Posted on: March 24, 2011 Posted by: Wijaya Kusumah Comments: 2

Berbagi Cerita Creative Writing for Reading Interest

13008481982094719659Spanduk Kegiatan di dalam Aula Hj. Darlina Julius Fakultas Psikologi UPI YAI lantai 10

Selasa, 22 Maret 2011 saya diundang oleh BEM Universitas Persada Indonesia Y.A.I untuk menjadi nara sumber Creative Writing for Reading Interest. Senang sekali bisa menjadi pembicara seminar di kampus yang asri dan megah ini. Acara ini dilaksanakan di Auditorium Hj. Darlina Julius gedung Fakultas Psikologi UPI Y.A.I yang berada di lantai 10. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas psikologi UPI YAI melakukan serangkaian kegiatan psycho connected 2011 dengan ketua umum Rakhmat Harris Hanggi.

Saya bisa berada di kampus bapak psikologi (Sarlito Wiryawan) ini berkat rekomendasi dari babeh Helmi salah seorang kompasianer yang mengusulkan saya kepada panitia acara, mbak Annisa Nurmalasari. Dari mbak Annisa inilah saya dikirimkan proposal, dan susunan acara creative writing for reading interest.

13008567751493619305

Ketika sampai di kampus UPI Y.A.I yang berada di dekat RSCM Salemba ini, saya termenung sejenak. Melihat-lihat gedung kampus yang menjulang tinggi. Jauh benar dengan ketika saya dulu kuliah di IKIP Jakarta Rawamangun, yang sebagian besar gedungnya peninggalan dari Universitas Indonesia. Setelah puas melihat aktivitas civitas akademika kampus ini, lalu saya hubungi mbak Annisa melalui ponsel. Saya kabarkan kepada panitia kalau saya sudah ada di kampusnya.

Mbak Annisa, dan teman-teman panitia lainnya langsung menjemput saya di lobby ruang tunggu. Saya pun langsung diajak mereka masuk ke dalam lift khusus dosen, dan naik ke lantai 10. Lantai tertinggi di Fakultas PsikologiUPI Y.A.I ini.

13008486621637126063Suasana Ruangan Aula

Ketika sampai di atas, ruangan aula sudah penuh dengan mahasiswa. Saya perkirakan ada sekitar 60 orang mahasiswa akan mengikuti kegiatan creative writing ini. Saya pun kaget ketika di dalam spanduk acara, nama saya bersanding dengan penulis idola saya, bapak Prof. Dr. Sarlito Wiryawan. Beliau adalah bapak psikologi modern, dan melalui buku-buku beliau saya belajar banyak tentang psikologi ketika mengambil program S2 di pascasarjana UNJ.

Sayang, pak Sarlito ada kegiatan lainnya, sehingga baru bisa hadir pukul 16.00 WIB. Saya diminta untuk mengisi materi sampai pak Sarlito Wiryawan hadir di Aula yang mewah dan megah ini. Saya merasa tidak berada di kampus, tetapi seperti berada di ruangan acara shooting televisi. Mirip suasana stasiun televisi di acara kick andy yang pernah saya hadiri.

1300849162111512703Spanduk, dan Tempat pembicara

Setelah dipersilahkan oleh pembawa acara, saya memulai presentasi saya dengan suasana yang menyenangkan, dan sedikit humor. Maklumlah saya mendapatkan waktu di saat-saat orang sedang tidur siang, jadi cara penyampaiannya jelas harus berbeda. Pada saat seperti itu pembicara dituntut untuk mampu berinteraksi dengan peserta agar materi yang disampaikan menarik, dan membuat mereka mengikuti dengan cermat sesi demi sesi.

13008488741130312055Suasana Ruangan Aula dan peserta kegiatan

Terus terang saya salut dengan semangat teman-teman panitia yang baru pertama kali ini mengadakan acara creative writing for reading interest. Tanpa banyak bantuan dari dosen, mereka mampu mandiri melaksanakan kegiatan ini dengan baik.

Dalam presentasi menulis kreatif, saya memulainya dengan sebuah kiat bagaimana menulis kreatif, dan membuat orang lain tertarik dengan tulisan kita. Saya tidak hanya memberikan materi secara teoritis, tetapi juga langsung praktik, sehingga kebermanfaatan isi materi langsung masuk ke otak mereka dengan baik. Saya memulainya dengan judul “being a blogger”.

Bagi anda yang tertarik dengan presentasi saya, dan ingin mendapatkan file makalah dan presentasi dari creative writing for reading interest mohon kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com. Semoga bermanfaat.

salam blogger persahabatan

omjay

https://www.wijayalabs.com

Categories:

2 People reacted on this

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.