Posted on: October 1, 2011 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 1

Teknologi Ada untuk Mempermudah, dan Bukan Mempersulit Kerja Manusia

Ini adalah sebuah kisah nyata. Ketika waktunya saya akan mempresentasikan hasil penelitian di sekolah labschool dalam seminar internasional di uhamka, laptop, dan slide proyektor yang akan digunakan tidak bisa digunakan dengan baik. Sudah diganti dengan laptop merek baguspun slide proyektor gak bisa juga tampil. Alhasil, saya memutuskan untuk melakukan presentasi dengan peralatan yang ada saja. Dengan begitu tidak banyak waktu yang terbuang hanya untuk mempersiapkan slide power point dengan laptop dan silide proyektor yang sudah disiapkan oleh panitia.

Para Petugas dan panitia berusaha mempersiapkan slide presentasi dan seting laptop
Para Petugas dan panitia berusaha mempersiapkan slide presentasi dan seting laptop

Teknologi ada untuk mempermudah kerja manusia, dan bukan untuk mempersulit kerja manusia. Jadi prinsipnya, bila teknologi yang ada tidak bisa digunakan, masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk melakukan presentasi.

Omjay ketika akan Memulai Presentasi
Omjay ketika akan Memulai Presentasi

Saya memulainya dengan metode demonstrasi. Dimana saya mempersiapkan ipad apple saya untuk memunculkan hasil test online dalam blog pribadi saya. Secara kebetulan hotspot di ruangan kenceng banget. Kita bisa pakai internet sepuasnya.

Saya meminta mereka satu persatu untuk melihat langsung blog saya itu secara online, dan saya pinjamkan kepada para peserta seminar internasional di uhamka. Lalu setelah itu saya siapkan juga kertas ulangan dan soal-soal yang kita gunakan secara offline, sehingga para peserta tahu perbedaan tes secara online dan offline.


Saya pun menuliskan alamat email saya di wijayalabs@gmail.com, dan nomor ponsel saya. Hal itu saya lakukan untuk mengabarkan kepada mereka kalau materi presentasi saya dan makalah lengkapnya bisa diminta melalui email saya, dan bila ada hal yang ingin ditanyakan dapat bertanya langsung kepada saya melalui handphone.

Mbak Betha sang Moderator langsung membuka acara
Mbak Betha sang Moderator langsung membuka acara presentasi
Mas Sekhuri sebagai repporteur siap menjalankan tugas
Mas Sekhuri sebagai repporteur siap menjalankan tugas

Alhamdulillah, respon pesertapun sangat baik, dan saya pun lancar dalam melakukan presentasi hasil penelitian saya dengan judul EFEKTIVITAS PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA TEST ONLINE DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS SISWA. Selancar presentasi suami istri di bawah ini yang membawakan materi Success story on the use of ict in education.

Pasangan suami Istri mas Thohri, dan Mbak Rahmi yang juga menjadi speaker
Pasangan suami Istri mas Thohri, dan Mbak Rahmi yang juga menjadi speaker

 


Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

1 people reacted on this

  1. Seorang pembiacara yg baik, harus sdh siap dengan kondisi apapun dan mempresentasikan pesannya lewat berbagai cara dan tak perlulah harus bergantung kepada kecanggihan teknologi, sebab mereka hanyalah alat bantu saja.

    salam
    Omjay

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.