Posted on: September 21, 2011 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 3

Rahasia Bali Selalu Dikunjungi Wisatawan Manca Negara

1316595100113856973
indahnya bali di pagi hari

Saya terkesiap ketika kepala dinas pendidikan propinsi bali bapak ida bagus anom bercerita tentang bali yang tak pernah sepi dikunjungi wisatawan manca negara. Bahkan para wisatawan domestik, banyak yang berkali-kali datang kembali ke bali. Ada apa dengan bali? Mengapa bali begitu mempesona? Terutama tentang pariwisatanya yang tak pernah sepi dari inovasi. Bali terus bergeliat menyemarakkkan pariwisata di indonesia.

Mendengar pemaparan panjang dari pak anom semalam, selasa, 20 september 20111 dalam acara simposium hasil penelitian dan inovasi pendididikan 2011 di hotel aston denpasar membuat saya belajar banyak tentang bali, khususnya tentang keunggulan bali dalam memajukan dunia pendidikan, dan pariwisata di indonesia. Pariwisata di bali terus tumbuh karena inovasi.

Saya terus terang sangat bangga mendengarkan presentasi dari kepala dinas pendidikan propinsi bali. Beliau adalah mantan kepala sekolah yang mengerti betul akan pentingnya pendidikan dalam memajukan sdm di daerahnya. Pantaslah bila bali tak pernah sepi dari inovasi dan kreativitas. Banyak sumber daya manusia unggul di bali dengan leadership yang hebat pula. Mereka tanpa pamrih memberikan layanan yang terbaik kepada siapa saja yang membutuhkan pertolongan.

Dalam pemaparannya beliau bercerita tentang bali yang tak memiliki kekayaan alam seperti daerah lainnya. Namun masyarakat bali terkenal sangat jujur. Kultur masyarakat bali yang memegang adat istiadat yang baik selalu dipertahankan hingga kini.

Pak anom bercerita kepada kami para peserta simposium hasil penelitian pendidikan. Pernah ada seorang wisatawan asing ketinggalan dompet di bali. Ketika tiga bulan kemudian wisatawan itu datang lagi ke bali dan kembali ke tempatnya menginap, dompet itu masih utuh dan tidak ada uang atau barang berharga lainnya yang digunakan. Itulah yang menyebabkan banyak orang asing senang datang ke bali. Karakter jujur masih dimiliki oleh orang-orang bali. Merekapun akan dengan sangat ramah menerima siapa saja yang datang ke bali dengan senyuman yang menawan.

Pak anom bercerita, rahasia bali banyak dikunjungi wisatawan manca negera adalah inovasi yang tiada henti dilakukan oleh pemerintah daerah. Terutama sektor pariwisata yang menjadi andalan utama propinsi bali. Dari sektor ini banyak pemasukan datang dan hasilnya dikembalikan kepada masyarakat bali untuk memajukan dunia pendidikan.

Beliau juga mengatakan, di bali orang miskin yang cerdas dibiayai, dan diberikan anggaran sekitar 50 juta per tahun untuk satu orang. Mereka disekolahkan, dan benar-benar disiapkan untuk menjadi generasi penerus yang siap menghadapi tantangan global. Hasil ujian nasional di bali pun tidak mengecewakan. Banyak anak bali mendududki posisi tertinggi di indonesia dalam ujian nasional. Tak salah banyak sekolah termasuk sekolah kami di labschool jakarta berstudi banding ke sekolah-sekolah yang ada di bali.

Bali dengan segala keindahan alam yang dimilikinya ternyata memiliki keunikan tersendiri. Ketika bangun tidur, saya menyempatkan diri berjalan-jalan di kota denpasar bali. Sangat tenang, dan sangat jauh dari hiruk pikuk kota jakarta yang ramai. Masyarakatnya, sangat tertib berlalu lintas. Saya banyak mengambil gambar di tempat ini.

Kabarnya, orang asing senang pergi ke ubud bali, dan rasanya saya ingin sekali menyempatkan diri berkeliling kota bali dan melihat langsung keunikan dan kearifan budaya lokal yang ada di sini. Ikut menikmati keindahan pulau dewata yang asri. Sayapun bernarsis diri di depan tugu pahlawan merdeka atau mati. Wah bagus banget pemandangannya. Nanti akan saya uploadkan di facebook saya.

Rahasia bali dikunjungi banyak wisatawan manca negara akan terus saya cari tahu. Semoga ada kesempatan berkeliling kota dan menikmati indahnya lekuk tubuh pulau dewata yang asri. Semoga anda yang pernah pergi ke bali ikut merasakan rahasia itu. Kuncinya adalah sarana dan prasarana jalan atau transportasi yang harus dibenahi terus menerus agar para wisatawan betah berlama-lama menikmati keindahan alam pulau dewata yang gagah perkasa.

Salam blogger persahabatan

Omjay

https://wijayalabs.com

Categories:

3 People reacted on this

  1. pengen ke bali………….seumur2 ane belom pernah ke bali,apalagi dengan acara mencari ilmu.hemtttt……………..makasih om telah berbagi suatu ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.