruh  SMP  DKI Jakarta dapat mengukur kemampuan siswa menghadapi soal UN.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.