Posted on: September 27, 2011 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 4

Sholat Tahajud, Rutinkah Kau Lakukan?

 

Sebagai seorang muslim yang taat semestinya kita tak melupakan sholat tahajud. Sholat tahajud adalah sholat yang dilakukan di malam hari. Bisa dilakukan sebelum tidur, bisa juga dilakukan sesudah tidur. Namun, kebanyakan sahabat rasul melaksanakan sholat tahajud setelah tidur.

Di saat tertidur pulas, kamu terbangun dari mimpi. Lekaslah ke kamar mandi, dan lakukan wudhu nan suci untuk melaksanakan sholat tahajud. Basuh mukamu, basuh tanganmu, dan basuhlah kakimu karena Allah. Niscaya berwudhu serasa mendapatkan cahaya dari surga.

Menurut para ulama fiqih bahwa rukun wudhu ada 6, yaitu:

  1. Niat
  2. Membasuh muka
  3. Membasuh tangan hingga siku
  4. Mengusap (menyapu) kepala
  5. Membasuh kaki sampai mata kaki
  6. Tertib/berurutan

Di dalam potongan ayat Al-maidah ayat 6 berikut ini: ” hai orang-orang yang beriman apabila kamu mau melakukan sholat, maka basuhlah wajahmu, tangan-tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki …..” (al-maidah ayat 6)

Selepas berwudhu, siapkanlah tempat sholat yang rapi. Lalu gantilah pakaian tidurmu dengan pakaian sholat yang terbaik. Sebab kamu akan bertemu raja di atas raja. Rasa kantuk yang menderamu akan hilang sirna karena dirimu akan bertemu dengan Allah melalui sholat.

Sholatlah dua rakaat, dan ditambah witir satu rakaat. Bila dirimu orang yang kuat, sholatlah 8 rakaat, dan lakukan sholat witir 3 rakaat. Dengan jumlah 11 rakaat setiap malamnya, mintalah kepadaNya. Mintalah apa-apa yang ingin kau minta. Jangan ragu, dan janganlah malu. Bila permintaanmu hendak pergi ke tanah suci dalam menjalankan rukun Islam yang kelima, Insya Allah akan diijabah doamu. Tapi, segeralah lekas buka tabungan haji agar doamu menjadi nyata. Sebab doa tanpa tindakan sama saja dengan mimpi di siang bolong yang tak bertepi. Bila ingin naik haji, ya harus rajin menabung sedikit demi sedikit. Bila kau rajin, lama-lama akan menjadi semakin bukit. Siapa yang bersungguh-sungguh dalam doanya, pastilah dia akan berhasil.

Pernah ada seorang nenek tua penjual sayuran keliling. Tiap hari dia berdoa di malam hari yang sunyi. Di saat orang tertidur lelap, dia terbangun dari mimpi. Dia lakukan sholat tahajud rutin setiap malamnya, dan berdoa agar dapat menunaikan rukun Islam yang kelima.

Setahun kemudian, doanya diijabah Alah. Dia berangkat haji dengan duitnya sendiri. Dagangannya semakin laris setiap harinya. Keuntungannya ditabung dalam tabungan haji. Itulah sebuah bukti nyata dari sebuah doa yang tulus dari seorang hamba kepada Tuhannya.

Ada pula orang yang senantiasa ikhlas dalam menjalani hidup. Selalu menolong orang lain menjadi falsafah hidupnya. Suatu ketika dia bertemu dengan orang yang sangat dermawan. Berangkat hajilah dia bersama orang yang dermawan itu. Tapi itu mungkin cuma seribu satu cerita. Cerita utama kebanyakan orang berhaji dengan kekuatan luar biasa. Keinginan berhaji timbul dari niat yang suci. Bacalah talbiah Labbaika Allahumma labaikka, labaika la syarika laka labailka, Innal hamda wanni’ma laka walmulku, la syariika laka.

“Kusambut panggilanmu ya Allah, kusambut panggilanMu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kerajaan adalah milikMu, tiada sekutu bagiMu”.

Aku penuhi panggilanmu ya Allah, dan aku tunaikan diriku untuk menunaikan ibadah haji bersamamu. Menjalankan rukun Islam yang kelima. Terima kasih ya Allah. Telah kau lapangkan rezekiku, sehingga aku dapat bertemu dengan-Mu di tanah suci mekah dan madinah. Pergi berhaji tahun ini.

Sholat tahajud adalah bagian daripada orang yang ingin berhaji mabrur. Sholatlah terus  setiap malam di kala sunyi, dan mintalah terus kepada Allah agar kau diberangkatkan ke tanah suci. Berdoalah terus di malam sunyi, dan menangislah sesunggukkan. Minta dan minta kepadaNya, dan seringlah memberi kepada sesama. Perhatikan zakat, infak, dan shodaqohmu. Sebab amal itu yang akan membantumu.

Bila doamu diijabah oleh Allah, bersyukurlah, dan Allah bersama orang-orang yang senantiasa bersyukur. Jagalah hatimu dengan obat hati. Jagalah hatimu agar selalu suci. Jagalah hatimu jangan kau nodai. Ingatlah selalu lagu tombo ati. Obat hati akan membuatmu menjadi orang yang lapang di kala susah dan senang di kala sempit.

Bernyanyilah bersamaku kawan,

Obat hati, ada lima perkaranya

Yang pertama baca quran dan maknanya

Yang kedua sholat malam dirikanlah

Yang ketiga berkumpullah dengan orang sholeh

Yang keempat perbanyaklah berpuasa

Yang kelima, zikir malam perpanjanglah

Salah satunya, jika dapat kau jalani

Moga-moga Gusti Allah merestui.

Mari kita jaga selalu sholat malam kita dengan komitmen yang tinggi, dan penuh dengan konsistensi yang tinggi pula. Siapa yang melaksanakan dengan sebaik-baiknya, pastilah akan mendapatkan berkah dari langit, dan dari bumi. Sebab janji Allah pasti. “Akan AKU berikan rezeki bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa kepadaKu dari pintu yang tak akan pernah kamu duga datangnya”.  Itulah perkataan Allah dalam kitab sucinya. Dia akan datang menghampirimu, dalam keadaan senang, maupun dalam keadaan sedih. Tinggal kamu yang semestinya bersyukur kepada Allah. Tak ada orang bertakwa miskin. Miskin harta, miskin ilmu, dan miskin hati. Dia akan selalu kaya, karena hatinya selalu terjaga.

Oleh karena itu, jalankan selalu sholat malammu. Mintalah kepada DIA, menangislah sesunggukan, dan mohon ampunlah atas segala dosa yang telah kau perbuat, lalu mintalah yang hendak kau minta. Cuma satu pesanku. Jangan kau minta untuk kawin lagi, sebab istrimu setia menemanimu sampai mati.

Salam blogger persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

1317070585830975497

Categories:

4 People reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.