Posted on: October 1, 2011 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 0

Ikatlah Ilmu Dengan Cara Menuliskannya

Ikatlah Ilmu Dengan Cara Menuliskannya
Ikatlah Ilmu Dengan Cara Menuliskannya

Hari ini, Sabtu, 1 Oktober 2011 saya diminta oleh panitia seminar Internasional UHAMKA untuk menceritakan kisah sukses saya dalam melakukan test online kepada para para peserta didik saya di SMP Labschool Jakarta. Judul presentasi saya adalah EFEKTIVITAS PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA TEST ONLINE DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS SISWA. Sebuah judul yang sudah pernah saya tuliskan di blog kompasiana.com untuk mendapatkan masukan dari para pembaca semua.

Alhamdulillah, setelah saya memposting tulisan itu saya mendapatkan banyak sekali masukanatau respon  untuk pembuatan laporan penelitiannya. dari situlah akhirnya makalah saya lolos 100 besar sebagai penyaji simposium hasil penelitian, dan inovasi pendidikan 2011 di Denpasar Bali. Usai simposium, ada telepon dari UHAMKA untuk mempresentasikan penelitian saya ini dalam seminar internasional di UHAMKA.

Ternyata, dengan menuliskan ide-ide kita, dan mempublikasikannya dalam blog keroyokan seperti kompasiana sangat bermanfaat sekali dalam diri saya. Dengan begitu saya bisa mengikat ilmu yang saya dapatkan dengan cara menuliskannya di blog. Dengan cara seperti itu, saya yang melupa akan teringat kembali tulisan-tulisan saya yang telah lalu. Cukup dengan menuliskan kata kunci di menu search, maka hal penting yang pernah kita tuliskan dengan mudah dapat ditemukan.

Terus terang, agak suprise juga ketika panitia seminar international menghubungi saya untuk menceritakan kisah sukses saya ini dalam melakukan test online melalui media blog. Rupanya ada salah seorang panitia yang sangat terkesan dengan hasil penelitian saya, dan meminta saya untuk segera mengirimkan makalah, dan slide persentasinya. Bagi pembaca yang ingin mendapatkan makalah dan slide presentasi saya, dapat mengirimkan email ke wijayalabs@gmail.com.

13174251481602718108

Lebih surprise lagi adalah ketika para nara sumber utama seminar internasional datang berkunjung ke Labschool Jum’at  siang kemarin, 30 September 2011. Mereka datang untuk melihat langsung pembelajaran e-learning di sekolah kami. Senang sekali bisa bertemu dengan Prof. Dr. Tak-Wai Chan (NCU Taiwan), Dr. Kong Cheung (Hongkong), Prof. Dr. Wong su Luan (UPM Malaysia), dan para nara sumber lainnya yang berasal dari Jepang, dan Korea. Adapun tema seminar internasional yang diadakan oleh UHAMKA di kampus Pasar Rebo adalah On ASIAN Policy, Practice, anda Research in Technology Transformed Learning (APPRITTL). Prof. Arif Rahman pun hadir dalam memberikan sambutan tamu-tamu dari UHAMKA.

13174248331556017323

Dalam simposium nasional hasil penelitian, dan inovasi pendikan 2011 di Hotel Aston Denpasar Bali, 20-22 September 2011, saya banyak sekali menemukan para ilmuwan hebat yang biasa mengikat ilmunya dengan cara menuliskannya. Mereka adalah para ilmuwan indonesia yang terdiri dari guru dan dosen yang luar biasa. Ada 100 orang ilmuwan pendidikan diminta mempresentasikan hasil penelitiannya, dan mereka diminta untuk menjelaskannya secara langsung dalam sesi pararel seminar dan dibagi ke dalam beberapa ruangan.

sambutan dari Prof Arif Rahman kepada tamu yg datang ke labschool
sambutan dari Prof Arif Rahman kepada tamu yg datang ke labschool

Selama beberapa hari di Bali itu, saya merenung. Betapa dahsyatnya ilmu pengetahuan yang kita miliki dan kuasai kita simpan dalam bentuk tulisan. Apalagi bila kita menuliskannya di media blog, dan kita publikasikan kepada orang lain. Tentu akan banyak orang berterima kasih kepada kita, dan banyak orang tercerahkan dari ilmu-ilmu yang kita kuasai karena kita senang berbagi. Itulah yang sering dilakukan oleh bapak Onno W Purbo, pakar internet Indonesia yang selalu berbagi ilmunya di dunia maya.

Omjay ketika diwisuda S2 bersama keluarga
Omjay ketika diwisuda S2 bersama keluarga tercinta

Ikatlah ilmu dengan menuliskannya. Itulah sebuah pesan dari guru tangguh berhati cahaya. Semoga dapat ditangkap pesannya, dan mari menulis terus setiap hari. Dari sesuatu yang alamiah akan berubah menjadi ilmiah ketika tulisan itu telah terajut menjadi sebuah buku. Oleh karena itu ikatlah ilmu yang kita miliki dan kuasai dengan terus menuliskannya di media online seperti blog. Teruslah berbagi pegetahuan dan pengalaman dengan cara menuliskannya. Ketika anda tiada, tulisan itu akan terasa bernyawa karena anda serasa hidup 1000 tahun lagi. Mari kita terus berbagi!

Kunjungan tamu dari UHAMKA
Kunjungan tamu para pembicara seminar internasional dari UHAMKA

13174243841415826614

Kunjungan Para nara Sumber Seminar Internasional UHAMKA ke Labschool Jakarta

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.