Posted on: October 2, 2011 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Efektivitas Pemanfaatan Blog Sebagai Media Test Online Dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis Siswa

ABSTRAK

Pemanfaatan Blog Sebagai Media Test Online
Pemanfaatan Blog Sebagai Media Test Online

Dalam pelajaran TIK SMP, tes teori masih dilaksanakan dengan cara tertulis menggunakan kertas ulangan, dan soal teori yang di foto copy. Hal ini jelas memboroskan biaya, karena guru dapat membuat soal teori dengan cara online melalui pemanfaatan blog di internet.  Siswa dapat menjawab soal teori langsung di bagian komentar yang dimoderasi oleh guru.

Penelitian bertujuan untuk melihat efektivitas pemanfaatan blog sebagai media test online dalam meningkatkan kreativitas menulis siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama 2 bulan (2 siklus). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMP Labschool Jakarta yang berjumlah 38 orang siswa. Data diperoleh dengan cara wawancara, dan menilai hasil jawaban siswa di blog.

Praktik Komputer di Lab Komputer SMP Labschool Jakarta
Praktik Komputer di Lab Komputer SMP Labschool Jakarta

Guru merencanakan penelitian tindakan dengan membuat soal-soal teori bentuk essay melalui blog https://wijayalabs.com , dan siswa diminta menjawab soal langsung dengan cara menuliskannya di bagian komentar. Guru menilai jawaban siswa yang benar dan sesuai dengan kunci jawaban soal yang diharapkan.

Praktik Komputer di Lab Komputer SMP Labschool Jakarta
Praktik Komputer di Lab Komputer SMP Labschool Jakarta

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pemanfaatan blog sebagai media test online dalam meningkatkan kreativitas menulis siswa dapat tercapai bila guru mengamati secara langsung proses pembelajaran yang dilakukan. Kreativitas menulis dapat ditingkatkan dengan cara test online dalam bentuk uraian. Dengan begitu, siswa yang telah memahami materi dengan baik akan bisa menguraikannya dengan cara tertulis.

Kata Kunci: efektifitas, blog, test online, kreativitas, menulis, dan internet

Bagi yang ingin mendapatkan lengkap laporan PTK-nya dapat mengirimkan email ke wijayalabs@gmail.com.



Laporan hasil PTK telah dipresentasikan pada kegiatan Simposium Nasional  Hasil Penelitian, dan Inovasi Pendidikan Balitbang Kemendiknas di Denpasar Bali, pada 20-22 September 2011, dan dipresentasikan kembali pada kegiatan seminar internasional on asian policy, practice, and research in technology transformed learning (APPRITTL) di UHAMKA Jakarta, pada Sabtu 1 Oktober 2011.


Tulisan ini juga diposting di http://media.kompasiana.com/new-media/2011/10/02/efektivitas-pemanfaatan-blog-sebagai-media-test-online-dalam-meningkatkan-kreativitas-menulis-siswa/#

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com


Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.